Comscore Tracker

5 Resep Kue Kastengel, Camilan Asyik Saat Mager Musim Hujan

Gampang dibuat meski kamu baru bisa masak

Kastengel merupakan kue kering yang akrab di lidah masyarakat Indonesia. Kue kering yang berbahan utama keju ini kerap hadir di berbagai perayaan besar, seperti Idul Fitri.

Kastengel juga termasuk kue kering yang mudah dibuat para pemula. Proses pembuatannya tak begitu rumit dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan.

Nah, buat kamu yang berencana membuat kue kastengel, berikut beberapa tips agar kue buatanmu lebih renyah dan tentunya gak bakal gagal.

1. Jangan mengocok adonan terlalu lama

5 Resep Kue Kastengel, Camilan Asyik Saat Mager Musim Hujanpixabay.com

Kastengel lazimnya berbentuk persegi panjang, dengan panjang sekitar 3-4 Cm dan lebar 1 Cm. Saat mencampurkan adonan basah dan kering, aduk hingga semua bahan tercampur rata dan teksturnya agak padat yang siap dicetak.

Hindari mengaduk terlalu lama, karena bisa membuat tekstur kastengel jadi keras. Selain itu, mengaduk terlalu lama akan membuat adonan kastengel jadi melebar ketika dipanggang.

Untuk menyiasatinya, gunakan bahan-bahan kering yang sudah diayak halus, agar proses pengadonan tak berlangsung terlalu lama.

2. Pakai tepung protein rendah

5 Resep Kue Kastengel, Camilan Asyik Saat Mager Musim Hujanshipton-mill.com

Biasanya kue kering bisa dibuat dengan dua jenis tepung, yakni tepung protein rendah dan tepung protein sedang (serbaguna). Namun, untuk menghasilkan tekstur kastengel yang lebih renyah dan tahan lama, disarankan menggunakan tepung protein rendah.

Tepung jenis ini rendah gluten, sehingga kastengel akan terasa lebih kriuk ketika matang. Sebelum dicampurkan dalam adonan, sebaiknya tepung diayak terlebih dahulu biar lebih mudah tercampur.

3. Gunakan keju berkualitas dan punya aroma kuat

5 Resep Kue Kastengel, Camilan Asyik Saat Mager Musim Hujanalittlebityummy.com

Keju merupakan bahan dasar utama kue kastengel. Kenikmatan kue kering ini bergantung pada keju yang kamu pilih. Oleh karena itu, gunakan keju berkualitas dan punya aroma yang kuat.

Gunakan keju jenis gouda atau parmesan sebagai isian, dan keju cheddar sebagai topping kue. Kamu bisa memarut keju parmesan dan membiarkannya mengering agar kue kastengel jadi lebih renyah.

Baca Juga: 4 Resep Kue Putri Salju, Enak Tanpa Harus Beli Mahal-mahal

4. Oles kuning telur saat kastengel sudah setengah matang

5 Resep Kue Kastengel, Camilan Asyik Saat Mager Musim Hujankueresep.com

Agar permukaannya tampak lebih cantik, oleskan kuning telur yang telah dikocok saat kastengel sudah setengah matang. Keluarkan dulu loyangnya dan lakukan dengan cepat agar suhu kastengel tidak berubah drastis.

Oles kuning telur sebanyak 2-3 kali. Berikan jeda waktu 5-10 menit setiap kali mengoleskan kuning telur, agar warna kuning telur tersebut terserap ke dalam permukaan kue.

5. Diamkan kastengel hingga dingin sebelum dikemas

5 Resep Kue Kastengel, Camilan Asyik Saat Mager Musim Hujanmommyasia.id

Kastengel yang sudah matang sebaiknya jangan langsung dikemas. Suhunya yang panas bisa jadi lembab ketika masuk ke dalam stoples atau wadah tertutup.

Jika dibiarkan terlalu lama, tekstur kue tidak akan renyah dan bisa jadi melempem. Oleh karena itu, pastikan kastengel dingin dalam suhu ruangan terlebih dulu sebelum masuk dalam wadah.

Gimana, gampang kan? Yuk, coba bikin sendiri!

Baca Juga: 7 Kreasi Resep Minuman Unik dari Yakult, Asam Manisnya Nyegerin

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya