Comscore Tracker

5 Tips Bikin Ramen Hakata Style dari Mie Instan ala Chef Devina 

Yuk, ubah mi instan jadi ramen khas Jepang!

Siapa nih yang pengin banget makan ramen? Jika kamu hanya mempunyai mi instan, kamu juga bisa kok membuat ramen dengan rasa autentik. Kamu hanya perlu menambahkan beberapa bahan saja.

Tips ini dibagikan oleh Devina Hermawan melalui channel YouTube miliknya sehingga kamu dapat memuaskan keinginan makan ramenmu hanya dengan sebungkus mi instan.

Penasaran apa saja tipsnya? Simak poin-poin berikut!

1. Gunakan susu evaporasi untuk kuahnya 

5 Tips Bikin Ramen Hakata Style dari Mie Instan ala Chef Devina ilustrasi susu evaporasi (pixabay.com/Pezibear)

Ramen Jepang Hakata-style menyajikan kuah yang berwarna putih karena dibuat dengan merebus tulang selama berjam-jam. Proses ini meyebabkan kaldu menjadi kental dan penuh kolagen. Tentu saja hal tersebut yang memberikan rasa yang sangat creamy dan milky.

Kamu tentu bisa membuat duplikasi ramen tersebut hanya dengan mi instan. Susu evaporasi bisa digunakan untuk membuat kuahnya menjadi putih dan gurih mendekati hakata-style.

2. Tidak disarankan menggunakan santan 

5 Tips Bikin Ramen Hakata Style dari Mie Instan ala Chef Devina ilustrasi santan (freepik.com/jcomp)

Kamu tidak disarankan membuat kuah putih ramen hakata-style dengan santan. Hal ini karena rasanya tidak cocok dengan ramen. Rasa yang dihasilkan akan mendekati opor sehingga sangat jauh dari nuansa jepang.

Jika tidak memiliki susu evaporasi, kamu bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan menggunakan susu atau cooking cream. Rasanya akan lebih lezat dan mendekati rasa aslinya.

Baca Juga: Resep Ramen Kuah Miso Halal, Sajian Mie Lezat Khas Jepang

3. Jangan merebus susu evaporasi dengan kaldu 

5 Tips Bikin Ramen Hakata Style dari Mie Instan ala Chef Devina ilustrasi proses memasukkan susu evaporasi (youtube.com/Devina Hermawan)

Membuat ramen hakata-style menggunakan susu evaporasi dilakukan bukan dengan cara dimasukkan dan direbus bersamaan dengan kaldu.

Namun, buatlah kaldu ramen terlebih dahulu, lalu campurkan kaldu, bumbu mi instan, dan susu evaporasi dalam mangkuk. Hal ini dilakukan karena susu evaporasi mudah pecah sehingga tampilan yang dihasilkan akan terlihat tidak bagus.

4. Perhatikan gramasi bahan 

5 Tips Bikin Ramen Hakata Style dari Mie Instan ala Chef Devina ilustrasi pembuatan kaldu (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat kuah ramen hakata-style, kamu perlu 250-300 ml air, 1 bawang putih besar, 1 bawang merah besar, 2 cm jahe, 30-50 ml susu evaporasi, dan 1 batang daun bawang bagian putih. Rumus bahan tersebut untuk satu porsi ramen instan.

Buat air untuk membuat kaldu, potong jahe, bawang putih, bawang merah menjadi dua, dan masukkan ke dalam air. Potong bagian putih daun bawang dan masukkan ke dalam air. Masak selama 5-10 menit.

Rebus air untuk membuat mi instan, angkat mi dengan kematangan sesuai selera. Masukkan bumbu mi instan ke dalam mangkuk, tambahkan air kaldu, dan aduk. Tambahkan susu evaporasi dan bumbui dengan gula dan merica. Masukkan mi yang sudah direbus.

5. Tambahkan daun bawang khas ramen 

5 Tips Bikin Ramen Hakata Style dari Mie Instan ala Chef Devina ilustrasi ramen (pixabay.com/5amramen)

Selain membuat kuah ramennya, kamu juga bisa menambahkan komponen lain untuk menciptakan tampilan ramen Jepang yang khas. Kamu bisa menambahkan irisan daun bawang yang biasanya terdapat pada masakan Jepang.

Iris daun bawang bagian hijau tipis-tipis secara vertikal, iris setipis mungkin. Tempatkan dalam semangkuk air dingin agar bentuknya keriting dalam waktu yang cepat.

Nah, itulah tips membuat ramen hakata-style dengan mi instan. Bagaimana, semuanya mudah dilakukan ‘kan? Jika semua tips tersebut diterapkan, dapat dipastikan hidangan ramen buatanmu anti gagal. Selamat mencoba!

 

 

Baca Juga: 6 Tempat Makan Ramen di Jakarta Selatan, Ada Kuah Matcha!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya