Comscore Tracker

Resep Cheese Scones, Sajian Kue Kering yang Rasanya Cheesy Banget

Cocok buat sarapan pagi sambil minum teh! 

Scones merupakan salah satu kue kering klasik khas Inggris yang bercita rasa manis dengan bentuk bulat seperti roti. Umumnya, kue ini kerap kali disajikan untuk teman minum teh di sore hari. 

Cara bikinnya pun cukup mudah. Apalagi scones juga cocok dikreasikan dengan beraneka topping, salah satunya keju. Kamu tertarik bikin cheese scones ala rumahan? Yuk, coba resepnya di bawah ini. 

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Cheese Scones, Sajian Kue Kering yang Rasanya Cheesy Bangetilustrasi tepung dan telur (pexels.com/FloraWestbrook)

Bahan-bahan:

  • 350 gram tepung protein sedang 
  • 10 gram baking powder (optional) 
  • 5 gram garam
  • 30 gram gula pasir
  • 125 gram mentega tawar dingin 
  • 1 butir telur
  • 120 ml susu cair dingin
  • 1/2 perasan jeruk nipis
  • 150 gram keju parut 
  • 6 lembar smoked beef
  • Kuning telur secukupnya (polesan) 

2. Masak smoked beef hingga matang

Resep Cheese Scones, Sajian Kue Kering yang Rasanya Cheesy Bangetilustrasi memanggang daging (unsplash.com/James Sutton)

Pertama, potong smoked beef menjadi bagian kecil-kecil. Panaskan minyak di atas teflon, lalu masak smoked beef hingga matang. Diamkan hingga dingin. 

Siapkan susu cair dingin untuk membuat butter milk. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam susu. Aduk hingga rata. Lalu, simpan di dalam kulkas. 

Baca Juga: Resep Avocado Milk Cheese, Dessert Sehat yang Segar dan Mudah Dibuat 

3. Campurkan bahan untuk adonan scone

Resep Cheese Scones, Sajian Kue Kering yang Rasanya Cheesy BangetIlustrasi mencampur bahan (pexels.com/id-id/@nicole-michalou

Campurkan tepung, gula, garam, dan baking powder. Aduk hingga rata. Tambahkan mentega tawar, lalu aduk dengan pastry cutter hingga teksturnya seperti pasir. 

Masukkan smoked beef dan parutan keju ke dalam adonan. Kemudian, tambahkan telur dan buttermilk. Aduk hingga rata dengan spatula. 

4. Pipihkan adonan hingga ketebalan 3 cm

Resep Cheese Scones, Sajian Kue Kering yang Rasanya Cheesy BangetIlustrasi memipihkan adonan(pexels.com/@katerina-holmes)

Pastikan semua adonan sudah tercampur rata, ya. Usahakan jangan mengaduk adonan terlalu lama karena teksturnya akan menjadi keras. 

Kemudian, letakkan adonan di atas alas pembuat roti. Jangan lupa taburi dengan tepung agar tida lengket. Uleni sebentar hingga adonan menyatu, lalu pipihkan. Kurang lebih hingga ketebalan 3 cm. 

5. Panggang di dalam oven hingga matang

Resep Cheese Scones, Sajian Kue Kering yang Rasanya Cheesy Bangetilustrasi memanggang dalam oven (pexels.com/cottonbro)

Selanjutnya, potong adonan dengan cetakan bulat. Untuk diameternya, sesuaikan dengan seleramu, ya. Lalu, susun di atas loyang. 

Olesi permukaan scones dengan kuning telur. Kemudian, panggang di dalam oven dengan suhu 190 derajat Celsius selama 20-30 menit. Jika sudah matang, angkat dan sajikan! 

Itulah resep praktis untuk membuat cheese scones. Sajian ini cocok buat kamu yang biasa menikmati waktu santai sambil ngeteh maupun ngopi, terutama bagi pecinta keju, nih.

Baca Juga: Resep Grilled Cheese Caramelized Onion, Sandwich Andalan!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya