Comscore Tracker

5 Kesalahan Memasak Tongseng Daging Sapi yang Bisa Merusak Rasanya

Pemilihan bagian daging juga penting, lho

Tongseng merupakan kuliner Nusantara yang rasanya mirip gulai. Rasa rempahnya kuat dan tajam, cocok disantap sebagai pendamping nasi atau lontong.

Kuliner yang umumnya berbahan utama daging ini menjadi salah satu menu favorit keluarga saat perayaan tertentu, terutama saat Hari Raya Iduladha. Memasak tongseng bisa dibilang gampang-gampang susah.

Sebab, jika cara memasaknya kurang tepat dapat membuat daging alot, rasa rempahnya jadi kurang nendang atau sayur campurannya kurang segar.

Berikut kesalahan-kesalahan yang kerap terjadi saat memasak tongseng daging sapi. Pahami dan hindari kesalahannya, supaya tongseng buatanmu terasa nikmat, ya!

1. Sembarangan memilih bagian daging yang akan digunakan

5 Kesalahan Memasak Tongseng Daging Sapi yang Bisa Merusak Rasanyailustrasi irisan daging sapi (pixabay.com/ann1992)

Salah satu kelezatan tongseng dipengaruhi oleh bagian daging sapi yang digunakan. Sebab, setiap bagian memiliki karakter dan tekstur yang berbeda. Oleh karena itu, perlu menyesuaikan jenis masakan dan durasi memasaknya.

Untuk membuat tongseng, umumnya menggunakan bagian sengkel atau shank yang mengandung kolagen tinggi. Dagingnya kenyal dengan serat kasar dan otot. Biasanya, berbentuk bulat dengan menyisakan bagian tulang pada tepi daging.

Namun, kamu dapat menggunakan bagian daging dengan tulang, seperti iga atau tulang sapi. Jika menggunakan bagian daging sapi jenis ini, kamu perlu merebusnya terlebih dahulu dan membuang air rebusan pertama. Tujuannya supaya kuahnya tidak kotor dan keruh.

2. Teknik memotong daging yang salah

5 Kesalahan Memasak Tongseng Daging Sapi yang Bisa Merusak Rasanyailustrasi memotong daging sapi (unsplash.com/usmanyousaf)

Kamu sudah memilih jenis daging yang tepat, tapi rasa dan teksturnya kurang bersahabat? Hal tersebut bisa jadi dipengaruhi teknik memotong dan memasak. Memotong daging sapi juga gak bisa sembarangan, karena dapat membuat daging alot.

Memotong daging searah dengan alur serat justru membuat daging keras dan sulit dikunyah. Demikian pula dengan selaput putih di sekitar daging dan uratnya, jangan dibiarkan begitu saja. Lebih baik, buang urat dan selaput daging terlebih dahulu sebelum dipotong.

Nah, supaya daging sapi untuk tongseng empuk dan mudah dikunyah, potong melawan arah serat. Sebab, serat yang lebih pendek akan lebih mudah dikunyah. Jangan lupa memerhatikan ketebalan daging sapi yang akan kamu buat menjadi tongseng.

3. Tidak memperhatikan api yang digunakan

5 Kesalahan Memasak Tongseng Daging Sapi yang Bisa Merusak Rasanyailustrasi api kompor untuk memasak tongseng (unsplash.com/juno1412)

Umumnya, orang beranggapan bahwa semakin besar api yang digunakan untuk memasak, maka daging akan semakin cepat matang. Nyatanya, menggunakan api besar justru akan membuat daging kering kehilangan tekstur lembutnya.

Kesalahan tersebut patut kamu hindari, cukup memasak tongseng menggunakan api kecil. Menggunakan api kecil memang membutuhkan durasi memasak yang lebih lama.

Namun, menghasilkan tongseng daging sapi yang empuk dan lembut. Demikian pula saat menumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Kamu perlu memasak tongseng perlahan, supaya lebih meresap merata.

Baca Juga: Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan, Rasanya Tetap Gurih dan Lezat 

4. Terlalu sedikit menambahkan rempah dan bumbu

5 Kesalahan Memasak Tongseng Daging Sapi yang Bisa Merusak Rasanyailustrasi bumbu dan rempah (unsplash.com/ratulghoshr)

Rempah dan bumbu merupakan salah satu kunci kelezatan tongseng yang sedang kamu masak. Jangan terlalu “pelit” memberikan bumbu dan rempah, tapi jangan berlebihan.

Penggunaan rempah yang cukup dapat mengurangi bau amis pada daging, lho. Selain itu, tongseng yang umumnya berkuah juga gak akan hambar.

Namun, kamu jangan menggunakan rempah kering terlalu banyak. Hal ini dapat memicu rasa pahit pada tongseng. Selain itu, kamu perlu menyangrai rempah kering terlebuh dahulu, supaya wangi dan lebih terasa di lidah.

5. Mengabaikan teknik dan durasi memasak

5 Kesalahan Memasak Tongseng Daging Sapi yang Bisa Merusak Rasanyailustrasi memanggang daging sapi (unsplash.com/and73w)

Satu hal lagi yang kerap terjadi, yakni mengaibakan durasi memasak. Padahal, setiap teknik memasak memiliki durasi yang berbeda. Demikian pula dengan jenis daging yang kamu gunakan untuk membuat tongseng.

Kamu dapat menggunakan presto untuk mengempukkan daging. Namun, berisiko menghasilkan daging yang kering dan kandungan airnya banyak berkurang. Kamu juga bisa memanggang daging untuk tongseng hingga empuk sekitar 1-2 jam.

Berbeda lagi jika menggunakan oven, kamu perlu memperhatikan suhu dan durasinya. Lebih baik didihkan daging bersama kuah tongseng, kemudian memasukkannya ke dalam oven.

Kamu dapat menggunakan suhu 155 derajat Celsius selama 1-2 jam untuk membuat daging lebih empuk ketika dimasak menjadi tongseng.

Mengabaikan jenis daging sapi maupun teknik memasak merupakan beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat membuat tongseng. Hal ini akan membuat daging akan kehilangan tekstur lembutnya dan terlalu kering.

Demikian pula dengan bumbu serta rempah yang digunakan, juga patut diperhatikan. Nah, setelah memahami kesalahan memasak tongseng seperti di atas, kamu bakal mendapatkan kenikmatan tongseng yang hakiki, deh!

Baca Juga: Cara Membuat Bumbu Tongseng Kambing yang Berempah, Sedap Bener!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya