Comscore Tracker

4 Resep Olahan Kakul Khas Kuliner Bali Ini Dijamin Bikin Ketagihan

#MasakItuGampang #RamadanMasaKini Hayo, apa itu kakul? Semeton Bali pasti udah tahu

Sudah tidak perlu diragukan lagi, selain merupakan tempat wisata yang luar biasa indah, Bali juga punya banyak wisata kuliner yang begitu menggiurkan. Seperti kakul ini. Ya betul, kakul atau biasa dikenal dengan siput sawah ini, menjadi kuliner khas Bali yang banyak diburu para wisatawan lho.

Seperti apa sih rasanya makan siput? Kalau dibayangin memang agak sedikit menggelikan. Tapi soal rasa, kamu tak perlu khawatir! Rasanya super duper gurih nan lezat! Dijamin bikin ketagihan.

Nah dari pada jauh-jauh ke Bali, yuk tengok empat resep olahan kakul khas Bali berikut.

1. Satai kakul bumbu kacang

4 Resep Olahan Kakul Khas Kuliner Bali Ini Dijamin Bikin Ketagihantwitter.com/tjendanaresto

Nah, ini nih yang paling terkenal di Bali, satai kakul bumbu kacang. Menu satu ini cukup gampang untuk ditemukan di beberapa restoran maupun hotel di Bali lho. Banyak banget wisatawan yang menyukai satai satu ini.

Kalau soal rasa, tekstur daging serta rasanya mirip perpaduan daging ayam dan kerang laut. Pokoknya super yummy deh. Lantas, bagaimana cara membuat satai kakul bumbu kacang?

Pertama, cuci kakul dengan air agar bersih dari tanah atau lumpur. Setelah itu rebus air hingga mendidih, lalu masukkan kakul tadi ke dalam panci berisi air mendidih. Tambahkan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari kakul.

Rebus kakul kira-kira selama 15 menit. Pastikan kakul sudah keluar dari cangkangnya. Setelah 15 menit, tiriskan kakul dan pastikan kembali bahwa seluruh kakul sudah terlepas.

Apabila belum, kamu bisa menggunakan sendok ataupun garpu untuk mencongkelnya. Setelah agak sedikit dingin, kamu bisa menusuk kakul itu pada lidi yang sudah bersih ya.

Selanjutnya adalah membuat bumbu. Siapkan kacang tanah yang sudah digoreng secukupnya atau sesuai selera, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, cabai sesuai selera, gula merah, kemiri yang sudah disangrai, garam, penyedap rasa (Bila diperlukan), jeruk limo, sedikit petis, merica bubuk, kecap dan bawang goreng.

Haluskan semua bahan bumbu kecuali bawang goreng dan jeruk limo hingga menjadi sangat halus. Kemudian tumis bumbu dengan minyak. Tambahkan sedikit air lalu aduk hingga mengental. Matikan api. Nah setelah bumbu siap, waktunya kamu memanggang sataimu. Jangan lupa dicelupkan sedikit ke bumbu yang tadi ya agar rasanya lebih nikmat.

Tadaaa... Satai kakul bumbu kacangmu siap disajikan. Jangan lupa ditambahkan bawang goreng dan sedikit perasan jeruk limo agar rasanya lebih sedap ya. Rasanya gurih, kan?

2. Gulai kakul

4 Resep Olahan Kakul Khas Kuliner Bali Ini Dijamin Bikin Ketagihanhttps://cookpad.com

Ada satai pasti ada gulai kan? Yup, dua pasangan makanan ini tidak dapat dipisahkan. Tak kalah terkenal dengan satai kakul, gulai kakul juga menjadi makanan yang tak boleh dilewatkan apabila kamu berkunjung ke Bali. Nah, mau tahu gimana caranya bikin masak gulai kakul? Yuk pantengin step berikut.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kakul, lalu merebusnya. Untuk menghilangkan bau amisnya, tambahkan perasan jeruk nipis. Sama persis seperti langkah pertama pembuatan satai kakul.

Setelah bersih dan direbus, tiriskan kakul dan masukkan kembali ke dalam panci berisi air bersih dan masak. Selanjutkan kita akan meracik bumbu untuk gulai tersebut.

Cara membuat bumbu gulai cukup mudah. Pertama-tama siapkan 10 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 2 cm kunyit, 1/4 sendok teh merica bubuk, 1 sendok makan ketumbar bubuk, 3 buah cabai merah besar, dan 15 buah cabai rawit hijau (Atau sesuai selera).

Haluskan semua bumbu dan setelah halus tumis bumbu hingga harum. Jangan lupa menambahkan daun salam agar wanginya semakin gurih. Setelah sedikit matang, masukkan tumisan bumbu tadi ke dalam panci dan tambahkan garam, sedikit gula, dan penyedap rasa (Sesuai selera). Masak hingga matang dan gulai kakul siap disantap. Mudah, kan?

3. Satai kakul bumbu merah

4 Resep Olahan Kakul Khas Kuliner Bali Ini Dijamin Bikin Ketagihanwww.goodindonesianfood.com

Selain satai kakul bumbu kacang, di Bali juga terkenal dengan satai kakul bumbu merah. Apa yang membuat keduanya berbeda sih? Ya bumbunya. Selebihnya untuk cara pembuatannya hampir sama kok semua.

Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat bumbu ini antara lain 8 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 4 buah cabai merah, 3 buah cabai merah keriting, 3 butir kemiri, disangrai, 1/2 sendok teh terasi goreng, dan 1 buah tomat.

Haluskan seluruh bahan, lalu tumis dan tambahkan garam, gula, merica bubuk, dan sedikit penyedap rasa apabila dibutuhkan. Pastikan agar bumbu tersebut matang.

Pastikan membersihkan kakulmu terlebih dahulu, dan jangan lupa merebusnya. Setelah matang dan dingin, tusuk seluruh daging kakul, lalu kemudian dibakar. Sebelum dibakar, jangan lupa mencelupkan satai tadi ke dalam bumbu agar rasanya lebih gurih. Gampang bukan?

4. Kakul goreng rica-rica

4 Resep Olahan Kakul Khas Kuliner Bali Ini Dijamin Bikin Ketagihancookpad.com

The last but the most yummy, adalah kakul bumbu rica-rica yang super duper bikin ketagihan. Nah gimana sih cara buat kakul bumbu rica-rica?

Pertama-tama bersihkan kakul seperti langkah pertama semua resep di atas. Setelah direbus, gorenglah kakul hingga kering atau sesuai selera.

Cara membuat bumbu rica-rica adalah siapkan dulu 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 buah cabai merah, 7 buah cabai rawit (Atau sesuai selera), 2 butir kemiri, 1 sdt merica butir, 1 ruas kencur, 1 ruas kunyit, 2 ruas jahe geprek, 1 batang sereh, 2 ruas laos geprek, 1 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 1/2 sdt garam, 2 sdt kaldu jamur, dan 1 sdm gula.

Pertama-tama haluskan semua bumbu. Pastikan jangan terlalu halus. Tumis setengah matang, lalu masukkan daun salam dan daun jeruk agar aroma bumbu lebih sedap. Masukkan kakul yang sudah digoreng tadi ke dalam wajan berisi bumbu.

Tambahkan garam, gula dan sedikit kecap bagi kamu pencinta masakan manis. Jangan lupa aduk merata agar bumbu meresap sempurna. Setelah cukup matang matikan api dan tuangkan kakul rica-rica tadi pada wadah. Kakul rica-ricamu siap disajikan. Soal rasa? Dijamin bikin ketagihan deh.

Itu dia empat resep olahan kakul khas Bali yang luar biasa nikmat. Jangan lupa dicoba ya.

Yuni Prema Vahini Photo Verified Writer Yuni Prema Vahini

Si ambivert pecinta pantai dan bookshop

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya