Comscore Tracker

5 Tips Praktis Membuat Klappertaart yang Lembut, Gak Perlu Oven!

#IDNTimesFood Terapkan biar klappertaart gak menggumpal

Siapa di antara kalian yang pengin membuat klappertaart di rumah? Ternyata, cara membuat dessert lezat khas Manado ini sama sekali tidak rumit, lho. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemukan dengan harga murah.

Serunya lagi, membuat klappertaart gak selalu harus pakai oven, lho. Meski begitu, gak perlu takut rasanya akan berbeda, tetap enak dan creamy banget, kok.

Nah, agar klappertaart buatanmu terlihat sempurna, lembut, dan lezat, ikuti lima tips memasaknya di bawah ini, deh!

1. Buat meringue dari sisa putih telur

5 Tips Praktis Membuat Klappertaart yang Lembut, Gak Perlu Oven!ilustrasi putih telur. (freepik.com/jcomp)

Umumnya, membuat klappertaart menggunakan kuning telur. Tetapi, ada pula yang menggunakan tiga kuning telur dan 1satu putih telur saja. SSupaya tidak buang-buang bahan pangan, kamu bisa gunakan sisa putih telur untuk dijadikan meringue.

Tambahan meringue akan menambah rasa ringan pada klappertaart. Dengan begitu, rasa lezat pada klappertaartmu makin berkali lipat, deh.

2. Gunakan jenis swiss meringue

5 Tips Praktis Membuat Klappertaart yang Lembut, Gak Perlu Oven!ilustrasi meringue. (freepik.com/wirestock)

Swiss meringue dikenal lebih tahan lama karena putih telurnya tidak mentah. Buatlah swiss meringue dengan cara mencampurkan putih telur dengan gula. Masukkan ke dalam stainless bowl, lalu larutkan dengan air mendidih.

Setelah itu, masukan garam dan cream of tartar atau 1-2 sdt air jeruk nipis. Kocok dengan mikser hingga mengembang, lalu masukkan ke piping bag. Agar warnanya semakin cantik, kamu bisa torch hingga kecokelatan. Setelah itu, baru hiasi dengan topping.

3. Tidak mencampurkan vla dan adonan di atas api

5 Tips Praktis Membuat Klappertaart yang Lembut, Gak Perlu Oven!Pencampuran air kelapa dengan adonan. (youtube.com/Devina Hermawan)

Sangat tidak disarankan untuk mencampur adonan klappertaart dengan vla kelapa secara langsung, apalagi di atas api. Hal itu akan menyebabkan telur cepat matang, sehingga tekstur yang dihasilkan tidak lembut dan bahkan bisa rusak.

Untuk hasil lebih maksimal, tuang vla kelapa ke dalam adonan klappertaart sambil diaduk perlahan. Kemudian, barulah masak kembali dengan api sedang ke kecil sampai mengental. Hal tersebut juga untuk menghindari adonan mengalami penggumpalan, lho.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Kalio Daging Sapi Agar Empuk dan Menggugah Selera

4. Tambahkan biskuit ladyfinger agar berlayer

5 Tips Praktis Membuat Klappertaart yang Lembut, Gak Perlu Oven!ilustrasi biskuit ladyfinger. (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Kalau pengin klappertaart buatanmu lebih enak dan gak monoton, tambahkan biskuit ladyfinger. Dengan begitu, klappertaart akan memiliki layer yang terlihat lebih menarik. Celupkan biskuit ke dalam air kelapa yang sudah direbus mendidih, agar lebih tahan lama.

5. Sajikan kalppertaart dalam keadaan dingin

5 Tips Praktis Membuat Klappertaart yang Lembut, Gak Perlu Oven!Klappertaart kreasi Devina Hermawan. (youtube.com/Devina Hermawan)

Sebelum dikonsumsi, simpan klappertaart di kulkas selama kurang lebih dua jam. Dengan begitu, tekstur lembut dan creamy dari klappertaart tetap terjaga. Kalau sudah dikeluarkan, langsung dinikmati agar mendapatkan rasa terbaiknya, ya. Jangan dibiarkan terlalu lama di luar kulkas.

Dengan melakukan tips-tips di atas, klappertaart buatanmu bakal lebih indah dan lembut. Selain itu, rasanya kian lezat yang memanjakan lidah banget. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Bikin Klappertaart tanpa Oven, Kue Creamy dan Legit Khas Manado

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: every__nndf დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya