TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kasus Positif Terus Meningkat, Hati-Hati di 5 Tempat Ini Ya!

Jangan sampai kita menjadi silent carrier virus

Shutterstock/Cat Box

Entah apakah saat ini kita masih memasuki fase new normal atau tidak, yang jelas jumlah kasus COVID-19 di Indonesia pun terus meningkat tapi aktivitas pun pelan-pelan akan kembali normal. Kita memang tidak menyalahkan siapa pun, tapi mawas diri pun harus dimiliki. Maka dari itu, untuk bantu kamu jaga diri selama pandemik, yuk waspadai lima lokasi ini!

1. Area lift

Shutterstock/new africa

 Area lift yang sempit dan minim sirkulasi udara menjadi lokasi yang patut diwaspadai. Selain sulit untuk jaga jarak, tombol lift yang sudah disentuh oleh puluhan hingga ratusan orang pun berpotensi menjadi tempat transit virus dan bakteri. Makanya, saran IDN Times, jangan gunakan jarimu untuk menekan tombol lift ya. Kalau pun terpaksa harus menggunakan jari atau bagian tangan lainnya, pastikan kamu cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh apa pun. 

2. Pantry dan kantin kantor

Shutterstock/mentatdgt

Pantry dan kantin di kantor sama halnya dengan lift. Lokasi ini dikunjungi oleh banyak orang dan benda-benda di dalamnya pun silih berganti digunakan oleh orang-orang. Contohnya seperti mesin kopi, dispenser, hingga tempat-tempat penyimpanan makanan. Selain itu, orang-orang akan melepas maskernya ketika makan dan minum.

Jadi, risikonya penularan jadi lebih tinggi lagi. Oleh karena itu, IDN Times sarankan kamu untuk makan di meja masing-masing, menggunakan alat makan sendiri, serta cuci tangan sebelum dan sesudah makan.

3. Rumah

Shutterstock/Backgroundy

Tahukah kamu, kini mulai bermunculan klaster rumah sebagai tempat penularan virus lho. Hal ini diakibatkan bakteri dan virus yang ikut 'pulang' bersama. Makanya, selain menjaga diri selama di luar rumah, IDN Times menyarankan untuk rutin membersihkan area rumahmu dengan cairan pembersih yang mengandung sodium hypochlorite minimal 0,1%. Sebab, senyawa ini telah direkomendasikan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) karena mampu membunuh virus corona dengan efektif.

Tenang, menemukan cairan pembersih yang mengandung sodium hypochlorite itu nggak sulit kok guys, karena kamu bisa menggunakan Wipol Bleach atau Vixal Bleach.

IDN Times/Wipol

Soalnya, kandungan sodium hypochlorite Wipol Bleach dan Vixal Bleach ini sudah di atas rekomendasi WHO lho. Jadi, ampuh banget untuk membunuh virus corona yang mungkin menempel di permukaan benda-benda yang sering kamu gunakan. Lalu, apa bedanya Wipol Bleach dan Vixal Bleach?

Shutterstock/PHOTOCREO Michal Bednarek

Nah, Wipol Bleach ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan permukaan benda-benda yang sering kamu sentuh di rumah, kantor, atau tempat-tempat umum. Sedangkan Vixal Bleach lebih cocok kamu gunakan untuk kebersihan area toilet. Jangan sampai tertukar ya guys, Wipol Bleach untuk rumah dan Vixal Bleach untuk toilet.

Jadi, yuk siap sedia cairan disinfektan dari Wipol Bleach atau Vixal Bleach untuk jaga kebersihan benda-benda yang sering kamu gunakan! Untuk informasi pembelian, bisa kamu temukan di sini ya!

4. Halte dan stasiun

Shutterstock/Patrick Foto

Halte dan stasiun sering dipadati oleh puluhan hingga ratusan orang membuatnya menjadi lokasi ideal untuk penyebaran virus. Apalagi terkadang protokol kesehatan tak bisa diterapkan 100% di transportasi umum. Orang-orang tetap berdesak-desakan, pembatasan jarak tak diindahkan, dan satu yang paling mengkhawatirkan: masih ada orang yang membuka maskernya ketika bersin. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya