Comscore Tracker

10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!

Kenapa pakai kata 'yaki' ya?

Bagi kamu penggemar makanan Jepang pasti sering mendengar aneka olahan kuliner Jepang yang menggunakan kata 'yaki' kan, sebut saja yakiniku, yakitori atau dorayaki.

Sudah tahu belum? Penggunaan kata 'yaki' dalam kuliner Jepang berarti makanan tersebut diolah dengan cara digoreng (fry) atau dipanggang di atas permukaan panas (grill).

Nah, yuk intip 10 masakan Jepang yang diolah dengan cara 'yaki', mungkin salah satunya ada favoritmu.

1. Takoyaki

10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!pixabay/kojikamei

Takoyaki merupakan jajanan khas dari daerah Kansai seperti Osaka, Kyoto, Hyōgo, Shiga dan sekitarnya. Jajanan ini terbuat dari campuran tepung, telur dan kaldu dashi lalu dipanggang di atas cetakan berbentuk bulat kemudian diberi isian daun bawang dan potongan gurita (tako).

Setelah matang takoyaki diberi taburan serutan ikan bonito kering (katsuobushi), rumput laut kering (aonori), saus takoyaki dan mayonaise.

2. Okonomiyaki

10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!japan-guide.com

Okonomiyaki sama seperti takoyaki yang populer di wilayah Kansai dan kerap dijajakan ala street food. Okonomiyaki terdiri dari campuran irisan kol, tepung, telur, gula, garam, kaldu dashi dan air yang dicampur lalu dimasak di atas wajan datar (teppan).

Di Jepang, okonomiyaki dimasak dan diberi topping sesuai dengan selera, berbeda daerah berbeda pula variasinya. Sesuai dengan namanya 'okonomi' yang berarti 'apa yang kamu suka' dan 'yaki' yang berarti memanggang.

Topping pada okonomiyaki hampir sama seperti takoyaki yaitu katsuobushi, aonori, saus okonomiyaki dan bisa juga ditambah dengan acar jahe.

3. Monjayaki

10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!re-discoveryjapan.net

Sama seperti okonomiyaki, tetapi adonan monjayaki lebih cair. Monjayaki populer di daerah Kantō, seperti Tokyo, Gunma, Tochigi, Ibaraki, Saitama, kanagawa dan Chiba. 
Jika kamu berkesempatan ke Jepang, kamu bisa mencoba monjayaki yang terkenal di daerah Tsukishima, Tokyo.

4. Teriyaki

10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!pixabay/adoproducciones

Teriyaki merupakan cara memasak Jepang dengan mencampur atau melapisi bahan yang akan dimasak dengan bumbu kecap, mirin, sake dan gula. Bumbu ini membuat masakan menjadi bersinar (teri) ketika dipanggang (yaki).

Bahan utama yang dapat digunakan untuk diolah dengan cara ini adalah ayam, sapi, babi, cumi-cumi, serta ikan salmon.

Jika tidak mengkonsumsi mirin dan sake, bumbu tersebut dapat diganti dengan jus anggur segar yang dicampur dengan air jeruk lemon dan gula.

5. Tamagoyaki

10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!japantimes.co.jp/Makiko Itoh

Di Jepang telur dadar yang digulung dikenal dengan nama tamagoyaki. Berasal dari kata 'tamago' yang berarti 'telur' dan 'yaki' yaitu menggoreng.

Proses pembuatannya sama seperti membuat telur dadar pada umumnya, hanya saja tamagoyaki biasanya digoreng di atas wajan berbentuk kotak. Telur dadar dituang ke dalam wajan, dilapis, ditumpuk dan digulung hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, 7 Makanan Indonesia ini Punya Kembaran di Jepang

6. Taiyaki

10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!pixabay/kabgoya

Taiyaki adalah snack khas Jepang berbentuk ikan dengan isian pasta kacang merah. Bahan utama pembuatan taiyaki adalah tepung, gula, baking powder, air, susu dan telur yang dicampur menjadi satu, diberi isian pasta kacang merah dan dicetak ke dalam cetakan berbentuk ikan.

Jajanan ini mudah ditemui di Jepang, sering dijual ala street food dan bisa disantap selagi hangat. 

7. Dorayaki

10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!unsplash/Jelleke Vanooteghem

Dorayaki. Siapa yang tidak kenal dengan dorayaki? Ya, dorayaki juga dikenal sebagai Japanese pancake, kue ini memang serupa pancake yang disisipkan pasta kacang merah manis  pada satu sisinya dan kemudian ditangkupkan seperti sandwich

Dorayaki adalah kue favorit Doraemon lho!

8. Yakitori

10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!pixabay/YujiMuraoka

Yakitori adalah sate ala Jepang, sesuai dengan namanya dalam bahasa Jepang 'yaki'  berarti memanggang dan 'tori' adalah unggas seperti burung dan ayam.

Proses pembuatan yakitori, sebelum dipanggang, daging ayam dibumbui terlebih dahulu agar meresap setelah itu dipanggang.

9. Yakisoba

10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!pixabay/vanmachadoribeiro

Di Jepang, yakisoba banyak ditemui di berbagai acara festival (matsuri) atau di kedai makanan. Soba dalam bahasa Jepang berarti sejenis mi, yakisoba adalah mi goreng dalam bahasa Indonesia.

Pembuatan yakisoba menggunakan wajan datar (teppan), biasanya diberi pelengkap acar jahe atau telur.

10. Yakiniku

10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!pixabay/oldblack7210

Yakiniku adalah daging panggang atau barbeque ala Jepang. Irisan daging dipanggang sesuai dengan kematangan yang diinginkan.

Setelah dipanggang, daging dicelupkan ke dalam saus tare yang berbuat dari soy sauce, sake, mirin, gula, bawang putih, jus buah dan wijen. Saus yang menggunakan wijen disebut niku tare sedangkan saus tanpa wijen disebut soto tare.

Penyajian yakiniku biasanya tidak hanya daging yang dipanggang tetapi juga bawang bombay, paprika atau jamur.

Nah, itu tadi 10 kuliner Jepang yang dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng. Bisa dijadikan referensi makanan jika kamu ingin mencicipi cita rasa autentik di negara asalnya guys.

Baca Juga: 8 Makanan ini Sering Muncul dalam Tayangan Dorama Jepang, Pernah coba?

Dyah Photo Verified Writer Dyah

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya