TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Paprika yang Berkualitas Baik, Ada Caranya!

Perhatikan tampilan fisik yang dimiliki paprika, ya

ilustrasi paprika (unsplash.com/@jannerboy62)

Paprika merupakan salah satu bahan makanan yang kerap diolah menjadi beragam sajian. Meski hanya kerap dijadikan sebagai bahan pelengkap, namun tetap saja paprika memiliki peran yang sangat penting untuk masakan.

Tak heran apabila kamu harus cermat dalam memilih paprika berkualitas baik agar nantinya lezat saat diolah. Perhatikan beberapa cara berikut ini agar selalu memiliki paprika yang berkualitas dan tentunya segar.

1. Warnanya tampak cerah

ilustrasi paprika (unsplash.com/@tracminhvu)

Paprika memang sangat identik sebagai bahan makanan yang memiliki warna-warna menarik, mulai dari hijau, biru, kuning, merah, hingga oranye. Warna tersebut ternyata bisa menentukan kualitas yang dimiliki oleh paprika. Sebaiknya pilihlah paprika yang memiliki warna cerah, sehingga menjadi indikasi bahwa paprika masih segar.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Brokoli Berkualitas, biar Gak Mudah Busuk

2. Tekstur kulitnya tampak kencang

ilustrasi paprika (unsplash.com/@mirecarlo)

Sebetulnya hanya dengan melihat tekstur kulit dari paprika saja sudah bisa ditebak kualitas yang dimilikinya. Usahakan untuk memilih paprika yang memang memiliki kulit kencang karena artinya masih berkualitas baik. Hindari memilih paprika yang memiliki tekstur kulit yang keriput atau pun basah, sebab bisa jadi sudah busuk dan terlalu lama disimpan.

3. Permukaannya halus dan tidak berlubang

ilustrasi paprika (unsplash.com/@isaidzib)

Terkadang tanaman seperti paprika memang sangat rentan mengalami masalah hama yang mengakibatkan kulitnya berlubang. Hal inilah yang harus diantisipasi olehmu dengan cara mengecek seluruh bagian paprika dengan saksama. Terpenting permukaan kulit paprika memang mulus dan tidak ada bekas hama yang dapat menurunkan kualitasnya.

4. Tangkainya masih berwarna hijau

ilustrasi paprika (unsplash.com/@kaip)

Jika memilih paprika, sebaiknya dapat memprioritaskan yang masih memiliki tangkai. Hal ini karena memang tangkai paprika akan menentukan kualitas dan kesegaran yang dimilikinya. Usahakan untuk memilih paprika yang masih memiliki tangkai berwarna kehijauan karena menandakan bahwa proses pemanenannya belum lama dilakukan. 

Baca Juga: 5 Tips Cermat Memilih Bok Choy yang Berkualitas, Harus Tahu Caranya!

Verified Writer

TM

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya