Comscore Tracker

5 Resep Masakan Indonesia yang Cocok Buat Taklukkan Calon Mertua

Biar dapat restu mertua nih!

Gak semua cewek bisa masak. Padahal, skill yang satu ini konon jadi kriteria bagi para mertua untuk memilih calon menantunya. Gimana enggak, pastinya calon mertua pengen 'kan anak laki-lakinya selalu bisa menikmati makanan lezat buatan istrinya.

Eits, tapi kalau kamu nggak jago-jago banget dengan pekerjaan yang satu ini, nggak perlu khawatir! Gak harus bisa masak semua resep kok, kamu cukup menguasai beberapa resep saja untuk menunjukkan skill-mu.

Nah, kalau buat menggaet hati mertua, cobain deh resep-resep makanan khas Indonesia berikut ini.

1. Dikenal sebagai makanan khas asal Cirebon, boleh lho kamu cobain masak Nasi Lengko

5 Resep Masakan Indonesia yang Cocok Buat Taklukkan Calon Mertuawarungopik.blogspot.com

Nasi Lengko banyak ditemui didaerah Cirebon. Kuliner yang satu ini dikenal sehat karena terdiri dari berbagai macam sayur dan bumbu kacang yang gurih. Gimana membuatnya? Yuk, simak!

Bahan:

  • 500 gram beras
  • 5 potong tempe ukuran 3 X 5 cm
  • 2 potong tahu putih ukuran 5 X 5 cm
  • 100 gram tauge rebus250 gram minyak goreng kelapa asli
  • 1 cawan kucai iris halus
  • 1 cawan bawang goreng
  • kecap manis secukupnya

Bahan untuk sambal:

  • 100 gram kacang tanah, di goreng
  • 12 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih, di goreng
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 1 sendok teh garam
  • 4 buah bawang merah, di goreng
  • 100 ml air matang

Cara membuat sambal:

  1. Goreng semua bahan sambal dengan api kecil hingga benar-benar matang, kecuali airnya.
  2. Kemudian angkat, lalu haluskan. Selanjutnya, campur sambal halus dengan air matang, dan aduk-aduk sampai merata. Sisihkan.
  3. Goreng tahu dan tempe (tanpa dibumbui) dengan minyak kelapa hingga kecokelatan. Kemudian angkat dan potong-potong sebesar dadu.
  4. Sangrai kacang tanah hingga kecokelatan. Apabila anda lebih suka agak basah, maka boleh ditambahkan dengan sedikit minyak kelapa. Lalu, angkat.
  5. Tumbuk kacang dan cabai sampai halus dan merata. Lalu, angkat dan masukkan ke dalam mangkuk, serta tuangi air sampai adonan kacang sedikit encer dan bisa disendok.

Cara penyajiannya:

  1. Masukkan nasi ke dalam piring.
  2. Bubuhi potongan tahu, tempe, irisan daun kucai dan bawang merah goreng.
  3. Tuangi sambal dan kecap manis sesuai selera.
  4. Hidangkan dengan kerupuk.

2. Sehat dan gurih, calon mertua bakal suka nih sama botok teri

5 Resep Masakan Indonesia yang Cocok Buat Taklukkan Calon Mertuasteemkr.com

Mendengar kata “botok” pastinya sudah nggak asing. Hidangan khas Jawa Tengah yang lezat nan gurih ini biasa disantap menggunakan nasi putih hangat ini sering dijumpai di warung-warung makan kecil.

Bahan:

  • 500 g kelapa parut, pilih kelapa yang agak tua
  • 1 buah tahu putih, potong dadu 1 cm
  • 50 g ikan teri, cuci bersih, tiriskan
  • 50 g daun kemangi
  • 3 buah tomat, iris kecil-kecil
  • 1 buah cabai merah, isris serong tipis
  • 1 buah cabai hijau besar, iris serong tipis
  • Daun pisang untuk membungkus

Bahan yang dihaluskan:

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 ruas jari kencur
  • ½ sdt garam

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, campurkan semua bahan-bahan bersama dengan bumbu-bumbu yang di haluskan.
  2. Siapkan daun pisang. Masukkan sekitar 2 sdm adonan botok lalu bungkus dengan menggunakan daun pisang, sematkan kedua ujungnya dengan lidi agar bungkusan daun pisangnya kuat. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Kukus adonan selama kurang lebih 1,5 jam hingga semua bahan matang.
  4. Angkat dan botok teri siap disajikan.

Baca Juga: 7 Masakan yang Harus Kamu Kuasai Sebelum Berumah Tangga, Simpel Banget

3. Bebek betutu bisa jadi menu istimewa yang cocok buat hantaran buat calon mertua

5 Resep Masakan Indonesia yang Cocok Buat Taklukkan Calon Mertuaresepdanmasakan.com

Bebek Betutu adalah makanan khas pulau dewata yang sangat terkenal. Tak perlu repot meluangkan banyak waktu dan uang untuk pergi ke Bali hanya untuk menikmati, kamu bisa memasak sendiri di rumah.

