TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Adakah Tanda Keguguran setelah Makan Nanas?

Enzim bromelain telah terbukti bisa menyebabkan keguguran

ilustrasi buah nanas (unsplash.com/Gabriel Yuji)

Perempuan hamil mungkin pernah dengar omongan orang bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran.

Nanas disebut-sebut bisa menginduksi persalinan dengan merangsang kontraksi hingga menginduksi persalinan pada akhir kehamilan, atau menyebabkan keguguran pada awal kehamilan.

Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa makan nanas bisa membahayakan kehamilan. Rumor ini hanyalah bersifat anekdot.

Baca Juga: Apakah Makan Makanan Pedas saat Hamil Menyebabkan Keguguran?

Apakah makan nanas bisa menyebabkan keguguran?

Nanas aman dikonsumsi dalam jumlah sedang selama kehamilan dan kandungan nutrisinya memberikan banyak manfaat. Pada dasarnya, buah adalah bagian penting dari pola makan kehamilan yang ideal, membantu janin mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Nanas bisa menyebabkan keguguran adalah mitos umum, yang kemungkinan besar terkait dengan kandungan enzim yang dimilikinya, yaitu bromelain (Biotechnology Research International, 2012).

Penelitian menemukan bahwa bromelain terutama ditemukan di batang dan inti nanas, bagian dari buah tersebut yang umumnya tidak dimakan. Dan, ini perlu dikonsumsi dalam dosis yang sangat tinggi untuk menimbulkan efek buruk selama kehamilan.

Jadi, mengonsumsinya dalam porsi normal tidak akan berpengaruh apa pun. Ini terutama berlaku karena orang hanya makan bagian daging buah, yang memiliki tingkat enzim yang relatif rendah.

Tablet bromelain tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan karena memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan pendarahan tidak normal.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya