Comscore Tracker

5 Langkah Gampang Bikin Es Kopi Susu Kekinian di Rumah

Cuma butuh 3 bahan: kopi, susu, gula aren

Sejak akhir tahun 2017 kedai kopi makin menjamur di mana-mana. Menu kopi yang paling hits di kalangan anak muda adalah es kopi susu. Bukan cuma pecinta kopi, bahkan yang awalnya gak suka kopi mendadak jadi fans minuman berkafein ini.

Es kopi susu umumnya dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp12.000-20.000. Kalau dulu harga kopi terbilang sangat mahal, tentu dengan penawaran harga tersebut minuman satu ini amat digandrungi anak muda. Tapi, daripada jajan es kopi susu melulu—bikin boros kan—coba deh bikin kreasinya sendiri di rumah. Caranya gampang banget, kok! Simak langkahnya di bawah ini ya!

1. Bahan 1: Kopi dengan takaran dan seduhan yang pas

5 Langkah Gampang Bikin Es Kopi Susu Kekinian di Rumahstumptowncoffee.com

Rasa utama dalam minuman ini tentu saja kopi. Makanya, kamu harus meracik kopinya dulu dengan takaran dan seduhan yang tepat supaya rasa dan aromanya tetap terasa.

Gak perlu pakai alat-alat profesional, kamu bisa menggunakan cangkir French Press untuk menciptakan base kopi yang kental. Takarannya sebagai berikut:

  • 40 gram kopi hitam bubuk (ingat, BUKAN kopi sachet ya!) atau sekitar 3 sendok teh
  • 100 ml air panas, disarankan air yang direbus dan mendidih agar panasnya awet

Volume airnya usahakan jangan terlalu banyak agar kopi yang dihasilkan kental. Ikuti langkah meraciknya di bawah ini:

  1. Masukkan kopi dan air panas ke dalam French Press
  2. Jangan diaduk! Biarkan kopi menyatu dengan sendirinya untuk menjaga aromanya
  3. Diamkan selama 2 menit, kemudian tekan pucuk tutupnya untuk mendorong ampas kopi ke bawah.

2. Bahan 2: Susu full cream yang sudah dipanaskan

5 Langkah Gampang Bikin Es Kopi Susu Kekinian di RumahPixabay/congerdesign

Kunci selanjutnya ada di racikan susu. Kamu bisa menggunakan susu cair apa saja, baik yang UHT maupun pasteurisasi. Namun, demi menghasilkan rasa yang lebih creamy sebaiknya jangan langsung campurkan susu dengan kopinya.

Kamu harus memanaskannya terlebih dahulu. Gunanya adalah untuk mengurangi kadar air dari susu dan menciptakan rasa yang lebih gurih daripada susu cair biasa. Nah, langkahnya seperti ini:

  1. Takaran susu cair yang digunakan: 200 ml (sebelum dipanaskan)
  2. Kemudian panaskan susu dengan api sedang hingga volumenya berkurang setengah menjadi sekitar 100 ml
  3. Angkat susu dan pindahkan ke dalam gelas.
  4. Tips: Kalau mau lebih creamy, kamu bisa gunakan French press untuk mengocok susu sehingga teksturnya juga lebih kental
  5. Diamkan dulu sampai agak dingin

Baca Juga: Keren, Kopi Mandailing dan Aceh Gayo Dipamerkan di Belanda

3. Bahan 3: Gula aren

5 Langkah Gampang Bikin Es Kopi Susu Kekinian di Rumahindigenousbartender.com

Menurut Andanu Prasetyo, pencipta Es Kopi Susu Tetangga yang sempat hits itu, kunci kenikmatan es kopi susu juga ada pada pemanisnya. Untuk menciptakan rasa manis yang pas, Tyo menyarankan menggunakan gula aren sebagai pemanis dan bukan gula putih atau gula pasir. Takarannya sekitar 30 gram atau bisa menyesuaikan seleramu.

4. Campurkan semua bahan, mulai dari gula aren terlebih dulu

5 Langkah Gampang Bikin Es Kopi Susu Kekinian di RumahUnsplash/Demi DeHerrera

Kalau sudah siap semua bahannya, sekarang tinggal dicampur deh! Tapi biar kombinasi rasanya lebih nikmat, bahan yang pertama kali dimasukkan juga perlu ada tahapannya nih.

Pertama kali, masukkan dulu gula arennya. Pemanis kita letakkan di paling bawah supaya sebelum mencampur semuanya kita bisa menikmati dulu rasa asli campuran kopi dan susunya. Jadi, nanti kalau mau bikin es kopi susu lagi lebih bisa menakar kadar manisnya.

Kemudian masukkan es batu secukupnya, sesuai seleramu. Setelah itu baru masukkan susu yang sudah dipanaskan tadi. Dan terakhir adalah base kopinya. Usahakan kedua bahan ini sudah cukup dingin untuk dicampurkan supaya rasanya tidak rusak ya.

5. Tips penting saat meracik es kopi susu

5 Langkah Gampang Bikin Es Kopi Susu Kekinian di RumahPexels/Burst

Tak perlu menambahkan air saat mencampur semua bahannya karena ini akan membuat tekstur es kopi susu lebih cair. Akibatnya, rasa kopi maupun creamy-nya susu bisa hilang.

Jangan terlalu banyak menggunakan susu juga, ya karena rasanya nanti bisa kalah dengan si kopi, jadinya malah bukan es kopi susu dong!

Nah, es kopi susu kekiniannya sudah jadi deh! Gampang, kan cara bikinnya? Yuk, dicoba biar sekalian menghemat pengeluaran biar gak jajan kopi melulu seperti saran Bu Menteri Sri Mulyani.

Baca Juga: 5 Kenikmatan Secangkir Kopi De Sagoe  dari Sabang Patut Kamu Coba! 

Gendhis Photo Community Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You