TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Studi: Jus Buah Murni Terkait dengan Kenaikan Berat Badan

Buah paling sehat jika dikonsumsi utuh

ilustrasi jus buah segar (unsplash.com/Jugoslocos)

Minum satu gelas jus buah atau lebih setiap hari dikaitkan dengan penambahan berat badan, menurut studi dalam jurnal JAMA Pediatrics yang terbit pada 16 Januari 2024. Jus buah dalam penelitian ini adalah jus buah murni atau jus buah 100 persen tanpa tambahan gula.

Ini merupakan hasil dari hasil metaanalisis terhadap 42 studi. Para peneliti menemukan hubungan antara minum jus buah murni dengan berat badan dan tinggi badan di kalangan anak-anak dan dewasa.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Smoothie atau Jus?

Waspada obesitas

ilustrasi obesitas (freepik.com/Anastasia Kazakova)

Para responden melaporkan peningkatan 0,03 indeks massa tubuh (IMT) yang lebih tinggi setiap konsumsi jus buah murni per hari. Namun, nilai ini bervariasi karena pada usia yang lebih muda peningkatannya tampak lebih besar.

"Analisis kami menunjukkan bahwa anak-anak yang lebih kecil, berusia di bawah 11 tahun, menunjukkan peningkatan IMT yang lebih besar untuk setiap 8 ons (236 ml) tambahan porsi jus murni per hari dibandingkan dengan anak-anak yang lebih tua," tulis penelitian tersebut, dikutip dari CBS News.

Namun, bukan berarti kamu dilarang untuk minum jus buah murni setiap hari. Hanya saja, para peneliti menyarankan agar lebih berhati-hati dalam menentukan jumlah yang dikonsumsi untuk mencegah kelebihan berat badan dan obesitas.

Potensi yang paling mungkin antara hubungan jus buah murni dengan berat badan ialah konsumsi kalori cair yang terbukti menghasilkan penambahan bobot tubuh dibandingkan dengan konsumsi kalori yang padat.

Belum lagi sifat buah yang sudah menjadi jus, hanya meninggalkan sedikit serat atau bahkan tidak sama sekali, dan hanya memberikan sedikit rasa kenyang.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya