Comscore Tracker

Jarang Diperhatikan, 5 Kesalahan Memasak Nasi Ini Harus Kamu Hindari

Meskipun kelihatannya sepele, tapi sebenarnya penting girls!

Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Bahkan bagi kebanyakan orang Indonesia, rasanya belum pas jika belum makan nasi. Saat ini dengan adanya rice cooker, memasak nasi juga semakin mudah untuk dilakukan.

Namun nyatanya meskipun terlihat mudah, ada beberapa kesalahan dalam memasak nasi yang masih sering dilakukan oleh orang-orang. Berikut ini adalah kesalahan dalam memasak nasi yang mungkin juga pernah kamu lakukan.

Yuk kita intip.

1. Tidak mencuci beras

Jarang Diperhatikan, 5 Kesalahan Memasak Nasi Ini Harus Kamu Hindarimedicalnewstoday.com

Banyak orang yang berkata bahwa mencuci beras hanya akan menghilangkan kandungan vitamin yang terkandung di dalamnya. Padahal sebenarnya beras harus dicuci sebelum dimasak karena menyimpan banyak debu dan kotoran.

Agar vitamin dalam beras tidak terlalu banyak terbawa dalam air cucian, kamu bisa mencuci beras paling banyak dua kali, atau sampai air cucian beras berwarna putih dan jernih.

2. Memasak dengan terlalu banyak atau terlalu sedikit air

Jarang Diperhatikan, 5 Kesalahan Memasak Nasi Ini Harus Kamu Hindarithepioneerwoman.com

Saat memasak nasi, pemberian air yang terlalu sedikit akan menyebabkan nasi menjadi keras. Sedangkan jika air yang kita masukkan terlalu banyak, nasi akan menjadi terlalu lembek.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan metode ‘knuckle’. Caranya adalah dengan meletakkan jari telunjuk diatas beras yang akan kamu masak. Air yang kamu tambahkan harus mencapai ruas pertama dari jari telunjukmu.

Tapi perlu dicatat bahwa cara ini tidak selalu berhasil mendapatkan tingkat kelembutan nasi yang kamu inginkan. Hal ini dikarenakan berbeda jenis beras, maka berbeda pula teksturnya.

Baca Juga: 10 Potret Hasil Masakan Gagal, Bukannya Selera Malah Bikin Ngakak

3. Menambahkan garam

Jarang Diperhatikan, 5 Kesalahan Memasak Nasi Ini Harus Kamu Hindarivideoblocks.com

Hal ini juga perlu kamu hindari saat memasak nasi. Mungkin kamu pernah menambahkan garam kedalam beras agar rasanya menjadi gurih. Tapi faktanya, garam akan membuat nasi menjadi lembek dan lebih mudah hancur walaupun sebenarnya belum matang sempurna.

4. Terburu-buru

Jarang Diperhatikan, 5 Kesalahan Memasak Nasi Ini Harus Kamu Hindarisajiansedap.grid.id

Ada beberapa orang yang terburu-buru ketika memasak nasi. Setelah lampu di rice cooker berganti dari cook ke mode warm, jangan langsung membuka rice cooker dan mengaduk nasinya. Nasi belum benar-benar matang saat mode lampu baru saja bepindah. Butuh waktu sekitar 10 menit agar nasi matang dan bertekstur sempurna.

5. Menyamakan beras merah dengan beras putih

Jarang Diperhatikan, 5 Kesalahan Memasak Nasi Ini Harus Kamu Hindarirecipes.timesofindia.com

Beras merah sebenarnya memerlukan lebih banyak air daripada beras putih. Karena itu saat memasak beras merah, kamu bisa menambahkan seperempat sampai setengah cup air atau sekitar 100ml lebih banyak dibanding saat kamu memasak nasi putih.

Itulah 5 kesalahan dalam memasak nasi yang harus kamu hindari. Semoga setelah ini kamu tidak salah lagi dalam memasak nasi, ya!

Baca Juga: Dikreasikan Segarnya Cola, 5 Resep Masakan Ini Bikin Makananmu Berbeda

Dwi Kurniawati Lestari Photo Verified Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya