Comscore Tracker

Resep Banana Muffin Cinnamon, Kue yang Nikmat Dijadikan Menu Sarapan

Menu sarapan simpel dan anti ribet, cobain yuk!

Sarapan adalah momen penting untuk mengisi energi sebelum memulai aktivitas padat hingga siang menjelang. Kamu pasti tak ingin menjadi lesu selama menjalani aktivitas padatmu kan?

Untukmu yang tidak menyukai sarapan dengan makanan berat seperti nasi, ada perpaduan pisang dan kayu manis yang diolah menjadi muffin lezat yang dapat kamu santap dengan segelas susu atau minuman hangat lainnya di pagi hari nih.

Yuk, intip resep banana muffin cinnamon yang cara pembuatannya bisa kamu praktikkan di rumah berikut ini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan pada pembuatan banana muffin cinnamon

Resep Banana Muffin Cinnamon, Kue yang Nikmat Dijadikan Menu Sarapanunsplash.com/Anastasia Eremina

Bahan-bahan banana muffin cinnamon:

  • 2 buah pisang ambon
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • 100 gram gula pasir
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 125 ml minyak sayur
  • 1 sdt bubuk vanila
  • 1 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam

Topping untuk banana muffin cinnamon:

  • 75 gram bubuk kayu manis
  • 50 gram gula pasir
  • 75 gram butter

2. Persiapakan oven terlebih dahulu

Resep Banana Muffin Cinnamon, Kue yang Nikmat Dijadikan Menu Sarapanbeergembira.com

Sebelum membuat adonan banana muffin cinnamon, atur terlebih dahulu suhu pada oven sebesar 375 derajat fahrenheit. Tujuan mempersiapkan oven dulu yaitu untuk efisiensi waktu pada saat adonan muffin selesai dibuat.

Karena menunggu oven pada suhu yang diinginkan memerlukan waktu, pastikan kamu mengatur suhu oven yang benar ya.

Baca Juga: Resep Membuat Muffin Red Velvet, Camilan Enak untuk Akhir Pekan

3. Memulai membuat adonan banana muffin cinnamon

Resep Banana Muffin Cinnamon, Kue yang Nikmat Dijadikan Menu Sarapanveganrecipehub.com

Siapkan wadah untuk mencampurkan bahan-bahan banana muffin cinnamon, lalu tuang gula pasir, telur, dan minyak sayur yang kemudian mixer perlahan hingga mengembang. Langkah selanjutnya, haluskan pisang menggunakan garpu dan masukkan vanilla bubuk saat menghaluskan pisang.

Adonan pertama campurkan dengan pisang yang sudah dihaluskan, menyusul kayu manis, baking soda, garam, dan terakhir tepung terigu. Aduk semua bahan hingga tercampur dengan baik menggunakan spatula kayu atau alat pengaduk lainnya.

4. Panggang banana muffin cinnamon selama 17-21 menit

Resep Banana Muffin Cinnamon, Kue yang Nikmat Dijadikan Menu Sarapantokopedia.com

Setelah menyelesaikan membuat adonan, tuang adonan ke cetakan muffin berbentuk cup sampai adonan habis. Selanjutnya panggang banana muffin cinnamon di oven selama 17-21 menit.

Untuk mengetahui muffin sudah matang atau belum, gunakan tusuk gigi atau lidi untuk mengecek. Jika tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi atau lidi, itu menandakan banana muffin cinnamon sudah matang dan siap diberi toping.

5. Buat topping dari bubuk kayu manis dan gula pasir untuk memperkuat cita rasa banana muffin cinnamon, siap deh kamu nikmati saat sarapan

Resep Banana Muffin Cinnamon, Kue yang Nikmat Dijadikan Menu Sarapanbettycrocker.com

Setelah banana muffin cinnamon kamu keluarkan dari oven, selanjutnya siap untuk ditaburi topping. Untuk membuat topping hanya perlu mencampurkan gula pasir dan bubuk kayu manis, lalu oleskan butter di atas banana muffin cinnamon yang masih hangat agar butter bisa meleleh dan topping mudah menempel.

Kue satu ini bisa kamu simpan untuk dinikmati saat sarapan di pagi hari, jadi lebih simpel dan efisiensi waktu. Jangan lupa menikmati banana muffin cinnamon dengan minuman hangat. Ppaling pas kamu nikmati dengan segelas susu hangat.

Itu dia resep membuat banana muffin cinnamon yang bisa kamu buat di rumah untuk dijadikan menu sarapan simpel di pagi hari. Langkah-langkah yang mudah pada pembuatan banana muffin cinnamon di atas dapat kamu jadikan referensi menu sarapanmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Membuat Muffin Lembut, Anti Bantet dan Gagal!

Arin Pratitis Photo Verified Writer Arin Pratitis

She/Her

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya