Comscore Tracker

Yuk, Bikin! 5 Aneka Olahan Berbahan Bayam yang Enak dan Mudah

Dari bayam, kamu bisa berkreasi dengan aneka makanan

Sayuran hijau yang bisa kamu beli dengan harga terjangkau di pasaran ada beragam, termasuk bayam. Dengan harga mulai dari Rp1.000 per ikat, bayam bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan bernutrisi. Mulai dari hidangan tradisional hingga internasional, kamu bisa mendapatkannya dari sayuran hijau yang mengandung zat besi ini.

Kamu bisa menjadikannya campuran untuk sarapan cepat dan lezat dalam omelet kamu. Catat makanan apa saja yang bisa kamu hidangkan dengan bayam.

1. Sayur bening bayam

Yuk, Bikin! 5 Aneka Olahan Berbahan Bayam yang Enak dan Mudahinstagram.com/immawasis

Dengan bumbu mudah yaitu kunci, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam, kamu bisa membuat sayur segar untuk disantap atau dihidangkan buat orang terkasih. Biar makin sedap, kamu bisa menambahkan jagung manis yang telah dipotong atau dipipil dan daun kemangi untuk menambah cita rasa. Sayur bening bayam juga mudah disandingkan dengan berbagai olahan lain seperti tahu, tempe, dan ayam goreng.

2. Bobor bayam

Yuk, Bikin! 5 Aneka Olahan Berbahan Bayam yang Enak dan Mudahinstagram.com/novita._.sari

Berbeda dengan bening bayam, sayur ini diolah menggunakan santan dan gak kalah lezat. Dengan bumbu serupa, tapi tanpa kunci, kamu cukup tambahkan kemiri sangrai dan ketumbar untuk memasaknya. Jangan lupa tambahkan santan biar semakin mantap. Selain bayam, kamu bisa menambahkan jagung muda yang diiris tipis atau potongan labu di dalamnya. Sayur ini paling cocok disantap dengan sambal bawang dan ikan asin. Sedap!

Baca Juga: Gak Cuma Bayam, 6 Sayuran Penambah Darah untuk Penderita Anemia

3. Tumis bayam

Yuk, Bikin! 5 Aneka Olahan Berbahan Bayam yang Enak dan Mudahfoodnetwork.com

Siapa bilang bayam gak bisa ditumis? Bahkan, dengan bumbu yang sederhana, kamu bisa menghasilkan makanan lezat untuk makan siang. Siangi daun bayam, lalu cuci bersih. Kamu cukup menumisnya dengan sedikit minyak, kemudian bumbui dengan garam dan bawang putih cincang. Jangan lupa tambahkan sedikit air agar warnanya tetap cantik saat dihidangkan. Dengan bumbu sederhana bawang putih dan garam, tumis bayam siap dihidangkan.

4. Omelet bayam

Yuk, Bikin! 5 Aneka Olahan Berbahan Bayam yang Enak dan Mudahseriouseats.com

Kadang kamu pengin buat omelet untuk sarapan, tapi setelah memakannya berasa kurang nampol? Kamu bisa masukkan daun bayam yang telah dicuci dan dicincang ke dalam telur, lalu kocok. Tambahkan garam dan lada untuk menambahkan cita rasa. Kalau pengin tampilannya cantik, kamu bisa tambahkan tomat yang telah dipotong dadu ke dalam telur. Sarapan lezat dan bernutrisi siap kamu santap.

5. Keripik bayam

Yuk, Bikin! 5 Aneka Olahan Berbahan Bayam yang Enak dan Mudahinstagram.com/yoenitaa

Yang doyan ngemil pasti suka nih! Untuk membuat keripik bayam, kamu perlu memilih bayam yang kondisi daunnya prima dan lebar. Pastikan gak ada yang sobek atau bolong, ya! Cuci bersih dan celupkan ke dalam adonan yang terbuat dari air, 7 sdm tepung terigu, 3 sdm tepung beras, bawang merah cincang, garam, dan ketumbar. Celupkan daun bayam ke dalamnya dan goreng di dalam minyak yang panas dan banyak. Tiriskan dan hidangan segera bisa dinikmati.

Wah, dari bayam saja bisa tercipta aneka hidangan yang lezat, ya? Kamu bisa mengolahnya jadi omelet untuk sarapan, sayur bening untuk makan siang, hingga camilan lezat berupa keripik bayam. Kalau kreatif, kamu bisa kok mengkreasikan satu bahan makanan menjadi aneka hidangan nikmat. Kira-kira, bayam bisa diolah menjadi apa lagi nih?

Baca Juga: 10 Lauk yang Pas buat Pendamping Sayur Bayam, Bikin Ngiler!

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya