Resep Kubis Isi Mie Sohun ala Jepang, Makin Umami dan Oishii!

Isiannya terdapat mie sohun dan daging cincang yang lezat

Kubis isi mie sohun dikenal sebagai "golumpki" dalam masakan Polandia dan "golabki" dalam masakan Ukraina. Hidangan ini populer di banyak budaya, termasuk Jepang. Kubis isi mie sohun ala Jepang ini adalah salah satu hidangan yang lezat yang dapat memuaskan perut.

Dalam hidangan ini, kubis yang lembut dibungkus dengan isian mie sohun yang gurih dan daging cincang. Isiannya kombinasi rasa yang kaya dengan tekstur yang sangat lezat. Yuk, simak cara membuatnya dengan bumbu ala Jepang agar lebih umami!

Bahan Membuat Kubis Isi Mie Sohun

Resep Kubis Isi Mie Sohun ala Jepang, Makin Umami dan Oishii!ilustrasi merebus kubis (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. Daun kubis 6-8 lembar
  2. 150 gr daging cincang (sapi, babi, atau ayam)
  3. 50 gr bawang bombai
  4. 30 gr mie sohun
  5. Garam dan merica
  6. Sejumput pala
  7. Sejumput all-spice (merica jamaika)

Bahan kuah:

  1. 200 gr tomat
  2. 100 ml air
  3. 1,5 sdm saus tomat
  4. 1 sdm saus tonkatsu
  5. 0,5 sdm kecap inggris
  6. 1 sdt gula
  7. 1 sdt consomme (kaldu instan)

Cara Membuat Kubis Isi Mie Sohun

Resep Kubis Isi Mie Sohun ala Jepang, Makin Umami dan Oishii!ilustrasi isian kubis sebelum dicampur (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. Langkah pertama adalah merebus mie sohun sesuai petunjuk di kemasan. Setelah direbus, sebaiknya mencucinya dengan air dingin untuk menghentikan proses memasak dan mencegah agar tidak terlalu lembek. Dengan cara ini, tekstur mie sohun akan tetap kenyal dan tidak lengket.
  2. Selanjutnya, siapkan daun kubis dengan cara membuang bagian tengahnya dan memisahkan daun satu per satu. Kemudian, rebus daun kubis dalam air mendidih dan biarkan dingin sejenak. Proses merebus daun kubis ini akan membuatnya menjadi lebih fleksibel dan mudah untuk digulung nantinya.
  3. Persiapkan bawang bombai yang sudah dicincang halus serta mie sohun yang sudah direbus. Dalam sebuah mangkuk besar, campurkan daging cincang dengan bawang bombai, mie sohun, serta tambahan garam, merica, pala, dan merica jamaika sesuai selera.
  4. Aduk semua bahan hingga tercampur secara merata dan bumbu terdistribusi dengan baik. Pastikan untuk menguleni isian dengan baik agar tekstur isian menjadi padat dan aromanya meresap sempurna.
  5. Setelah itu, ambil daun kubis yang sudah direbus dan letakkan isian di bagian tengahnya. Gulung daun kubis dengan rapat sehingga isian tertutup sempurna di dalamnya.
  6. Susun gulungan kubis isi dengan rapi di dalam panci, pastikan untuk meletakkannya dengan sisi lipatan menghadap ke bawah agar tidak terbuka saat proses memasak.
  7. Langkah terakhir adalah menyiapkan saus. Campurkan tomat yang sudah dihaluskan bersama air, saus tomat, saus tonkatsu, kecap inggris, gula, dan kaldu instan dalam sebuah mangkuk.
  8. Aduk semua bahan hingga tercampur secara merata. Setelah itu, tuangkan saus yang sudah dipersiapkan ke dalam panci yang berisi gulungan kubis.
  9. Masak dengan api kecil selama sekitar 30 menit hingga kubis lunak dan bumbu saus meresap dengan baik ke dalam. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan hidangan kubis isi mie sohun ala Jepang yang lezat.

Baca Juga: Resep Kubis Gulung Aci yang Viral, Cocok untuk Camilan di Rumah!

Tips Membuat Kubis Isi Mie Sohun

Resep Kubis Isi Mie Sohun ala Jepang, Makin Umami dan Oishii!ilustrasi memasak kubis isi mie sohun (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. Gunakan daging yang sesuai dengan preferensi, seperti daging sapi, babi, atau ayam. Pastikan untuk memilih daging yang memiliki sedikit lemak agar hasilnya lebih sehat dan tidak terlalu berminyak.
  2. Untuk mendapatkan tekstur yang lebih menarik, tambahkan sayuran lain ke dalam isian seperti wortel parut atau jamur yang dicincang halus. Bahan-bahan ini akan memberikan tambahan rasa dan tekstur yang beragam.
  3. Jika tidak memiliki all-spice, kamu bisa menggunakan campuran rempah-rempah lain sebagai penggantinya. Sebagai contoh, kamu bisa mencampurkan sejumput bubuk pala, bubuk kayu manis, dan sejumput bubuk cengkeh untuk mendapatkan rasa yang mirip.
  4. Saus tonkatsu memiliki rasa manis dan sedikit asam yang khas. Jika tidak memiliki saus tonkatsu, kamu bisa membuat penggantinya dengan mencampurkan saus tomat dengan sedikit gula dan sedikit cuka atau cuka beras. Rasa manis dan asam dari campuran ini akan memberikan efek yang mirip dengan saus tonkatsu.
  5. Ketika merebus kubis, pastikan untuk tidak merebus terlalu lama agar kubis tidak terlalu lembek dan masih bisa digulung dengan mudah. Setelah merebus, kamu juga bisa merendamnya dalam air dingin agar proses pemasakan berhenti dan kubis menjadi lebih mudah untuk digulung tanpa risiko sobek.

Semoga hidangan ini menjadi sajian favorit bagi kamu dan keluarga. Rasanya lezat dan bisa dinikmati siapa saja. Jangan lupa terapkan tips-tipsnya, ya!

Baca Juga: Resep Kubis Quesadilla, Cemilan Sore yang Nikmat 

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

・ʚ gastronomi, every recipe has tips ɞ・

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Ken Ameera

Berita Terkini Lainnya