TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Cincau untuk Menu Berbuka Puasa

Kegemaran semua orang nih

Ilustrasi cincau (shutterstock.com/M.Somchai)

Kamu tentu sudah sangat familiar dengan bahan makanan yang unik dengan warna hitam atau hijau ini. Cincau merupakan sejenis agar-agar yang terbuat dari rendaman daun cincau. 

Konsistensi yang lembut dan kenyal juga membuat cincau biasa diburu untuk pembuatan minuman segar khususnya saat bulan Ramadan ini. Namun, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih cincau dengan kualitas baik yang aman dan sehat untuk dikonsumsi?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih cincau yang aman dikonsumsi, simak yuk tips memilih cincau dibawah ini:

1. Perhatikan aromanya

onthegas.org

Cincau yang sehat tentu saja memiliki aroma khas cincau yang wangi. Hindari membeli cincau yang memiliki aroma asam, tengik, beraroma zat kimia, atau bahkan tidak memiliki aroma.

Pastikan bahwa cincau yang telah kamu beli memiliki aroma yang khas agar tetap aman dari berbagai zat kimia berbahaya dan sehat untuk dikonsumsi, apalagi untuk hidangan berbuka puasa.

Baca Juga: 6 Resep Minuman Berbahan Cincau Ini Siap Segarkan Acara Berbuka Puasamu

2. Amati warnanya

wikipedia.org

Warna dari cincau juga dapat menjadi indikasi kesegaran di dalamnya. Cincau memang memiliki warna yang beragam seperti hijau terang, hijau pekat, hingga berwarna hitam.

Namun, pastikan bahwa meski berwarna tetapi cincau memiliki karakteristik tembus pandang sehingga warnanya pun tidak terlalu pekat gelap. Dikhawatirkan ada zat pewarna buatan yang membuat warnanya menjadi lebih gelap dan pekat.

3. Cek konsistensi teksturnya

staff.unila.ac.id

Cincau yang sehat memang memiliki tekstur yang kenyal namun lembut sehingga saat ditekan, pun akan cenderung mudah hancur dan rapuh. Berbeda dengan cincau yang telah dicampur zat-zat kimia seperti formalin, teksturnya cenderung sangat kenyal dan sulit hancur meski ditekan dengan tangan.

4. Belilah cincau dalam kemasan

nyonyacooking.com

Saat membeli cincau, pastikan kamu membeli cincau yang memiliki kemasan rapi dan tertutup rapat. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan cincau.

Baca Juga: VIDEO: Resep Es Tape Cincau a la IDN TV Yummy

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya