Comscore Tracker

9 Karakter Film Toy Story ini Ternyata Terinspirasi dari Mainan Asli

Karakter mana yang jadi favoritmu?

Siapa sih yang gak pernah menonton salah satu film animasi terbaik Disney ini? Nyesel banget kalau gak pernah nonton Toy Story. Film ini menceritakan para mainan yang bisa hidup secara sembunyi-sembunyi dari manusia.

Semenjak dirilis pada 1995 sampai film terbarunya Toy Story 4 di 2019, terdapat banyak sekali karakter mainan lucu dan menarik yang sudah ditampilkan. Ternyata, beberapa karakter mainan tersebut diambil dari mainan sungguhan loh. Apa aja sih mainan tersebut? Berikut ini mainan-mainan yang sebenarnya terinspirasi dari mainan di dunia nyata.

1. Slinky dog

9 Karakter Film Toy Story ini Ternyata Terinspirasi dari Mainan Aslivinted.be

Slinky merupakan anjing duschund berbahan kayu yang tubuhnya terhubung oleh pegas licin sehingga dapat memendek dan memanjang. Mainan ini terinspirasi dari mainan asli yang rilis pertama kali tahun 1940-an produksi James Industries.

Slinky berkepribadian lucu, ramah, loyal, dan menyenangkan terhadap setiap mainan Andy. Dia menjadi salah satu teman setia Woody yang tampil di setiap film Toy Story.

2. Mr dan Mrs Potato Head

9 Karakter Film Toy Story ini Ternyata Terinspirasi dari Mainan Aslipixar-planet.fr

Sepasang kentang plastik ini terinspirasi dari mainan asli buatan Playskool yang pertama dibuat tahun 1952. Mr. dan Mrs. Potato Head memiliki tubuh yang lucu dimana bagian tubuhnya bisa dilepas dengan mudah dan dikendalikan jarak jauh.

Dalam film, Mr. Potato Head dikenal sebagai mainan yang kasar lengkap dengan ekspresinya yang terlihat selalu cemberut, meskipun sebenarnya dia sangat peduli pada mainan lain. Sementara itu, Mrs. Potato Head merupakan pribadi yang lebih lembut.

Baca Juga: 5 Permainan Tradisonal Ini Ampuh Melatih Tumbuh Kembang Anak

3. Rex

9 Karakter Film Toy Story ini Ternyata Terinspirasi dari Mainan Aslipixar-planet.fr

T-Rex yang gak pernah terlihat seram ini merupakan mainan yang tak pernah absen di setiap film Toy Story. Sebenarnya Rex menyerupai mainan dinosaurus plastik pada umumnya, tetapi mengalami sedikit modifikasi bentuk.

Bentuk kepala yang aneh dengan lubang hidung besar dan mata kecil menghilangkan kesan menyeramkan dari T-Rex hijau ini. Bahkan Rex sangat takut jika seandainya Andy mendapatkan mainan dinosaurus lain yang lebih menyeramkan darinya.

4. Hamm

9 Karakter Film Toy Story ini Ternyata Terinspirasi dari Mainan Aslipixar-planet.fr

Daripada mainan, Hamm lebih tepat disebut sebagai celengan. Hamm jelas terinspirasi dari celengan babi plastik yang digunakan untuk menabung, tetapi mengalami perbedaan bentuk. Hamm memiliki sumbat gabus di bagian perutnya.Celengan babi berwarna pink ini menjadi salah satu mainan Andy yang muncul di ketiga film Toy Story.

5. Green Army Men

9 Karakter Film Toy Story ini Ternyata Terinspirasi dari Mainan Asliflickr.com/alexvandort

Mainan tentara plastik dengan kaki yang tertambat ini ternyata sudah ada semenjak tahun 1938, diproduksi oleh Bergen Toy & Novelty co. (Berton). Setelah Perang Dunia II, mainan ini semakin populer dengan warna hijau yang menggambarkan warna seragam pasukan Amerika Serikat pada Perang Dunia 2.

Dalam Toy Story, Andy memiliki 200 buah mainan tentara yang dipimpin oleh Sarge. Pasukan ini sangat ahli dalam pengintaian dan memiliki prinsip “a good soldier never leave a man behind”. Di Toy Story 3, hanya tersisa Sarge dan 2 buah pasukan payung, entah 197 mainan lainnya dijual atau dibuang.

6. Barbie dan Ken

9 Karakter Film Toy Story ini Ternyata Terinspirasi dari Mainan Aslipixar-planet.fr

Boneka dengan nama panjang Barbara Millicent Roberts dan Ken Carson ini menjadi mainan viral di kalangan anak-anak perempuan semenjak pertama diproduksi tahun 1959 oleh Mattel Inc. Saking viralnya, telah dibuat film-film tentang Barbie dengan banyak sekali versi.

Barbie pertama kali muncul sebagai cameo di Toy Story 2, dan baru mendapat peran banyak di Toy Story 3 sebagai sekutu Woody. Sedangkan Ken baru muncul di Toy Story 3 sebagai salah satu anak buah Lotso yang nantinya akan jatuh cinta kepada si Barbie. Wah so sweet benget ya.

7. Chymbal Monkey

9 Karakter Film Toy Story ini Ternyata Terinspirasi dari Mainan AsliYoutube.com/slappyassdevon

Monyet ini muncul di Toy Story 3 sebagai penjaga CCTV di penitipan anak Sunnyside dan menjadi hambatan Woody dan kawan-kawan untuk melarikan diri.

Monyet ini ternyata terinspirasi dari mainan sungguhan dengan nama Musical Jolly Chimp. Bahkan, mainan ini mengenakan pakaian yang sangat mirip dengan aslinya. Mainan dengan mata melotot dan muka menyeramkan ini dapat memukulkan kimbal yang ada di tangannya disertai pekikan yang bising.

8. Chatter Telephone

9 Karakter Film Toy Story ini Ternyata Terinspirasi dari Mainan Aslipixar-planet.fr

Chatter merupakan mainan berbentuk telefon yang muncul di Toy Story 3 sebagai penghuni lama Sunnyside. Chatter terinspirasi dari mainan asli produksi Fisher-price tahun 1962 bernama sama.

Di Film, Chatter menceritakan pada Woody seluk beluk tentang Sunnyside dan bagaimana cara melarikan diri tanpa ketahuan. Dia tidak bisa berbicara langsung kecuali melalui gagang telefon.

9. Duke Caboom

9 Karakter Film Toy Story ini Ternyata Terinspirasi dari Mainan Asligeektyrant.com

Toy Story 4 memperlihatkan beberapa mainan baru yang akan ikut mewarnai petualangan Woody dan kawan-kawan, salah satunya Duke Caboom. Mainan berupa stuntman motor asal Canada tahun 1970an ini sangat mirip dengan Evel Knievel, mainan stuntman yang terinspirasi dari tokoh nyata dengan nama sama.

Mainan ini berpenampilan menarik dengan setelan putih dan kumis yang khas, ditambah dengan moge yang membuatnya terlihat keren. Namun, Duke Caboom tidak mampu menampilkan aksi memukau sesuai dengan iklan promosinya. Aktor asal Canada sekaligus pemeran John Wick, Keanu Reeves, akan mengisi suara mainan pemberani ini.

Baca Juga: 7 Channel Youtube Tentang Mainan yang Cocok untuk Segala Umur

Aditya Reza Photo Community Writer Aditya Reza

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo
  • Arifina Aswati

Just For You