Bumbu:

  • 18 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 ½ sdm garam
  • 2 sdt terasi bakar
  • 5 cabai rawit
  • 3 batang serai
  • 6 kemiri
  • 4 cm jahe
  • 6 cm kencur
  • 6 cm kunyit
  • 5 daun jeruk purut
  • 3 sdm minyak goreng

Cara membuat:

  1. Setelah semua siap, saatnya memasak. Haluskan semua bumbu diatas kecuali minyak goreng, setelah halus baru campurkan minyak.
  2. Oleskan bumbu pada bebek yang sudah disiapkan sebelumnya secara merata, lalu sisipkan sisa bumbu ke bagian dalam perut bebek. Tutup bagian yang terbuka lalu bungkus dengan daun pisang.
  3. Kukus bebek selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, panggang bebek yang telah di kukus. Pemanggangan bisa dilakukan dengan dua cara: menggunakan bara api atau oven yang telah dipanaskan dalam temperatur sekitar 180ºC. Proses ini memakan waktu antara ½ sampai 1 jam.

4. Pengen yang segar-segar? Coba jajal masak sop kaki

5 Resep Masakan Indonesia yang Cocok Buat Taklukkan Calon Mertuavidio.com

Sop kaki sapi ini selain enak, pastinya segar dan cocok sekali disajikan saat musim hujan seperti sekarang ini. Penasaran cara masaknya? Yuk, simak!

Bahan:

  • 750-850 g kaki sapi atau biasa disebut kikil
  • air secukupnya untuk kuah
  • 100 ml susu cair
  • 2 butir cengkih
  • pala secukupnya
  • 4 cm jahe
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 sdm kecap manis
  • garam secukupnya
  • minyak samin
  • tomat, air jeruk limau, batang seledri, bawang goreng untuk pelengkap

Cara membuat:

  1. Mula-mula, rebus kikil atau kaki sapi bersama dengan 2 butir cengkih, 5 cm kayu manis, pala halus seujung sendok teh, dan 4 cm jahe yang sudah dimemarkan.
  2. Rebus kikilnya sampai lunak, tapi jika anda tidak mau lama-lama memasak kikil, bisa dimasak menggunakan panci presto.
  3. Setelah lunak dan empuk, jangan lupa untuk menambahkan susu putih full cream atau tanpa gula, setengah sendok teh merica bubuk putih, 2 sendok makan kecap manis, dan garam secukupnya.
  4. Tambahkan pula minyak samin dan air jeruk limau agar aroma kuah menjadi lebih segar. Aduk-aduk sebentar dan jika rasa kuah sudah pas bisa langsung diangkat.

Sajikan sop dengan taburan potongan tomat, seledri, dan bawang merah goreng.

5. Kalau bosan sama soto yang biasanya, cobain yuk masak soto tangkar

5 Resep Masakan Indonesia yang Cocok Buat Taklukkan Calon Mertuafood.detik.com

Soto ini dikenal dengan isinya yang berupa jerohan atau iga sapi, dengan kuah kuning kental kemerahan. Rasanya nikmat banget lho guys!

Bahan:

  • 1 kg jerohan sapi
  • 2 lembar daun salam
  • 2 liter santan parutan kelapa
  • 2 batang sereh, ambil pangkal putihnya, lalu memarkan

Bumbu halus:

  • 3 biji cabe merah
  • 10 biji cabe rawit
  • 3 cm jahe
  • 4 cm lengkuas
  • 6 cm kunyit
  • 5 biji kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 sdm merica
  • 12 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Bawang goreng, seledri, daun bawang, jeruk limau, kecap manis untuk pelengkap

Cara membuat:

  1. Rebuslah iga atau jerohan sapi dengan sereh, daun salam dan santan cair hingga   mendidih.
  2. Haluskan bahan atau bumbu halus. Lalu masukkan ke dalam rebusan jerohan atau iga sapi.
  3. Masaklah dengan api kecil hingga jerohan atau iga empuk.
  4. Cicipi kuahnya untuk memastikan campuran bumbu sudah pas.
  5. Angkat dan sajikan ke dalam mangkuk. Taburi dengan bahan pelengkap.

Nah, dari 5 resep di atas, mana nih yang mau kamu coba buat menggaet calon mertua? Selamat mencoba ya girls!

Baca Juga: 5 Resep Es Krim Rumahan Tanpa Mixer, Gampang Dibuat dan Murah

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

19
MEI
2019
14 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 19 May 2019 13:00:10

Progress: 729.802 dari 813.350 TPS (89.72792%)

Just For You