Comscore Tracker

6 Jenis Sayuran yang Dapat Diolah Menjadi Menu Tempura, Yuk Coba!

Selain sehat, rasanya juga lezat

Biasanya mungkin kamu hanya mengetahui pemanfaatan udang sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk membuat tempura. Padahal, faktanya tak hanya udang saja lho yang dapat kamu olah menjadi tempura. Terdapat pula beberapa jenis sayuran yang dapat menjadi opsi lainnya. Oleh sebab itu, para vegetarian juga tetap dapat menikmati tempura.

Untuk kamu yang penasaran apa saja jenis sayuran yang dapat kamu manfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan tempura, berikut enam daftarnya!

1. Terong

6 Jenis Sayuran yang Dapat Diolah Menjadi Menu Tempura, Yuk Coba!ohmydish.com

Sudah bukan rahasia umum bila memang terung sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat tempura. Terung juga dapat menjadi ide camilan sehat ketika diolah dengan cara yang tepat. Kamu cukup hanya dengan memotong terung secara bulat dengan potongan yang sesuai agar tidak mudah rapuh. Celupkan terung ke tepung dan gorenglah hingga keemasan.

2. Bayam

6 Jenis Sayuran yang Dapat Diolah Menjadi Menu Tempura, Yuk Coba!onegreenplanet.org

Tak hanya dapat disantap dengan bentuk berkuah, namun bayam juga dapat dinikmati melalui keripik yang renyah dan lezat. Bayam dapat dipisahkan dengan tangkainya dan dicelupkan pada tepung. Untuk selanjutnya, kamu dapat menggorengnya hingga berwarna keemasan.

3. Brokoli

6 Jenis Sayuran yang Dapat Diolah Menjadi Menu Tempura, Yuk Coba!realfood.tesco.com

Sebagai salah satu makanan super yang memiliki citra yang sangat elegan, brokoli juga dapat kamu manfaatkan sebagai bahan untuk membuat tempura. Cukup dengan memotongnya kecil-kecilnya dan celupkan pada tepung. Setelah itu gorenglah hingga keemasan dan tempura sehat, serta lezat pun siap dinikmati.

Baca Juga: Resep Shrimp Roll Bento ala Yummy, Gak Kalah Enak dari Restoran Jepang

4. Kembang kol

6 Jenis Sayuran yang Dapat Diolah Menjadi Menu Tempura, Yuk Coba!eatsmarter.com

Tak mau kalah dengan brokoli, kembang kol juga dapat dijadikan opsi terbaik lho untuk kamu yang ingin membuat tempura. Kembang kol dapat diolah dengan teknik yang sama seperti brokoli, yaitu dengan dipisahkan dari batangnya dan dipotong kecil-kecil. Celupkan ke dalam terigu dan goreng hingga keemasan.

5. Buncis

6 Jenis Sayuran yang Dapat Diolah Menjadi Menu Tempura, Yuk Coba!foodrepublic.com

Tak cuma sayuran berdaun lho yang dapat diolah menjadi tempura, bahkan buncis saja dapat menjadi salah satu bahannya. Kamu hanya perlu memisahkan serat pada buncis, selanjutnya potong-potong buncis sesuai ukuran sekali makan dan celupkan ke dalam terigu. Kemudian, goreng lah buncis hingga keemasan.

6. Wortel

6 Jenis Sayuran yang Dapat Diolah Menjadi Menu Tempura, Yuk Coba!taste.com.au

Wortel terkenal dengan cita rasanya yang manis dan gurih, tak heran bila kemudian wortel dimanfaakan sebagai bahan dari pembuatan tempura. Wortel dapat kamu olah dengan cara memotongnya menjadi empat bagian secara memanjang. Berbeda dengan yang lain, kamu harus merebus wortel terlebih dahulu, sebelum kemudian mencampurkan dengan terigu dan menggorengnya hingga keemasan.

Nah, beberapa jenis sayuran di atas dapat menjadi inspirasi untukmu yang ingin membuat tempura dengan cara yang berbeda. Kamu lebih suka tempura jenis apa nih?

Baca Juga: 5 Jenis Gorengan dari Berbagai Negara di Dunia, Gak Cuma di Indonesia!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya