Comscore Tracker

Apa yang Terjadi jika Kamu Tak Menyikat Gigi? Hayo, Ini Akibatnya!

Sikatlah gigi dua kali sehari, ya!

Sedari kecil, kita selalu diajarkan untuk menyikat gigi dua kali sehari. Yaitu sesudah bangun tidur di pagi hari dan saat hendak tidur di malam hari. Namun, adakalanya kita lupa atau malas menyikat gigi. Tanpa disadari, ada perubahan yang terjadi pada tubuhmu apabila tidak menyikat gigi, lho!

Lantas, apa saja masalah kesehatan yang muncul apabila kita tidak menyikat gigi? Ketahui jawaban lengkapnya di bawah ini! Baca sampai habis, ya!

1. Gusi akan berdarah

Apa yang Terjadi jika Kamu Tak Menyikat Gigi? Hayo, Ini Akibatnya!istockphoto.com

Ada berbagai macam penyebab gusi berdarah. Salah satunya adalah kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Ketika terjadi penumpukan plak di gusi, maka akan menyebabkan gusi meradang dan berdarah. Penumpukan plak bisa terjadi jika kamu jarang menyikat gigi.

Bakteri dan plak yang ada di gusi akan menumpuk dan membuat gusi terluka dan berdarah, ungkap laman Healthline. Oleh karena itu, kamu harus rutin menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi dengan benang (dental floss) sekali dalam sehari.

2. Bau mulut akan muncul

Apa yang Terjadi jika Kamu Tak Menyikat Gigi? Hayo, Ini Akibatnya!readersdigest.ca

Merasa risi dengan mulut dan napas yang bau? Kemungkinan besar, itu terjadi karena kebersihan gigi dan mulut yang buruk! Kondisi ini secara medis dikenal dengan sebutan halitosis dan akan semakin parah jika kita menjalani gaya hidup yang buruk.

Jika kamu tidak menyikat gigi, sisa-sisa makanan akan tertinggal di mulut. Hal ini bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri di gigi, gusi dan lidah. Sisa-sisa makanan ini akan bercampur dengan bakteri dan menyebabkan aroma napas jadi bau.

3. Terjadi pembusukan pada enamel gigi

Apa yang Terjadi jika Kamu Tak Menyikat Gigi? Hayo, Ini Akibatnya!tehrandentalclinics.com

Tidak hanya menyebabkan napas bau dan gusi berdarah, tidak menyikat gigi juga bisa menyebabkan enamel gigi membusuk, lho! Ini karena sisa-sisa makanan yang tertinggal akan bertemu dengan bakteri dan menciptakan plak pada gigi.

Plak yang dibiarkan akan menyebabkan gusi berdarah, peradangan gusi dan membuat enamel gigi rusak, ungkap Dr. Nirav Shah, dokter gigi asal California dalam laman The List. Akibatnya, gigi akan cepat membusuk dan berlubang. Ih, jangan sampai terjadi!

4. Gigi jadi menguning

Apa yang Terjadi jika Kamu Tak Menyikat Gigi? Hayo, Ini Akibatnya!dentalcenterofnorcross.com

Beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan gigi menguning. Seperti kopi, teh, anggur, soda, saus tomat dan buah bit. Begitu pula dengan kebiasaan merokok yang bisa menyebabkan gigi menguning dan ternoda seiring berjalannya waktu.

Apabila kita tidak menyikat gigi, noda akibat makanan, minuman dan rokok ini akan menetap di gigi. Akibatnya, terjadi perubahan warna di gigi dari putih menjadi kekuningan. Kita bisa mengembalikan kilau warna gigi dengan rutin menyikat gigi!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Sikat Gigi, Ini Cara Menggunakannya yang Benar!

5. Penyakit periodontal pun terjadi

Apa yang Terjadi jika Kamu Tak Menyikat Gigi? Hayo, Ini Akibatnya!complexsmile.co.uk

Masih banyak lagi masalah kesehatan yang ditimbulkan karena tak menyikat gigi. Salah satunya adalah penyakit periodontal, yakni kondisi peradangan yang memengaruhi jaringan di sekitar gigi. Awalnya, gusi akan menjadi bengkak, merah dan berdarah.

Ini terjadi karena bakteri menghasilkan enzim tertentu yang bisa 'memakan tulang'. Apabila tidak ditangani dengan serius, gigi akan menjadi keropos dan bisa menghilang! Untuk mencegahnya, kamu harus menyikat gigi dua kali sehari dan memakai dental floss.

6. Lebih mungkin terkena diabetes

Apa yang Terjadi jika Kamu Tak Menyikat Gigi? Hayo, Ini Akibatnya!inflamacionalimentaria.com

Apa hubungan antara tidak menyikat gigi dan diabetes? Rupanya, kebersihan mulut dan gigi yang buruk ialah penyebabnya. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dental Association, ada hubungan antara periodontitis dengan diabetes.

Menurut penelitian ini, orang yang menderita periodontitis akan lebih mungkin terkena diabetes dibanding mereka yang tak mempunyai masalah gigi dan mulut. Sementara, periodontitis sendiri diakibatkan oleh kebersihan mulut yang buruk dan bisa ditimbulkan akibat tidak menyikat gigi, terang laman The List.

7. Punya keterkaitan dengan penyakit jantung dan stroke

Apa yang Terjadi jika Kamu Tak Menyikat Gigi? Hayo, Ini Akibatnya!nypost.com

Memang terdengar mustahil, bagaimana bisa tidak menyikat gigi ada keterkaitannya dengan penyakit jantung dan stroke? Menurut Dr. Nirav Shah dalam laman The List, bakteri yang ada di plak mulut akan memasuki aliran darah dan bergerak ke jantung dan otak.

Akibatnya, plak arteri akan terjadi. Jika plak ini semakin banyak, plak akan mencegah aliran darah ke jantung dan otak. Sel-sel di daerah itu pun akan mati karena kekurangan oksigen. Dalam jangka waktu tertentu, penyakit jantung dan stroke akan muncul!

Nah, itulah 7 masalah kesehatan yang terjadi apabila kamu tidak menyikat gigi. Agar tetap sehat, kamu harus menyikat gigi dua kali sehari, ya!

Baca Juga: 10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You