Comscore Tracker

Super Unik, 7 Lagu Band Thailand yang Bikin Kamu Gaul Abis

Emang yang enak cuman Thai tea doang?

Bosen gak sih dengerin musik Indonesia melulu, barat melulu, Korea melulu, Jepang melulu? Rasanya tuh kayak hidup tapi muter di situ terus, gak pernah ketemu pasangan hidup.

Nah, biar gak muter terus kayak baling-baling bambu coba dengerin list musik yang IDN Times kasih. Lagu-lagu ini garapan anak-anak Thailand lho dan gaul banget. Kalau kamu infokan ini ke teman-temanmu, dijamin bakalan jadi anak super hits deh.

1. Gym and Swim – Yuuwahuu

Gym and Swim adalah band tropical / indie pop asal Bangkok. Mereka semacam grup kolektif di mana setiap member-nya memiliki band sendiri. Terbentuk tahun 2013, Gym and Swim sudah mengeluarkan sebuah album berjudul Sea sick.

Albumnya tersebut cukup ramai dibicarakan di Thailand sana serta di Jepang. Ketenarannya di Jepang mereka dapatkan setelah melakukan tur di sana. Carilah albumnya karena tidak ada satupun lagu di Sea Sick yang tidak enak.

2. Phum Viphurit – Long Gone

Ketika mendengar lagunya tanpa mengetahui sang artis, pasti kesan pertama yang timbul di benak adalah vokalis yang sudah berumur di atas 30 tahun. Minimal bayangannya adalah sosok seperti vokalis Float, Hotma Roni Simamora karena suaranya yang cukup berat dan mirip dengan gaya bernyanyi Hotma. Itu salah besar.

Phum Viphurit hanyalah seorang pemuda berumur 23 tahun yang mulai berkarya pada usia 18 tahun. Bahasa Inggrisnya cakap, yang jauh dari kemampuan orang-orang Thailand pada umumnya datang dari masa kecilnya yang dia habiskan di New Zealand. Tidak salah debut albumnya Manchild yang berisi sembilan lagu langsung booming di Thailand sana.

3. Jelly Rocket – How Long

Jelly Rocket adalah trio wanita Bangkok yang membawakan genre melodic dream pop. Namanya sendiri naik ketika merilis single How Long pada 2014 lalu. Single How Long memang langsung menarik orang untuk jatuh cinta ketika mendengarnya pertama kali.

Akan tetapi, bagian tengah single tersebut ketika instrumen mulai masuk adalah part terindah dari lagu ini. Berhati-hatilah, kamu akan memutarkannya berkali-kali setelah mendengarkannya.

Baca juga: Menikmati Syahdunya Suara Alam Lewat Racikan Musik EDM DJ Ninda

4. Safeplanet – Oheya

Safeplanet memiliki lagu yang manis. Vokal yang lembut dan diikuti dengan instrumen yang berharmoni membuatnya asik didengarkan menjelang tidur. Kamu bisa dibawa ke dalam dunia mimpi yang romantis.

Walaupun membawakan musik-musik yang cukup bernuansa pop, Safeplanet tidak bisa kamu anggap sebagai band pop. Musiknya berbeda karena halusnya suara gitar yang dihasilkan.

5. PC 0832/676 – Styx

Mungkin dari deretan list di bawah ini, PC 0832/676 adalah yang paling susah didengarkan. Pasalnya, musik yang mereka bawakan tidak memiliki lirik alias instrumental. Belum lagi gelapnya suasana yang mereka bawakan dengan diikuti derap drum.

Di sebuah bagian, kalau mengenakan headset kamu akan mendengar bagian techno dan itu sangat psychedelic  banget karena berpindah dari satu telinga ke telinga lain. Seperti ketika mendengarkan album Pink Floyd – Dark Side of The Moon. Post rock, math rock, ambience, rasanya yang mendengarkan musik itu yang bakal suka.

6. Degaruda – Accidents

Dari sekian banyak list musik di artikel, Degaruda adalah satu-satunya band yang membawakan rock. Pasalnya gaya bernyanyi alternative rock dari sang vokalis serta genjrengan gitar membuatmu menganggukkan kepala.

Degaruda bisa digolongkan ke dalam band post hardcore tapi perlu diingat ada sedikit unsur-unsur math rock di dalamnya, jadi tidak terlalu keras juga.

7. Stylish Nonsense – Never Blur

Stylish Nonsense adalah band yang paling menonjol di sini. Mereka hanya beranggotakan dua personel saja, drum dan bass, tetapi dia akan menarik telingamu dengan gaya lo-fi-nya. Belum lagi klip videonya yang random banget, membuatmu akan mencari lebih lanjut tentang band ini di google.

Itulah 7 band Thailand yang sekarang lagi hits banget di negara gajah putih sana. Nah kamu sudah mulai tertarik dengan yang mana nih?

Baca juga: [Eksklusif] Wawancara Alan Walker yang Kaget Melihat Warga Indonesia

Topic:

Berita Terkini Lainnya