TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anjuran dan Pantangan setelah Operasi Tulang Belakang

Agar kamu bisa pulih lebih cepat dan optimal

ilustrasi pasien berkonsultasi dengan dokter (freepik.com/freepik)

Jika kamu mempunyai suatu kondisi atau cedera yang memengaruhi tulang belakang dan mendapati bahwa perawatan non bedah hanya memberikan sedikit atau bahkan tidak perbaikan, maka operasi tulang belakang mungkin merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan.

Operasi tulang belakang bisa dipertimbangkan untuk orang-orang yang mengalami kelainan bentuk tulang belakang, infeksi tulang belakang, trauma, tumor tulang belakang, dan beberapa kondisi tulang belakang degeneratif, seperti stenosis dan herniasi diskus.

Pemulihan setelah operasi adalah kesempatan penting untuk merawat diri sendiri saat tubuh pulih. Setelah operasi tulang belakang atau tulang punggung, kamu perlu mendapatkan kembali mobilitas, kekuatan otot, fleksibilitas, dan rentang gerak.

Mengikuti anjuran dan pantangan setelah operasi tulang belakang dari tim perawatan bisa membantu kamu mencapai tujuan pemulihan dan sembuh dengan aman dan optimal.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Korset Penyangga Tulang Belakang Terbaik

Anjuran

ilustrasi pemulihan setelah operasi tulang belakang (freepik.com/freepik)

Pascaoperasi tulang belakang, kamu pasti akan diberi tahu tentang apa saja hal-hal yang perlu dilakukan selama masa pemulihan. Dilansir Desert Institute for Spine Care, berikut ini daftar anjuran setelah operasi tulang belakang.

  • Lakukan terapi fisik sesuai anjuran dokter

Terapi fisik sangat penting untuk proses pemulihan operasi tulang belakang. Terapi fisik pascaoperasi memiliki manfaat sebagai berikut:

    • Mengurangi rasa sakit dan peradangan.
    • Memperkuat otot.
    • Meminimalkan jaringan parut.
    • Mengurangi kekakuan sendi dan ketegangan otot.
    • Meningkatkan stabilitas tulang belakang.
    • Memperbaiki postur tubuh.

Terapi fisik juga membantu kamu belajar bagaimana bergerak dengan aman sehingga kamu dapat melakukan tugas sehari-hari tanpa cedera.

Berkomitmenlah pada terapi fisik dan ikuti instruksi ahli terapi fisik untuk mencapai pemulihan yang sukses, membangun kekuatan, dan mendapatkan kembali mobilitas.

  • Kendalikan gula darah

Pasien diabetes perlu memberikan perhatian ekstra terhadap kadar gula darahnya selama menjalani operasi dan menjaganya agar tetap stabil.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat mengganggu proses pemulihan dan penyembuhan luka. Kemungkinan infeksi meningkat dan efek samping yang lebih besar dapat terjadi jika kadar gula darah makin tinggi.

Kadar gula darah yang terlalu rendah juga bisa menimbulkan masalah.

  • Buat jurnal gejalanya

Proses penyembuhan pada setiap pasien akan berbeda-beda. Pemulihan akan bergantung pada jenis operasi yang kamu jalani dan potensi pembengkakan, misalnya.

Banyak faktor lain yang akan memengaruhi pemulihan dan lokasi serta jenis nyeri yang mungkin berkembang seiring berjalannya waktu.

Cara terbaik untuk melacak kemajuan pemulihan adalah dengan menentukan bagaimana dan apa yang kamu rasakan sebelum dan sesudah operasi. Ini bisa membantu mengidentifikasi potensi masalah serta memberikan informasi berguna saat kamu menemui dokter bedah untuk pertemuan tindak lanjut.

  • Tetap aktif

Pasien sering bertanya tentang jumlah jalan kaki yang harus mereka lakukan. Rekomendasi umum adalah berjalan pada jarak yang nyaman tanpa aktivitas berlebihan.

Jika kamu merasa lelah atau kesakitan selama atau setelah berjalan, itu artinya kamu melakukannya secara berlebihan dan kurangi intensitasnya saat berjalan kaki pada waktu lain. Dengarkan tubuh. Kamu mungkin ingin merencanakan rute dan mempertimbangkan suhu luar.

Aktivitas tegak dapat membantu mengurangi kemungkinan pembentukan bekuan darah, mengurangi gejala sembelit, dan membantu meningkatkan nafsu makan.

  • Jangan takut untuk menghubungi dokter

Hubungi dokter jika ada pertanyaan atau kekhawatiran apa pun. Milikilah jalur komunikasi terbuka dengan dokter kamu. Tim medis akan membantu memastikan kamu berada di jalur terbaik menuju penyembuhan dan pemulihan setelah operasi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya