Comscore Tracker

5 Resep Vegetarian Berbahan Dasar Tahu dan Tempe, Gampang Caranya!

#MasakItuGampang Kalau yang mau diet, bisa nih resep ini dicoba di rumah

Bagi kamu yang vegetarian pasti sangat memperhatikan apa yang kamu konsumsi sehari-hari. Daging, telur, susu, ikan dan produk turunannya seperti sosis, nugget, bakso dan sebagainya pasti sangat kamu hindari. Walaupun begitu kamu harus memenuhi protein sebagai kebutuhan gizimu.

Karena kamu adalah seorang vegetarian, maka sumber proteinmu adalah protein nabati. Ini bisa kamu dapatkan pada tahu atau tempe yang terbuat dari kacang kedelai. Tahu dan tempe merupakan makanan asli Indonesia. Sangat mudah ditemukan di mana pun kamu berada.

Selain itu, harganya juga sangat bersahabat, lho. Nah, berikut adalah lima resep menu vegetarian berbahan dasar tempe dan tahu yang bisa kamu jadikan sebagai menu sehari-hari kamu. Yuk catat resepnya!

1. Rolade tahu

5 Resep Vegetarian Berbahan Dasar Tahu dan Tempe, Gampang Caranya!https://www.instagram.com/p/BSQ9MqmDwVm/

Kamu hanya perlu menyiapkan 300 gr tahu, 4 sdm maizena, merica secukupnya, bubuk kaldu ayam, dan garam secukupnya serta plastik tahan panas untuk mengukus.

Cara membuatnya yaitu giling tahu lalu tiriskan, tambahkan maizena, bubuk kaldu ayam, merica dan garam. Aduk hingga rata. Bungkus dengan plastik tahan panas, padatkan, lalu kukus sampai matang. Siap disajikan!

2. Pepes tempe

5 Resep Vegetarian Berbahan Dasar Tahu dan Tempe, Gampang Caranya!https://www.instagram.com/p/BBoeL3ANbjd/

Siapkan 250 gr tempe yang sudah dikukus dan giling halus. ½ ikat daun kemangi, ½ buah tomat kemudian potong-potong memanjang, 4 lembar daun jeruk, 1 batang serai kemudian iris halus, ½ ruas lengkuas lalu iris halus, ½ buah paprika merah lalu iris halus dan bubuk kaldu ayam, garam secukupnya. Daun pisang secukupnya untuk membungkus.

Cara membuatnya yaitu campur tempe dengan semua bahan lain dan bumbu-bumbu, aduk rata. Bungkus dengan daun pisang, lalu kukus atau bakar sampai matang.

3. Pepes tahu

5 Resep Vegetarian Berbahan Dasar Tahu dan Tempe, Gampang Caranya!https://www.instagram.com/p/Bhvv7Z7nY5F/

Persiapkan 300 gr tahu, ½ ikat daun kemangi, ½ buah tomat, ¼ bua paprika merah, 1 batang serai, 4 lembar daun jeruk, ½ ruas lengkuas, bubuk kaldu ayam dan garam secukupnya. Serta daun pisang untuk membungkus.

Cara membuatnya yaitu giling tagu, lalu tiriskan. Tomat dirajang memanjang, daun jeruk iris halus, lalu campurkan ke tahu yang sudah digiling. Tambahkan bubuk kaldu ayam dan garam, daun kemangi, paprika, serai, dan lengkuas yang sudah dicincang halus, lalu aduk sampai rata.

Bungkus dengan daun pisang kemudian kukus sampai matang. Nah, pepes tahu udah bisa disajikan.

4. Kare tempe

5 Resep Vegetarian Berbahan Dasar Tahu dan Tempe, Gampang Caranya!https://www.instagram.com/p/BemtDSIglpD/

Bahan-bahan untuk membuat kare tempe yaitu: 250 gr tempe lalu potong dadu. 100 gr kentang lalu potong dadu. 4 butir kemiri, 1 buah cabe merah, 4 lembar daun jeruk, 2 batang serai, 50 cc santan dan sepotong kecil kunyit.

Cara membuatnya, haluskan bumbu-bumbu dan memarkan serai. Didihkan bumbu dan daun jeruk dengan air secukupnya. Masukkan kentang dan tempe bersamaan lalu masak hingga matang. Masukkan santan, aduk rata, lalu angkat.

5. Tempe ungkep

5 Resep Vegetarian Berbahan Dasar Tahu dan Tempe, Gampang Caranya!https://www.instagram.com/p/BUj0tSrlGFo/

Siapkan 250 gr tempe, ptong dadu. 1 buah cabe merah besar, giling kasar. 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, ketumbar secukupnya. 1 lembar daun jeruk, 1 batang daun serai. Air dan garam secukupnya.

Cara membuatnya cukup mudah. Haluskan bumbu-bumbu dan memarkan serai. Didihkan bumbu, daun jeruk dengan sedikit air. Masukkan tempe, ungkep hingga matang.

Itulah resep vegetarian berbahan dasar tahu dan tempe yang sangat sederhana namun lezat. Selamat mencoba!

Irma Wijaya Photo Verified Writer Irma Wijaya

Mahasiswi UNIMED Jurusan Manajemen. Suka dengan hal-hal yang baru dan positif. E-mail: adeeirma579@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya