TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Perut Bunyi saat Puasa? Belum Tentu Lapar Lho

Suara krucuk-krucuk disebabkan hal lain

ilustrasi gangguan pankreas (freepik.com/freepik)

Perut bunyi merupakan hal normal, terutama saat sedang lapar. Ketika puasa, perut bunyi atau keroncongan makin sering terjadi. Biasanya, perut bunyi krucuk-krucuk menjelang siang hari atau sore hari sebelum berbuka puasa.

Kita berpikir perut bunyi saat puasa akibat menahan lapar seharian. Namun, tahukah kamu bahwa penyebab perut bunyi saat puasa belum tentu karena lapar?

Inilah beberapa penyebab perut bunyi selama puasa. Simak, ya.

Arti perut bunyi, benarkah tanda lapar?

ilustrasi makan karena lapar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rasa lapar bisa jadi penyebab perut bunyi, termasuk perut bunyi saat puasa. Akan tetapi, gak semua perut bunyi disebabkan rasa lapar.

Dilansir Dr. Becky Fitness, rasa lapar adalah cara tubuh berkomunikasi yang sebetulnya didorong oleh hormon antara usus dan otak. Sementara itu, suara perut bisa jadi tanda sistem pencernaan sedang bekerja memproses asupan yang masuk setelah beberapa jam kita makan.

Saat sedang mencerna makanan, otot tubuh pada usus besar atau usus kecil akan berkontraksi. Inilah proses yang membuat tubuh kita mendapatkan nutrisi. Kontraksi otot ini bisa menimbulkan suara atau bunyi di perut.

Ketika dalam kondisi lapar, perut justru tidak dalam kondisi aktif. Otot tidak berkontraksi sehingga kecil kemungkinannya berbunyi.

Berdasarkan penjelasan ini, perut bunyi karena lapar tidak sepenuhnya benar. Apalagi, perut bekerja seperti membersihkan sisa isi di perut, baik makanan, cairan, lendir, atau bakteri.

Perutmu berbunyi, tapi belum tentu tanda lapar. Otot perutmu hanya sedang berkontraksi.

Baca Juga: Minuman saat Sahur agar Tidak Cepat Haus, Cegah Dehidrasi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya