TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Sindrom Down Sedunia 2024: Hilangkan Stereotipe!

Tema tahun ini adalah “End the Stereotypes"

ilustrasi Hari Sindrom Down Sedunia atau World Down Syndrome Day (IDN Times/Mardya Shakti)

Intinya Sih...

  • Tema Hari Sindrom Down Sedunia 2024 adalah "End the Stereotypes" untuk mengakhiri stereotipe yang merugikan dan membuat orang dengan sindrom Down disalahpahami, diremehkan, dan dikucilkan.
  • Stereotipe dapat menghambat perlakuan setara bagi orang dengan sindrom Down dan disabilitas intelektual, bahkan menyebabkan perlakuan buruk dan pengucilan.
  • Penting untuk menggunakan bahasa yang tepat dalam merujuk pada sindrom Down dan individu dengan kondisi tersebut.

Setiap tanggal 21 Maret, masyarakat global bergabung bersama untuk merayakan World Down Syndrome Day atau Hari Sindrom Down Sedunia.

Tema Hari Sindrom Down Sedunia 2024 adalah “End the Stereotypes”. Kenapa? Karena stereotipe akan menyebabkan kerugian besar, membuat orang-orang yang hidup dengan kelainan genetik ini disalahpahami, diremehkan, dan dikucilkan.

Stereotipe itu berbahaya

Bagi orang-orang dengan sindrom Down dan disabilitas intelektual, stereotipe dapat menghalangi mereka untuk diperlakukan seperti orang lain.

Sebagai akibatnya, mereka diperlakukan seperti anak-anak, diremehkan, dan dikucilkan. Dalam beberapa kasus, mereka bisa diperlakukan sangat buruk atau bahkan dianiaya, menurut Down Syndrome International.

Stereotipe adalah seperangkat gagasan yang dimiliki orang tentang seperti apa seseorang atau sesuatu.

Stereotipe bisa positif, negatif, atau netral, tetapi sering kali tidak akurat, atau bahkan salah!

Stereotipe sering kali didasarkan pada informasi atau pengalaman pribadi yang terbatas. Ini dapat diperkuat dengan cara sesuatu direpresentasikan dalam media atau pesan-pesan budaya.

Sekali terbentuk, stereotipe akan sulit untuk diubah.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya