Comscore Tracker

9 Fakta Menarik Dororo, Anime Supranatural Terbaik di 2019

Kamu sudah nonton atau belum?

Dororo merupakan Anime Spring bergenre supranatural yang hadir di tahun 2019, episode pertamanya sendiri rilis pada tanggal 7 Januari 2019 lalu. Anime ini bercerita tentang seorang samurai penguasa Jepang yang melakukan perjanjian dengan 12 iblis untuk membuat negeri yang dipimpinnya makmur. Dia mengorbankan anaknya dalam perjanjian itu sehingga anggota tubuh anaknya diberikan ke iblis. Nah, selain jalan ceritanya yang unik, berikut ada juga beberapa fakta menarik seputar anime Dororo.

1. Dororo adalah anime remake dari anime orisinilnya di tahun 1969

9 Fakta Menarik Dororo, Anime Supranatural Terbaik di 2019imdb.com

Manga Dororo diterbitkan pada tahun 1967, kemudian menyusul animenya pada 1969 yang ditayangkan di saluran Fuji TV berjumlah 26 episode. Pada Januari lalu Dororo hadir dalam versi remakenya, kali ini Dororo diproduksi oleh studio Tezuka Productions yang bekerja sama dengan studio animasi Jepang MAPPA. Versi remakenya Dororo mengalami perubahan mulai dari segi grafisnya sampai jalan cerita. Akan tetapi secara keseluruhan karakter-karakter di dalamnya tidak banyak yang berubah.

2. Diciptakan oleh sang "Bapak Manga", Osamu Tezuka

9 Fakta Menarik Dororo, Anime Supranatural Terbaik di 2019japantimes.co.jp

Jika kamu pernah membaca manga atau menonton film animasi seperti Astro Boy dan anime Black Jack maka kamu pasti tidak asing dengan nama ini karena dia merupakan pencipta manga dan animasi-animasi tersebut. Dan Dororo juga merupakan karya terbaik yang pernah dibuat Osamu Tezuka. Karena banyaknya manga dia buat sehingga sampai dia wafat dia dikenal sebagai bapaknya manga dan dijuluki Walt Disney-nya Jepang.

3. Nama Dororo berasal dari kenangan masa kecil sang pengarang

9 Fakta Menarik Dororo, Anime Supranatural Terbaik di 2019randomc.net

Ternyata nama Dororo berasal dari kenangan masa kecil sang pencipta, Osamu Tezuka. Pada masa kecilnya dia sering mendengar teman-temanya salah mengucapkan kata Dorobo yang artinya pencuri menjadi Dororo. Nah, dari situ lah nama Dororo lahir.

4. Dororo menjadi inspirasi bagi sebuah game Playstation 2 bernama Blood Will Tell

9 Fakta Menarik Dororo, Anime Supranatural Terbaik di 2019youtube.com/Free Emulator

Game bernama lengkap Blood Will Tell: Tezuka Osamu's Dororo merupakan sebuah game yang dirilis pada tahun 2004 untuk platform Playstation 2 di Jepang. Game ini diadaptasi dari manga karya Tezuka Osamu tersebut. Game ini terdiri dari delapan chapter serta mempunyai jalan cerita dan misi yang sama seperti pada manganya.

5. Anime supranatural yang mengambil latar Jepang zaman dahulu

9 Fakta Menarik Dororo, Anime Supranatural Terbaik di 2019randomc.net

Dororo merupakan anime yang mengambil latar saat Jepang masih dikuasai oleh para samurai. Pemimpin para samurai yang tamak akan kekuasaan saling berperang untuk memperebutkan kekuasaan. Selain itu masyarakat Jepang saat itu masih memiliki kepercayan yang kuat akan adanya para iblis yang dikenal dengan sebutan ayakashi yang menghantui tanah Jepang. Untuk menguasai tanah Jepang terkadang beberapa pemimpin melakukan perjanjian dengan para iblis melalui syarat-syarat tertentu untuk mendapatkan kekuatan.

Baca Juga: 6 Anime Genre Kekuatan Super yang Wajib Tonton, Jalan Ceritanya Seru

6. Opening pertamanya dinyanyikan oleh band Queen Bee

https://www.youtube.com/embed/NtOSE7GrYe0

Lagu opening pertamanya yang berjudul 'Fire' dinyanyikan oleh band rock asal Jepang yaitu Queen Bee. Band ini juga pernah mengisi ending dari anime Half from Tokyo Ghoul: Re.

7. Karakter Dororo adalah seorang perempuan

9 Fakta Menarik Dororo, Anime Supranatural Terbaik di 2019randomc.net

Pada saat pertama kali kamu menonton anime versi remake ini pasti ada yang mengira bahwa karakter Dororo yang terlihat energik dan selalu ceria ini adalah seorang laki-laki. Tetapi pada episode sembilan diungkapkan bahwa karakter Dororo ini sebenarnya adalah seorang perempuan, hanya saja penampilannya yang terlihat seperti laki-laki. Suaranya sendiri diisi oleh seorang gadis perempuan bernama Suzuki Rio.

8. Karakter Dororo bukan tokoh utama dalam cerita

9 Fakta Menarik Dororo, Anime Supranatural Terbaik di 2019randomc.net

Meskipun judul dari anime ini adalah Dororo, tetapi tokoh utama cerita ini sebenarnya bukan Dororo melainkan seorang lelaki bernama Hyakkimaru. Dororo sendiri berperan sebagai side-kick dari sang tokoh utama, dia menemani Hyakkimaru menjelajahi Jepang dalam misi membasmi para iblis. Dororo terlihat sebagai pencair suasana di dalam anime yang terlihat suram ini dan dia juga berperan sebagai jembatan komunikasi antara Hyakkimaru dan karakter lainnya.

9. Live action-nya dibuat pada tahun 2007

9 Fakta Menarik Dororo, Anime Supranatural Terbaik di 2019themoviedb.org

Live action dari manga Dororo versi tahun 1960-an dibuat pada tahun 2007. Sama seperti kebanyakan live action, film ini sedikit berbeda mulai dari segi cerita sampai karakternya. Seperti karakter Dororo dan Hyakkimaru didalam filmnya ditampilkan terlihat lebih dewasa dibandingkan dalam manganya.

Dororo merupakan anime yang layak kamu masukkan dalam daftar tontonan kamu tahun ini. Karena dari segi cerita dan karakter Dororo tidak kalah dari anime shonen lainnya.

Baca Juga: 7 Anime dengan Kualitas Visual Terbaik yang Dapat Memanjakan Mata

Afendi Nahak Photo Community Writer Afendi Nahak

I am I

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You