Comscore Tracker

Resep Garlic Cheese Oatmeal Bread yang Empuk, Awas Ludes dalam Sekejap

Teksturnya lembut dan berserat

Bagi pejuang diet, oatmeal sudah pasti jadi menu andalan buat sarapan pagi, nih. Selain nikmat dikreasikan dengan beraneka buah, kamu juga bisa membuat oatmeal jadi cemilan lezat, lho.

Ya, garlic cheese oatmeal bread cocok banget buat sarapan pagi maupun teman ngemil sehat biar gak bosan. Bahannya pun cukup mudah didapat dan bikinnya gak ribet. Yuk, cobain resepnya. 

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Garlic Cheese Oatmeal Bread yang Empuk, Awas Ludes dalam Sekejapilustrasi bahan untuk adonan (pexels.com/Klaus Nielsen)

Bahan A: 

  • 30 gram oatmeal instan
  • 125 gram susu cair full cream

Bahan B:

  • 265 gram terigu protein tinggi
  • 25 gram gula pasir/kastor
  • 4 gram ragi instan
  • Bubur oatmeal yang sudah dimasak
  • 120-130 ml susu cair, tuang perlahan jangan sampai adonan terlalu cair

Bahan C:

  • 25 gram unsalted butter
  • 4 gram garam

2. Uleni adonan hingga kalis

Resep Garlic Cheese Oatmeal Bread yang Empuk, Awas Ludes dalam Sekejapilustrasi menguleni adonan (unsplash.com/@kiboka)

Pertama, masak terlebih dahulu oatmeal dan susu full cream hingga mengental dan menjadi bubur. Lalu, tunggu hingga dingin dalam suhu ruang. 

Masukkan semua bahan B ke dalam wadah. Lalu, campur menggunakan mixer dengan kecepatan 4-5 hingga adonan kalis. Lalu, tambahkan bahan C. Uleni kembali hingga adonan elastis. 

Baca Juga: Resep Oatmeal Vegan ala Jennifer Bachdim, Sarapan Sehat dan Praktis

3. Diamkan adonan hingga mengembang

Resep Garlic Cheese Oatmeal Bread yang Empuk, Awas Ludes dalam Sekejapilustrasi mengistirahatkan adonan (pexels.com/Felicity Tai)

Pastikan adonan sudah benar-benar menyatu, lalu timbang adonan sama rata. Berat masing-masing adonan 30 gram atau sesuaikan seleramu, ya. 

Lalu, rounding hingga mulus. Siapkan loyang yang sudah dialasi kertas baking. Susun adonan di atasnya, lalu istirahatkan selama 30-40 menit. 

4. Beri isian, lalu diamkan kembali

Resep Garlic Cheese Oatmeal Bread yang Empuk, Awas Ludes dalam Sekejapilustrasi menggilas adonan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika adonan sudah mengembang, gilas pipih dengan rolling pin. Lalu, berilah isian keju cheddar atau spread sesuai seleramu, ya. 

Bulatkan kembali adonan dan pastikan keju cheddar sudah terbungkus sempurna di dalamnya. Susun adonan dalam loyang. Ulangi hingga adonan habis. Diamkan kembali hingga mengembang. 

5. Panggang roti hingga matang

Resep Garlic Cheese Oatmeal Bread yang Empuk, Awas Ludes dalam Sekejapilustrasi memanggang kue (freepik.com/ArthurTersembunyi)

Sembari menunggu adonan mengembang, buat butter garlic untuk olesan. Bungkus bawang putih dan minyak dengan alumunium voil. Panggang hingga bawang lunak. Lalu, haluskan bawang putih dan campur rata dengan bahan lainnya. 

Selanjutnya, jika adonan sudah mengembang, olesi dengan butter garlic di permukaannya. Panggang dalam suhu api atas 175 derajat Celsius dan suhu api bawah 190 derajat Celsius selama 25 menit atau sesuaikan dengan oven yang kamu miliki. Jika sudah matang, keluarkan roti dan matikan oven. 

Cocok banget untuk selingan ngemil yang bikin kenyang di perut. Jadi gak perlu khawatir bikin diet-mu gagal, ya. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Resep Oatmeal Peanut Butter yang Praktis, Menu Andalan untuk Sarapan!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya