Comscore Tracker

5 Tips Memasak Nasi Hainan yang Gurih dan Nikmat, Begini Caranya!

Rasanya gak kalah sama nasi hainan di restoran

Siapa, sih yang gak suka nasi hainan? Makanan asal wilayah Hainan, Tiongkok, ini mudah ditemukan di restoran-restoran chinese food yang tersebar beberapa wilayah Asia, termasuk Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Rasanya yang gurih membuat nasi hainan sangat digandrungi. Cara membuatnya cenderung mudah, tetapi lumayan tricky. Hal ini dikarenakan komposisi bahan dan bumbunya cukup banyak dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Tak perlu resah, kamu bisa menerapkan beberapa tips membuat nasi hainan yang gurih berikut ini. Dijamin rasanya gak kalah dengan yang ada di restoran chinese food, deh.

1. Pilih beras yang berbulir panjang

5 Tips Memasak Nasi Hainan yang Gurih dan Nikmat, Begini Caranya!ilustrasi beras berbulir panjang (unsplash.com/bamin)

Tekstur autentik nasi hainan biasanya tidak terlalu pulen, tetapi juga tidak pera. Nasi tersebut juga harus bisa menyerap bumbu dengan baik, sehingga rasa dan aromanya lebih menguar.

Untuk itu, sebaiknya pilih beras yang berbulir panjang atau long grain. Jenis beras ini akan menghasilkan tekstur yang bagus jika dimasak baik secara manual maupun menggunakan rice cooker.

2. Rendam beras selama 30 menit

5 Tips Memasak Nasi Hainan yang Gurih dan Nikmat, Begini Caranya!ilustrasi merendam beras (thehealthyhomeeconomist.com)

Setelah dicuci bersih, sebaiknya rendam beras dengan air bersih selama kurang lebih 30 menit. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tekstur nasi hainan yang pas, tidak terlalu pulen dan tidak terlalu pera. 

Selain itu, merendam beras sebelum dimasak seperti ini dapat membantu asimilasi kualitas gizi, melancarkan saluran pencernaan, serta memiliki efektivitas tinggi dalam menyerap vitamin dan mineral dari beras.

3. Rebus ayam untuk kaldu dengan air biasa

5 Tips Memasak Nasi Hainan yang Gurih dan Nikmat, Begini Caranya!proses membuat kaldu ayam (youtube.com/CheNomYoutube)

Selain beras berbulir panjang, kaldu ayam adalah kunci utama pembuatan nasi hainan. Gunakan ayam utuh untuk membuat kaldunya. 

Ayam yang telah dicuci dimasukkan ke dalam panci bersama dengan air bersih sampai terendam penuh. Masukkan pula jahe iris, daun bawang, garam, dan minyak wijen. Waktu merebus ayam sekitar 45-60 menit dengan api kecil.

Proses memasak kaldu yang cukup lama dengan menggunakan air biasa (bukan air mendidih) ini dilakukan, supaya rasa gurih ayam bisa keluar. Selain itu, rasanya juga lebih enak jika dibandingkan ayam yang dimasak dengan air mendidih.

Baca Juga: 5 Nasi Ayam Hainan Terbaik di Singapura, Otomatis Bikin Lapar!

4. Campur beras dengan bumbu sampai merata

5 Tips Memasak Nasi Hainan yang Gurih dan Nikmat, Begini Caranya!beras dicampur dengan bumbu (youtube.com/c/CheNomYoutube)

Setelah kaldu ayam jadi, saring sampai terpisah dari bahan-bahan yang lainnya. Masukkan beras ke dalam tumisan bawang putih, bawang bombay, dan daun pandan.

Aduk semua bahan sampai merata, baru kemudian pindahkan ke dalam rice cooker. Langkah ini dilakukan, supaya bumbu aromatik bisa meresap sempurna ke dalam nasi.

5. Gunakan perbandingan 1:1,5 untuk beras dan air kaldu

5 Tips Memasak Nasi Hainan yang Gurih dan Nikmat, Begini Caranya!proses memasak beras dan air kaldu (youtube.com/c/CheNomYoutube)

Gunakan perbandingan 1:1,5 antara beras dengan air kaldu. Artinya, jika menggunakan beras 200 gram, maka air kaldu yang dimasukkan sekitar 300-350 ml.

Namun, hal ini bisa disesuaikan dengan selera asalkan perbandingannya tidak terlalu jauh. Setel rice cooker dalam mode cooking dan tunggu sampai matang. Setelah matang, tata nasi hainan bersama ayam rebus yang dipotong-potong, kuah kaldu, dan saus kecap. 

Nah, itulah beberapa tips memasak nasi hainan yang enak dan gurih. Dijamin bakal jatuh hati dengan kenikmatannya, deh!

Baca Juga: 5 Tips Bikin Nasi Ayam Hainan Singapura, Cukup Pakai Rice Cooker!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya