Comscore Tracker

5 Tips Memilih Tauco sebelum Membeli yang Wajib Kamu Perhatikan

Kegemaran masyarakat Indonesia nih

Tauco adalah sejenis makanan yang terbuat dari kedelai yang telah melalui proses perebusan, penghalusan, dan pengadukan dengan menggunakan tepung terigu, lalu dibiarkan hingga tumbuh jamur. Proses inilah disebut dengan fermentasi yang mana proses ini memerlukan perendaman dengan air garam, lalu dijemur dibawah terik matahari hingga mengeluarkan aroma khas tauco dan berubah warna menjadi kecokelatan. Tauco memang memiliki aroma yang khas. Namun aroma ini akan berubah menjadi harum saat ditumis. Namun, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara memilih dan mengolah tauco yang baik?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih dan mengolah tauco sehingga tetap terjamin kualitasnya, simak yuk apa aja tips memilih tauco sebelum membelinya !

1. Pilih yang aromanya harum

5 Tips Memilih Tauco sebelum Membeli yang Wajib Kamu Perhatikantravelingyuk.com

Sebelum kamu membeli tauco, kamu dapat memastikan kualitas dari tauco terlebih dahulu melalui aroma yang dihasilkan. Aroma tauco yang bagus memiliki ciri khas tersendiri, berbeda dengan tauco yang memiliki aroma asam, apek, apalagi aroma yang aneh.

Jika tauco yang kita beli memiliki aroma yang tidak biasa, maka hal tersebut dapat menjadi indikasi bahwa tauco tersebut memiliki kualitas yang kurang baik.

2. Perhatikan warna dari tauco

5 Tips Memilih Tauco sebelum Membeli yang Wajib Kamu Perhatikanmaangchi.com

Selanjutnya yang dapat kita perhatikan adalah warna yang dihasilkan dari tauco.

Warna khas tauco adalah cokelat gelap kemerahan. Tentunya ini menjadi indikasi bahwa tauco dalam kondisi dan kualitas yang baik. Sementara apabila kamu membeli tauco yang sudah berubah warna, maka akan lebih baik apabila berhati-hati. Warna yang berubah dari tauco dapat menjadi indikasi bahwa kualitas tauco telah menurun.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jagung yang Berkualitas dan Segar untuk Dikonsumsi

3. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

5 Tips Memilih Tauco sebelum Membeli yang Wajib Kamu Perhatikanparade.com

Jika kamu membeli tauco secara instan di toko swalayan atau pasar, pastikan bahwa masih tertera tanggal kedaluwarsanya karena itu merupakan salah satu hal yang paling penting.

Pastikan bahwa tauco masih memiliki batas kedaluwarsa yang panjang sehingga aman untuk dikonsumsi. Laporkan pada pihak toko apabila kamu menemukan tauco yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya.

4. Tips memasak menggunakan tauco

5 Tips Memilih Tauco sebelum Membeli yang Wajib Kamu Perhatikanpimentious.com

Saat kamu memasak sesuatu menggunakan tauco, tips penting yang dapat kamu lakukan adalah dengan menumis tauco terlebih dahulu sebelum memasukkan rempah ataupun komposisi lainnya. Hal ini karena saat proses penumisan, aroma dari makanan dapat tercium secara langsung sehingga semakin wangi dan lezat untuk dikonsumsi.

5. Simpan di wadah yang tertutup rapat

5 Tips Memilih Tauco sebelum Membeli yang Wajib Kamu Perhatikansushisushi.co.uk

Sama halnya dengan bahan makanan lainnya, kamu tidak dapat menyimpan tauco terlalu lama juga karena akan menaikan kadar garam di dalamnya.

Sementara itu, kamu dapat menyimpan tauco di wadah kedap udara atau yang telah tertutup rapat untuk menghindari zat-zat yang berasal dari udara yang nantinya dapat menurunkan kualitas tauco. Kamu juga dapat menyimpannya di lemari pendingin atau kulkas.

Nah, 5 tips di atas dapat kamu lakukan sebelum membeli dan mengolah tauco agar dapat menikmati tauco secara lezat. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Tips Memilih dan Konsumsi Makanan Kaleng Agar Aman, Perhatikan Ya!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya