Comscore Tracker

Resep Kue Lumpur Ubi Ungu yang Legit, Menu Takjil Berbuka yang Nikmat!

Inspirasi berbuka dengan sajian bercita rasa manis

Kamu pasti cukup sering menjumpai jajanan tradisional ini di pasar, bukan? Yup, kue lumpur merupakan kue basah khas Betawi yang berbahan dasar tepung terigu, kentang dan santan. 

Kue bercita rasa manis ini punya beragam varian dalam perpaduan bahan utamanya. Buat kamu yang pengen mencoba kreasi dari kue lumpur ini, yuk coba resep kue lumpur ubi ungu yang gak kalah legit satu ini. 

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kue Lumpur Ubi Ungu yang Legit, Menu Takjil Berbuka yang Nikmat!ilustrasi ubi ungu (lovewholesome.com)

Bahan-bahan :

  • 250 gram ubi ungu, kukus
  • 200 ml santan kental
  • 125 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 50 gram mentega cair
Bahan topping :
  • keju atau kismis secukupnya (sesuaikan selera) 

2. Kukus ubi ungu hingga matang, lalu haluskan

Resep Kue Lumpur Ubi Ungu yang Legit, Menu Takjil Berbuka yang Nikmat!ilustrasi mengukus ubi (maangchi.com)

Pertama, cuci terlebuh dahulu ubi ungu yang akan di kukus hingga bersih. Siapkan panci steamer berisikan air. Panaskan air hingga benar-benar mendidih. 

Masukkan ubi ungu ke dalam panci steamer. Kukus hingga matang selama 30 menit. Jika teksturnya sudah lunak, tunggu beberapa saat hingga dingin. Lalu, kupas ubi ungu dari kulitnya. 

Baca Juga: 5 Resep Es Krim Rumahan, Bikinnya Sederhana dan Pas untuk Takjil

3. Campurkan bahan untuk adonan kue

Resep Kue Lumpur Ubi Ungu yang Legit, Menu Takjil Berbuka yang Nikmat!ilustrasi membut adonan (budgetbytes.com)

Pertama, ayak terlebih dahulu tepung terigu menggunakan saringan. Hal ini bertujuan agar tekstur adonan kue nantinya lebih lembut dan tidak menggumpal. 

Kemudian, masukkan telur, gula pasir, garam, dan skm ke dalam wadah. Aduk merata dengan mixer. Tambahkan tepung terigu ke dalam adonan. Aduk kembali hingga tercampur rata. 

4. Masukkan ubi ungu ke dalam adonan

Resep Kue Lumpur Ubi Ungu yang Legit, Menu Takjil Berbuka yang Nikmat!ilustrasi membuat adonan (asianfoodnetwork.com)

Pastikan adonan sudah rata dan tidak ada gumpalan. Kemudian, haluskan ubi ungu  menggunakan garpu atau food processor hingga teksturnya benar-benar lembut. 

Campurkan ubi ungu dan santan ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur merata. Pastikan ubi ungu larut sempurna ke dalam adonan. Kamu juga bisa menambahkan pewarna jika perlu. 

5. Panggang kue lumpur hingga matang

Resep Kue Lumpur Ubi Ungu yang Legit, Menu Takjil Berbuka yang Nikmat!ilustrasi memanggang adonan (thevanillabeanblog.com)

Jika adonan sudah tercampur rata, saatnya panggang di atas cetakan. Olesi terlebih dahulu cetakan dengan minyak goreng agar nantinya adonan lebih mudah terlepas. 

Tunggu beberapa saat hingga cetakan mulai panas. Masukkan adonan ke dalamnya. Panggang adonan kue lumpur dengan api kecil agar tidak mudah gosong. 

Tambahkan topping di atasnya sesuai selera. Kemudian, tutup cetakan agar adonan matang sempurna. Jika bagian permukaannya sudah matang, angkat dan sajikan. 

Ada banyak kreasi yang bisa kamu buat dari olahan kue lumpur ini, lho. Dijamin rasanya juga gak kalah nikmat. Selamat mencoba! 

Baca Juga: 5 Resep Gorengan untuk Takjil Buka Puasa, Rasanya Bikin Ketagihan

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya