TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Studi: Merebus Air Bisa Menghilangkan 90 Persen Mikroplastik

Dianggap sebagai metode sederhana namun efektif

ilustrasi merebus air (pexels.com/Anna Shvets)

Merebus air disarankan sebelum kamu mengonsumsi air yang diambil dari sumber yang berpotensi terkontaminasi.

Mendidihkan air dapat membunuh bakteri, virus, dan hampir semua kuman penyebab penyakit. Kini, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa merebus air juga bisa mengatasi salah satu kontaminan paling luas, yaitu mikroplastik.

Merebus air menghilangkan hampir 90 persen nanoplastik dan mikroplastik

Nanoplastik dan mikroplastik tampaknya ada di mana-mana, bisa pada air, tanah, dan udara.

Meskipun banyak strategi kreatif telah dicoba untuk menghilangkan serpihan plastik ini, tetapi salah satu solusi efektif tak terduga khususnya untuk membersihkan air adalah sesederhana merebus air sebelum mengonsumsinya.

Merebus dan menyaring air keran yang mengandung kalsium dapat membantu menghilangkan hampir 90 persen nanoplastik dan mikroplastik yang ada (Environmental Science & Technology Letters, 28 Februari 2024).

Kontaminasi nanoplastik dan mikroplastik dalam pasokan air, yang diameternya bisa sekecil seperseribu milimeter atau sebesar 5 milimeter, kini makin umum terjadi.

Dampak partikel-partikel ini terhadap kesehatan manusia masih dalam penyelidikan, meskipun penelitian saat ini menunjukkan bahwa menelannya dapat memengaruhi mikrobioma usus.

Beberapa sistem penyaringan air minum yang canggih menangkap nanoplastik dan mikroplastik, tetapi metode yang sederhana dan murah diperlukan untuk membantu mengurangi konsumsi plastik manusia secara signifikan.

Baca Juga: Apakah Air Beras Bagus untuk Perawatan Rambut?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya