Comscore Tracker

Akibat Sering Memakai Helm Kotor, dari Bisul hingga Bercak Merah

Hindari penggunaan pomade berlebih, rajin cuci helm berkala

Samarinda, IDN Times - Sepeda motor adalah salah satu moda transportasi andalan untuk menghindari kemacetan kota besar. Selain itu, kendaraan roda dua ini juga lincah, menuju tempat tujuan lebih cepat, karena dapat menembus jalan sempit serta mudah mendahului kendaraan lain.

Menunggangi kuda besi tentu tak lengkap bila menggunakan helm. Namun begitu, menggunakan pelindung kepala itu ada efek sampingnya terlebih jika dipakai dalam waktu lama. Misalnya, rambut lepek, kepala gatal hingga membuat kepala berbau.

Jika tak memerhatikan kebersihan helm bisa mengundang penyakit kulit lho! Tapi, jangan khawatir, berikut tip perawatan biar rambut tetap sehat.

1. Wajib memperhatikan kebersihan helm

Akibat Sering Memakai Helm Kotor, dari Bisul hingga Bercak MerahPexels.com/Giorgio de Angelis

Entah karena sibuk atau terlalu sepele, sebagian pengendara motor abai dengan kebersihan helm. Hasilnya, pelindung kepala ini dapat menjadi sarang penyakit bagi rambut. Rambut lepek karena keringat bikin penampilan kurang maksimal.

Jika tidak merawat kebersihan rambut dan helm akan menimbulkan penyakit pada kulit kepala. Apalagi kelenjar minyak pria jauh lebih banyak dibanding perempuan, jadi akan sering keringatan saat memakai helm,” ujar dr. Daulat, Sp.KK. saat ditemui di Kelmed Clinic Skin and Body Aesthethic, Samarinda.

Kata dia, debu jalanan dan keringat yang terserap di permukaan helm membuatnya kotor, hingga bakteri dan jamur dapat hidup bebas di dalamnya. Bisa dibayangkan rambut yang terus tertutup dengan pelindung kepala kotor

Hasilnya kuman terus hinggap di kulit kepala dan membuatnya mengeluarkan bau tidak sedap dan tidak nyaman dilihat,” terangnya.

Baca Juga: Terdengar Suara Ledakan dan Motor Susah Distarter? Ini Jawabannya

2. Keramas rutin dengan sampo dan kondisioner

Akibat Sering Memakai Helm Kotor, dari Bisul hingga Bercak Merahsimplexstyle.com

Helm kotor tidak hanya membuat rambut jadi berbau tak sedap, tetapi juga membuat kulit kepala iritasi dan alergi. Kulit rambut juga bakal berketombe, bersisik putih, yang dapat mengakibatkan kebotakan tidak merata kalau terus-menerus terjadi dan tidak dirawat dengan baik.

"Bercak kemerahan dan bisul juga muncul di kulit kepala,” tambah Daulat.

Sebab itu, dia menyarankan untuk menjaga kebersihan rambut setiap hari dengan keramas maksimal sekali dalam sehari jika rambut sudah cukup lepek dan tertutup helm dalam waktu yang lama. Bila keramas lebih dari itu, maka rambut juga akan kering dan rontok.

Jangan lupa dibarengi conditioner yang cukup untuk terus melembapkan,” terangnya.

3. Kurangi pemakaian pomade bila menggunakan helm

Akibat Sering Memakai Helm Kotor, dari Bisul hingga Bercak Merahfreehubmag.com

Ternyata, pemakaian pomade juga dapat membuat pelindung kepala kamu kotor. Minyak rambut dan pomade memang membuat tampilan lebih rapi dan klimis, namun minyak tersebut tidak baik untuk kebersihan helm.

"Pria yang sering memakai minyak rambut atau pomade lalu pakai helm otomatis minyak tersebut menyentuh bagian dalam helm. Sementara bekas pomade susah dibersihkan, jadi dia menempel di permukaan dalam helm dan membuat pelindung kepala tersebut kotor," tambah RozzyAhmad dari BeJO Barbershop Samarinda.

Solusinya adalah menjemur helm setiap habis pakai agar tidak lembap dan berbau tidak sedap.

Kemudian rutin mencuci helm sebulan sekali sangat dianjurkan,” pungkasnya.

Baca Juga: Filter Oli, si Mungil Penentu Umur Sepeda Motor

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya