TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Mengolah Ampela yang Tepat Agar Lembut dan Tidak Alot, Mudah!

Aromanya juga tak amis lagi, deh

Youtube/DAPUR MAMA

Ampela merupakan salah satu bagus dari ayam yang cukup banyak diolah menjadi aneka menu lezat. Bagian jeroan yang satu ini memiliki tekstur yang relatif lebih keras dan mudah alot. Oleh sebab itu, kamu perlu cara yang tepat untuk mengolah bagian jeroan ini agar nantinya mudah dikonsumsi dengan tekstur yang lembut dan tidak beraroma amis lagi.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips mengolah ampela yang tepat, berikut lima daftarnya.

1. Pilihlah ampela yang berkualitas

Youtube/Dapur Lagi

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah pemilihan ampela dengan kualitas yang baik. Pemilihan ampela yang baik tentunya akan menentukan cita rasa pada masakan. Kamu dapat memilih ampela berdasarkan kualitasnya. Sebagai contoh adalah dengan memerhatikan warnanya, teksturnya, atau bahkan hingga aromanya.

Baca Juga: 5 Kreasi Menu Lezat Berbahan Ampela, Kenyal dan Bikin Lapar!

2. Bersihkan ampela dan cuci hingga bersih di bawah air mengalir

dailymotion.com

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan membersihkan bagian ampela hingga ke bagus kotorannya. Selanjutnya, kamu dapat membersihkan bagian kotorannya hingga benar-benar bersih. Cuci hingga bersih dan tak memiliki noda, lalu kamu dapat mulai mengolah ampela.

3. Gunakan garam dan perasan jeruk nipis

mexicanplease.com

Seperti halnya jeroan lainnya, ampela juga memiliki lendir yang harus kamu bersihkan. Lendir dan kotoran tersebutlah yang kemudian menyebabkan aroma tak sedap. Oleh sebab itu, kamu dapat menggunakan garam dan perasa jeruk nipis sebelum mengolahnya lebih lanjut. Bahan-bahan tersebut akan membantu menghilangkan aroma amis dan lendir pada jeroan.

4. Mulai rebus ampela dengan aneka rempah

momsdish.com

Proses perebusan tak hanya akan membantu menghilangkan aroma tak sedap pada ampela, namun juga dapat melupakan teksturnya. Kamu dapat merebusnya bersama dengan aneka rempah di dalamnya. Rempah tersebut antara lain jahe, serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, dan lain sebagainya. Cara ini secara efektif dalam membantu menghilangkan aroma amis dengan teksturnya yang lembut.

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Ati Ampela ala Yummy App, Rasanya Nendang Abis!

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya