Comscore Tracker

5 Tips Memasak Ampela biar Empuk dan Gak Pahit, Begini Caranya!

Rasa ati ampela jadi terasa lebih gurih dan legit

Kalau kamu bosan dengan daging, jeroan bisa menjadi salah satu pilihan yang nikmat. Salah satu jeroan favorit banyak orang adalah ampela.

Rasanya yang khas ini memang selalu bikin ketagihan. Apalagi saat diolah dengan sambal goreng.

Namun, jika salah dalam mengolahnya, ampela akan sering terasa pahit dan menyisakan bau amis. Padahal kalau dimasak dengan cara yang tepat, ampela akan terasa begitu nikmat.

Lantas, bagaimana cara memasak ampela biar empuk dan gak pahit? Simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Bersihkan ampela

5 Tips Memasak Ampela biar Empuk dan Gak Pahit, Begini Caranya!Ilustrasi ampela yang sudah dibersihkan (youtube.com/ikamardatillah)

Supaya ampela bersih, belah terlebih dahulu, lalu bersihkan sisa-sisa kotorannya. Jika gak dibersihkan dengan benar, maka akan menimbulkan bau saat dimasak. 

Setelah itu, bersihkan lemak putih yang menempel pada ampela. Setelah seluruh ampela bersih, bilas dengan air mengalir sambil diusap perlahan supaya lendirnya hilang. 

2. Rendam dengan rempah

5 Tips Memasak Ampela biar Empuk dan Gak Pahit, Begini Caranya!Ilustrasi merendam ampela dengan rempah (youtube.com/crcook)

Kamu bisa merendam ampela dengan jahe atau bawang putih parut. Kedua rempah ini beraroma kuat, sehingga bisa menghilangkan aroma amis pada ampela. Cukup rendam selama 15-30 menit, lalu bilas dengan air mengalir.

3. Rendam dengan susu

5 Tips Memasak Ampela biar Empuk dan Gak Pahit, Begini Caranya!Ilustrasi susu (pixabay.com/imoflow)

Kalau ada susu cair, kamu bisa menggunakannya untuk membuat ampela empuk. Caranya, rendam ampela dengan susu.

Simpan di dalam kulkas selama semalaman. Selain itu, cara ini juga akan memberikan rasa gurih pada ampela. 

Baca Juga: Resep Mudah Ati Ampela Kecap, Sajian Sedap di Akhir Pekan

4. Baluri dengan tepung bumbu

5 Tips Memasak Ampela biar Empuk dan Gak Pahit, Begini Caranya!Ilustrasi tepung bumbu (pixabay.com/bru)

Selanjutnya, cara lain untuk membuat ampela empuk adalah menggunakan tepung bumbu. Sebelum dimasak, baluri ampela dengan tepung bumbu, lalu remas-remas perlahan supaya meresap.

5. Masak dengan panci presto

5 Tips Memasak Ampela biar Empuk dan Gak Pahit, Begini Caranya!Ilustrasi olahan ati ampela (instagram.com/iniekitchen2020)

Jika ada panci presto, kamu bisa memanfaatkannya untuk memasak ampela. Namun, jangan terlalu lama dan gunakan api sedang. Jika terlalu lama, maka ampela bisa hancur. 

Itu dia beberapa tips memasak ampela biar empuk dan gak pahit. Sekarang, gak perlu bingung lagi saat memasak ampela, kan? Dijamin bau amis, rasa pahit, dan lendirnya akan hilang. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Ati Ampela Bumbu Rujak, Bikin Nasi di Rice Cooker Cepat Habis

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya