Comscore Tracker

6 Tips Memasak Bumbu Rempah, biar Lebih Keluar Aroma dan Rasanya

Perhatikan tips berikut ini sebelum memulai masak

Kaya bumbu dan rempah adalah karakteristik khas makanan Indonesia. Rasanya kurang nendang kalau makanan dimasak tanpa bumbu rempah. 

Jenis bumbu dan rempah di Indonesia pun beragam. Inilah yang membuat rasa dan aroma masakan Nusantara jadi lebih kompleks dan aromatik. 

Namun, pernahkah kamu memasak bumbu rempah, tapi rasa dan aromanya tidak keluar dan masakan jadi kurang enak? Ada beberapa tips dan trik untuk membuat aroma dan rasa rempah jadi lebih maksimal, lho. Simaklah beberapa tipsnya berikut ini!

1. Dimemarkan

6 Tips Memasak Bumbu Rempah, biar Lebih Keluar Aroma dan Rasanyailustrasi mememarkan rempah (cloudinary.com)

Rempah yang berbentuk akar rimpang, seperti lengkuas, jahe, dan batang serai, harus dimemarkan terlebih dahulu sebelum diolah. Hal tersebut akan membuat rasa dan aroma khasnya akan lebih keluar dan merasuk ke dalam masakan.

Untuk mememarkannya, kamu bisa mengulek atau menggepreknya dengan pisau dapur. Selain dimemarkan, lengkuas dan jahe bisa diolah dengan cara diparut. Kalau untuk lengkuas, bisa dengan mengikatnya. 

2. Disangrai

6 Tips Memasak Bumbu Rempah, biar Lebih Keluar Aroma dan Rasanyailustrasi menyangrai ketumbar (instagram.com/omahtitin88)

Ada beberapa rempah yang kurang keluar rasa dan aromanya kalau diolah secara mentah, salah satunya kemiri dan ketumbar. Keduanya harus disangrai terlebih dahulu agar aromanya keluar dan bisa menyedapkan masakan.

Cara menyangrainya cukup dilakukan di atas api kecil sambil terus diaduk supaya semuanya bisa matang merata. Sangrai hingga warnanya jadi kecokelatan. Selain aromanya keluar, proses sangrai ini juga akan membuat masa simpan rempah jadi lebih lama.

3. Diiris atau diikat

6 Tips Memasak Bumbu Rempah, biar Lebih Keluar Aroma dan Rasanyailustrasi mengiris daun bawang (pexels.com/cottonbro)

Proses pengirisan seledri dan daun bawang bukan semata-mata hanya untuk mudah dimakan. Hal tersebut juga akan mengeluarkan rasa gurih serta aroma khas dari seledri dan daun bawang. 

Kalau kurang suka dengan rasa kuat dari daun bawang dan seledri, kamu bisa mengikat simpul keduanya lalu masukkan ke dalam masakan. Aromanya akan tetap keluar tanpa memberikan rasa yang kuat, kok. 

Baca Juga: 10 Tips Memasak Daging biar Cepat Empuk dan Lembut, Begini Caranya!

4. Dirobek

6 Tips Memasak Bumbu Rempah, biar Lebih Keluar Aroma dan Rasanyailustrasi daun jeruk (freepik.com)

Sering masak menggunakan daun jeruk atau daun salam tapi aromanya kurang keluar? Mungkin kamu belum menyobek daunnya terlebih dahulu.

Daun jeruk dan daun salam harus dirobek untuk memberikan aroma pada masakan. Selain daun jeruk dan daun salam, daun pandan juga butuh dirobek sebelum digunakan. Setelah dirobek, dijamin masakanmu akan lebih wangi. 

5. Dilarutkan

6 Tips Memasak Bumbu Rempah, biar Lebih Keluar Aroma dan Rasanyailustrasi asam jawa (healthline.com)

Ada sebuah tips dalam penggunaan asam jawa dalam masakan. Jangan langsung memasukkannya ke dalam masakan. Hal tersebut akan membuat masakan jadi terlalu asam. 

Lebih baik larutkan asam jawa ke dalam air hangat terlebih dahulu. Kalau sudah begini, rasa asam dari asam jawa akan lebih mudah menyatu dalam masakan.

6. Dibakar

6 Tips Memasak Bumbu Rempah, biar Lebih Keluar Aroma dan Rasanyailustrasi kunyit (unplash.com/FOODISM360)

Ada lagi beberapa bumbu yang lebih baik diolah terlebih dahulu daripada dimasukkan langsung saat masih mentah. Kunyit dan terasi salah satunya.

Keduanya harus dibakar untuk mendapatkan rasa yang enak dan aroma wanginya.  Caranya, cukup tusuk terasi dan kunyit dengan garpu lalu dibakar dengan api kecil hingga warnanya lebih gelap.

Untuk kunyit, kulitnya tidak perlu dikupas agar tidak gosong dan rasanya jadi pahit. Selain untuk membuat aroma dan rasanya jadi lebih maksimal, proses pembakaran ini juga akan mengeluarkan warna kunyit jadi lebih menyala. 

Itulah beberapa tips bagaimana membuat bumbu rempah lebih keluar aroma dan rasanya. Jangan lupa dipraktikkan supaya masakanmu lebih enak dan gurih, ya!

Baca Juga: 7 Tips Memasak Kacang Hijau biar Cepat Empuk dan Merekah Sempurna

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya