Comscore Tracker

Resep Puding Merah Putih, Camilan Manis untuk Rayakan HUT RI  

Gradasi warnanya bikin ngiler duluan!

Ada berbagai cara seru untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77. Salah satunya dengan menyajikan makanan bertema merah putih. Gampang dan gak ribet sama sekali, kamu bisa coba untuk membuat puding merah putih.

Camilan manis ini cocok banget untuk menemani kamu saar merayakan HUT RI, lho. Teksturnya yang kenyal dan lembut serta tampilannya yang cantik pas banget disantap sambil santai di sore hari.

Bikin perayaan kian meriah, berikut resep puding merah putih yang wajib kamu hidangkan saat merayakan HUT RI. Teksturnya lembut dan lumer di mulut.

1. Bahan yang kamu butuhkan 

Resep Puding Merah Putih, Camilan Manis untuk Rayakan HUT RI  ilustrasi bahan untuk membuat puding merah putih (youtube.com/Yummy)

Bahan puding merah:

  • 1 bungkus agar-agar merah
  • 600 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 2 sdm sirup stroberi
  • 2 tetes pasta stroberi

Bahan puding putih

  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 700 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt pasta vanila

2. Masak puding merah terlebih dulu, yuk!

Resep Puding Merah Putih, Camilan Manis untuk Rayakan HUT RI  ilustrasi membuat puding merah (youtube.com/Dapoer unnie desty)

Masukkan agar-agar merah, air, gula pasir, sirup, dan pasta stroberi ke dalam panci. Aduk rata terlebih dahulu, lalu nyalakan kompor dengan api kecil. Aduk adonan puding merah sampai larut dan mendidih.

Setelah itu, matikan api dan tuang puding merah ke dalam cetakan atau loyang yang sudah kamu siapkan. Kemudian, biarkan hingga bagian atas puding berkulit. Jangan lupa untuk diaduk secara konsisten, ya.

3. Lanjutkan dengan membuat puding putihnya

Resep Puding Merah Putih, Camilan Manis untuk Rayakan HUT RI  ilustrasi membuat puding putih (youtube.com/Dapur NuuNuu)

Campur semua bahan puding putih. Aduk hingga tercampur rata. Nyalakan kompor dan masak puding putih dengan api sedang. Begitu mendidih, langsung matikan api.

Terlalu lama memasak adonan puding putih dikhawatirkan akan membuat susu jadi pecah, sehingga kita tidak akan mendapat warna putih yang cantik. Tunggu hingga uap panas hilang, lalu tuang ke atas puding merah. Gunakan sendok untuk menuang adonan puding putih supaya tidak merusak puding merah.

Baca Juga: 10 Inspirasi Makanan dan Minuman Bernuansa Kemerdekaan, Meriah!

4. Tunggu hingga mengeras, lalu puding merah putih siap disajikan

Resep Puding Merah Putih, Camilan Manis untuk Rayakan HUT RI  ilustrasi puding merah putih (instagram.com/lestarinurwalidah)

Setelah menuang puding putih dan merah ke dalam cetakan, kamu bisa menunggu puding merah putih hingga mengeras. Kamu juga bisa menyimpannya di dalam kulkas untuk mempercepat proses puding agar mengeras.

Sekiranya sudah mengeras kamu bisa mengeluarkan puding dari cetakan. Puding merah putih siap untuk disajikan. Gampang banget cara membuat puding merah putih ini, kan?

5. Tips membuat puding merah putih 

Resep Puding Merah Putih, Camilan Manis untuk Rayakan HUT RI  tips membuat puding merah putih (instagram.com/dedekniar84_dapuk_makni)

Sebelum praktik membuat puding merah putih, ada baiknya kamu menyimak sejumlah tips agar puding buatanmu lebih sempurna. Masalah yang sering dihadapi adalah puding tidak mau menempel satu sama lain atau bahkan kedua warna bercampur jadi satu.

Hal tersebut bisa diatasi dengan trik sederhana. Sebelum menuang puding putih, pastikan permukaan puding merah sudah berkulit, dalam artian bagian bawahnya masih cair tapi bagian atasnya sudah mulai mengeras.

Supaya tidak robek dan warna bercampur, gunakan sendok untuk menuang perlahan adonan puding putih, ya. Lakukan hingga habis.

Selanjutnya, untuk melepas puding dari cetakan, kamu bisa menggunakan bantuan pisau tipis. Letakkan pisau di antara dinding loyang atau cetakan dan puding. Ungkit sedikit agar udara masuk. Kemudian, puding akan lebih mudah dilepas.

Supaya puding merah putih buatanmu lebih tahan lama, jangan lupa untuk disimpan di dalam kulkas, ya. Gak sulit membuat puding merah putih yang cantik ini, kok.

Camilan manis ini emang paling pas disajikan untuk merayakan HUT RI. Mumpung tanggal merah, gak ada salahnya bagi kamu untuk membuat puding merah putih. Selamat merayakan HUT RI yang ke-77, ya!

Baca Juga: 17 Promo Makanan spesial 17 Agustus, Burger King Mulai Rp17 Ribu

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya