TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Roti Sendiri di Rumah, Mudah dan Praktis!

Gak perlu beli di luar lagi, deh

Unsplash/Wesual Click

Roti merupakan olahan pangan yang sering dikonsumsi oleh semua orang, bahkan beberapa negara mengonsumsi roti sebagai makanan pokoknya. Olahan inilah yang kemudian dikenal luas oleh publik dan membuatnya memiliki banyak variasi. Meski dijual secara massal di mana-mana, namun kamu dapat membuatnya sendiri di rumah, lho.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara membuat roti sendiri di rumah, berikut lima daftarnya.

1. Mempersiapkan bahan-bahannya

Unsplash/Annie Spratt

Dalam membuat suatu olahan sudah tentu bahan-bahan menjadi hal yang wajib dipersiapkan. Kamu dapat memulai dengan menyiapkannya, sebut saja seperti tepung terigu, ragi, air hangat, minta sayur, garam, dan gula. Selebihnya dapat kamu persiapkan sebagai bahan opsional yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Baca Juga: Resep Korean Garlic Cheese Bread, Roti Kekinian dengan Rasa Unik 

2. Menggunakan takaran yang tepat

Unsplash/American Heritage Chocolate

Sama halnya dengan olahan lain, sudah tentu kamu perlu memperhitungkan takaran yang tepat pada roti buatanmu. Sebagai contoh, lima cangkir tepung terigu akan menghasilkan dua buah roti. Tentunya hal tersebut dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Dengan begitu, maka cita rasa olahan roti buatanmu dapat lezat maksimal.

3. Menutup adonan beberapa saat agar mengembang

Unsplash/Pablo Lancaster Jones

Hal yang paling penting dalam membuat roti adalah proses pengembangan. Tentunya karena memang hal ini yang menentukan keberhasilan dari olahan roti buatanmu.

Kamu dapat menyimpan adonan roti pada wadah yang telah dibaluri minyak agar tidak menempel. Selanjutnya, kamu dapat menutupnya dan membiarkannya beberapa menit hingga mengembang sempurna.

4. Panggang dan buatlah celah pada roti

Unsplash/Liene Geidane

Proses pemanggangan juga tak luput menjadi hal yang perlu diperhatikan saat membuat roti. Kematangan yang merata tentu akan membuat roti memiliki cita rasa yang maksimal. Oleh sebab itu, kamu dapat membuat celah-celah pada sisi atau bagus atas roti agar membantu kematangannya lebih merata.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Roti Panggang yang Cocok untuk Menu Sarapan Lezat

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya