TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kesalahan Membuat Tempe Mendoan yang Bikin Rasa dan Teksturnya Aneh

Hayoo...kamu masih melakukannya, gak? #IDNTimesTravel

Tempe mendoan (instagram.com/elyyyis_)

Salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan dan bisa dikreasikan menjadi berbagai masakan adalah tempe. Harganya pun murah meriah dengan kandungan gizi yang tinggi. 

Berbagai masakan yang berbahan tempe bisa dibilang sudah pasti enak. Seperti tempe mendoan misalnya. Selain untuk lauk pendaming makan, tempe mendoan juga bisa untuk camilan.

Cara membuatnya mudah dan praktis. Namun, sebelum membuat tempe mendoan, simak dahulu beberapa tips memasaknya berikut ini, ya. 

1. Memotong tempe terlalu tebal

Ilustrasi tempe mendoan. Shutterstock.com/Aris Setya

Tempe mendoan khas dengan bentuknya yang tipis dan kulit tepungnya yang tebal. Agak krispi di luar dan lembut di bagian dalamnya.

Memotong tempe terlalu tebal bisa menyebabkan tempe tidak matang merata sampai ke bagian tengahnya. Bukan jadi tempe mendoan, malah jadi tempe goreng tepung pada umumnya.

2. Salah memilih tepung untuk adonan lapisan tempe

Mengolah tepung adonan (unsplash.com/martaroblesdiaz)

Pilihlah bahan-bahan yang tepat untuk membuat tempe mendoan, supaya teksturnya sesuai harapan. Salah satu bahan yang perlu diperhatikan adalah tepung.

Gunakan tepung berprotein sedang sebagai lapisan luar tempe. Jangan menggunakan tepung berprotein tinggi, karena akan menyebabkan tempe menjadi alot saat dimakan.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Tempe Mendoan, Camilan Renyah Goyang Lidah

3. Adonan terlalu kental atau terlalu encer

Tempe mendoan (instagram.com/imahbabaturan)

Tekstur tempe mendoan yang sempurna itu lembek di bagian dalam dan renyah di bagiah luarnya saat digigit. Supaya hasilnya memuaskan, pastikan adonan yang kamu buat tidak terlalu kental atapun terlalu encer.

Kalau adonan tepungnya tidak pas, maka tekstur tempe mendoan tentu tidak akan sesuai ekspektasi, nih.

4. Tidak menggunakan minyak goreng yang cukup banyak

Menggoreng dengan banyak minyak (unsplash.com/planet_fox)

Membuat tempe mendoan memang membutuhkan minyak goreng yang cukup banyak. Bukan hanya digoreng biasa seperti ditumis, tetapi adonan tempe mendoan perlu digoreng dengan cara deep fry atau terendam sempurna dalam minyak.

Maka dari itu, pastikan siapkan minyak goreng yang cukup banyak untuk menggoreng adonan tempe mendoan. Jangan lupa gunakan wajan yang cukup tinggi supaya bisa untuk deep frying.

Baca Juga: Resep Tempe Mendoan, Goreng Sederhana Favorit Sejuta Umat 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya