Comscore Tracker

6 Penyebab Menstruasi Datang Terlalu Cepat, Jangan Selalu Diabaikan

Bisa jadi ada masalah kesehatan serius lho

Mengalami menstruasi tiap bulan disertai dengan kram perut dan suasana hati yang buruk saja sudah cukup tidak mengenakkan, apalagi jika menstruasi terjadi sampai dua kali dalam satu bulan.

Tapi lebih dari kram perut atau bad mood ketika menstruasi. Mengalami 2 kali datang bulan dalam kurun waktu yang berdekatan bisa jadi masalah kesehatan serius yang tidak bisa diabaikan.

Melansir dari Womens Health Mag dan Medical News Today, berikut ini beberapa penyebab terlalu sering mengalami menstruasi.

1. Usia yang masih muda

6 Penyebab Menstruasi Datang Terlalu Cepat, Jangan Selalu DiabaikanUnsplash.com/Mari Lezhava

Siklus menstruasi yang tidak teratur sering terjadi pada remaja yang baru saja mulai menstruasi. Remaja cenderung memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek atau kadang-kadang lebih lama selama masa pubertas, yang dapat menyebabkan mereka mengalami dua kali siklus menstruasi dalam 1 bulan.

Menu American Journal of Epidemiology, tingkat hormon berfluktuasi secara signifikan selama masa pubertas. Penelitian menunjukkan bahwa siklus menstruasi remaja bisa memakan waktu sekitar enam tahun untuk menjadi teratur sejak mereka mulai mengalami menstruasi.

2. Endometriosis

6 Penyebab Menstruasi Datang Terlalu Cepat, Jangan Selalu Diabaikanbustle.com

Endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan yang mirip dengan jaringan rahim tumbuh di area lain dari tubuh.

Endometriosis dapat menyebabkan sakit perut, kram yang tidak normal, dan pendarahan yang tidak teratur. Terkadang, pendarahan bisa cukup berat hingga terasa seperti sedang menstruasi. Endometriosis dapat didiagnosis oleh dokter menggunakan pemeriksaan panggul dan ultrasound atau operasi kecil yang disebut laparoskopi.

3. Perimenopause

6 Penyebab Menstruasi Datang Terlalu Cepat, Jangan Selalu DiabaikanUnsplash com/Edward cisneros

Perimenopause mengacu pada saat-saat menjelang menopause ketika hormon seseorang mulai berubah. Perimenopause dapat bertahan hingga 10 tahun. Selama waktu itu, orang sering mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, termasuk siklus yang lebih pendek atau lebih lama, atau mengalami pendarahan yang lebih berat atau lebih ringan. Ketika seseorang tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut, maka bisa dikatakan orang tersebut sudah mengalami menopause.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Saat Menstruasi

4. Fibroid rahim

6 Penyebab Menstruasi Datang Terlalu Cepat, Jangan Selalu Diabaikannova100.com.au

Fibroid rahim adalah pertumbuhan suatu materi yang terjadi di rahim. Fibroid biasanya bukan kanker tetapi dapat menyebabkan pendarahan, terutama perdarahan menstruasi yang berat.

Gejala fibroid dapat meliputi, perasaan kenyang atau tekanan di panggul, sering buang air kecil, nyeri punggung bawah, rasa sakit saat berhubungan seks.

Sampai saat ini, para dokter sendiri belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan fibroid rahim untuk berkembang. Hanya saja, kondisi ini cenderung berjalan dalam keluarga, dan dapat dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon. Fibroid rahim ini dapat didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan panggul atau melakukan USG.

5. Infeksi

6 Penyebab Menstruasi Datang Terlalu Cepat, Jangan Selalu Diabaikanall4women.co.za

Infeksi vagina dan serviks dapat menyebabkan pendarahan di luar haid. Hal ini dimungkinkan karena adanya peradangan atau infeksi pada leher rahim karena bakteri seperti bacterial vaginosis atau trikomoniasis.

Kondisi ini terkadang juga disertai dengan bau busuk, cairan abu-abu, putih, hijau; gatal atau terbakar di area genital; atau rasa terbakar saat buang air kecil. Kondisi ini dapat diatasi dengan cepat dan efektif dengan pemberian antibiotik oleh dokter.

6. Stres berat

6 Penyebab Menstruasi Datang Terlalu Cepat, Jangan Selalu Diabaikanunsplash.com/Larm Rmah

Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan menstruasi yang lebih sering atau bahkan melewatkan menstruasi. Hal ini dimungkinkan karena hormon yang memicu ovarium untuk berovulasi setiap bulan berasal dari otak, tempat di mana stres bermula.

Pada dasarnya, ketika kamu merasa terlalu sibuk atau sangat khawatir, bahkan sampai menyebabkan kamu kurang tidur. Sejumlah hormon dapat macet dan memengaruhi siklus menstruasi secara negatif. Masalah menstruasi akibat stres dapat diatasi dengan pengelolaan mental melalui yoga atau meditasi.

Demikian tadi beberapa penyebab jarak menstruasi yang terlalu dekat. Sebagian memang hal yang tidak perlu dikhawatirkan dan sebagian lagi bisa jadi indikasi adanya masalah serius. Untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat, sebaiknya konsultasikan pada dokter jika kamu memiliki masalah dengan siklus menstruasi.

Baca Juga: Bisakah Perempuan Hamil Mengalami Menstruasi?

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You