Comscore Tracker

10 Rekomendasi Lagu Menenangkan Saat Isolasi Mandiri

Bisa membuatmu lebih tenang dan bersemangat #IDNTimesHype

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang telah berlangsung dari tanggal 3 Juli 2021 dan rumornya akan diperpanjang. Jika hal ini terjadi maka masyarakat harus kembali di rumah aja. Tidak sedikit juga dari kita yang harus menjalani isolasi mandiri akibat paparan virus Covid-19.

Isolasi mandiri membuat sebagian orang malah semakin stres. Untuk menghilangkan kejenuhan dan membuat hatimu lebih tenang, kamu bisa mendengarkan lagu favoritmu. Mendengarkan musik pasalnya dapat melepaskan stres dan meningkatkan kesehatan. 

Lagu-lagu berikut ini akan membantumu mengurangi beban pikiran dan lebih rileks bahkan saat kamu sedang tidak baik-baik saja. Ini dia lagu-lagu yang cocok untuk menemanimu saat PPKM Darurat dan isolasi mandiri, jangan lupa masukin ke playlist ya!

1. Kunto Aji - Rehat (2018)

https://www.youtube.com/embed/yNcGtKAacts

Jika kamu mendengarkan liriknya dengan seksama, ada banyak value hidup yang bisa kamu petik. Penggalan lirik "Yang ditunggu, yang diharap, biarkanlah semesta bekerja untukmu"  mengingatkan kepada kita bahwa setelah apa yang kita usahakan, tugas kita selanjutnya adalah berserah diri.

Terlalu fokus pada tujuan, terkadang membuat manusia lupa bahwa ada kuasa Tuhan. Terkadang apa yang kita inginkan memang tak mudah untuk didapatkan. 

2. Yura Yunita - Tenang (2021)

https://www.youtube.com/embed/hoZEi4zina4

Dibuka dengan alunan piano, sesuai judulnya lagu ini sangat cocok buat kamu yang ingin menangkan pikiran saat isolasi mandiri. Lagu ini berisikan perasaan resah dan gelisah namun penuh harapan. Kita diajak untuk melihat ke dalam diri guna menemukan  jawaban dari segala kegundahan di kepala.

3. Hindia - Membasuh ft. Rara Sekar (2019)

https://www.youtube.com/embed/emddwjzuNW4

Ada banyak memori yang dikemas dalam video klip lagu tersebut. Lagu ini mengingatkan kita untuk ikhlas saat memberi dan tidak berharap balasan darinya. Sebab "hidup bukanlah perihal mengambil yang kau tebar"Kamu akan menemukan makna hidup yang berbeda setelah mendengarkan lagu ini.

4. RAN ft Hindia - Si Lemah (2020)

https://www.youtube.com/embed/O6nFeRyNrs8

Lagu ini menceritakan tentang musuh terbesar manusia yaitu diri sendiri. Setiap manusia mempunyai kelemahan yang sangat ingin disembunyikan. Lagu ini mengajak pendengarnya untuk berdamai dan self-acceptance. Sampai akhirnya kita menemukan jati diri dan kembali pulang menjadi diri sendiri.

5. Dere - Tanya (2021)

https://www.youtube.com/embed/_mRxmxuUO-Y

Lagu yang diciptakan Dere dan Tulus ini mengajak kita untuk sejenak berkontemplasi dan berhenti bertanya-tanya. Manusia seringkali menghabiskan energi untuk memikirkan banyak pertanyaan mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Mengapa kita tidak menghabiskan energi tersebut untuk menikmati momen yang kita punya. 

Baca Juga: Ada Lagu Baru, 10 Lagu Kolaborasi Baekhyun EXO dengan Penyanyi Korea

6. Biru Baru - Sejenak (2020) 

https://www.youtube.com/embed/QNGwChCcjdQ

Lagu ini sangat relevan dengan kondisi pandemi yang kita alami saat ini. Kamu akan diajak untuk bersykur atas apa yang kita miliki dan mengambil hikmah dari apa yang telah kita alami. Apa yang sedang kita alami mungkin waktu untuk kita beristirahat sejenak sambil menenangkan hati dan pikiran.

7. ANDMESH - SENYUMLAH (2020)

https://www.youtube.com/embed/Cs8wtborzRU

Lagu dengan diksi yang mudah dipahami ini juga mengajak kita untuk mensyukuri hidup yang kita miliki. Kita bukanlah satu-satunya manusia yang hidupnya susah. Apa yang kita alami pasti ada alasan Tuhan membuatnya terjadi. Jadi tersenyumlah dan syukuri hidupmu.

8. Daun Jatuh - Kita Sama

https://www.youtube.com/embed/H535tQsLRJ8

Seperti judul lagunya, kita sama. Pada awalnya semua manusia itu sama, sama-sama menginjak bumi, menatap langit yang sama, disinari matahari yang sama, dan lain-lain. Hal yang membedakan adalah pilihan yang kita ambil.

Bagaimana kita bersikap, mengambil keputusan, memandang suatu hal, dan lain-lain. Tapi selalu ingat bahwa yang kita tabur itu yang kita tuai.

9. Banda Neira - Berjalan Lebih Jauh (2015)

https://www.youtube.com/embed/m8FC-mVqIA4

Walaupun bukan lagu baru, lagu dengan musik yang santai ini sangat cocok untuk menemanimu sambil berolahraga di rumah aja. Lagu ini mengajak kita untuk tidak bermalas-malasan karena pagi terlalu berharga jika kita lalui hanya dengan tertidur. Banyak pesan dalam lagu ini tentang bagaimana sebaiknya melewati masa muda.

10. Adera - Catatan Kecil (2016)

https://www.youtube.com/embed/HTKJl3dFtW0

Kamu akan belajar menikmati hidup dari lagu ini. Lagu dengan irama santai ini akan membuatmu semakin bersyukur. Untuk segala yang terjadi pada dirimu, percayalah segalanya telah diatur semesta. 

Itu dia 10 rekomendasi lagu untuk menemanimu melewati masa-masa isolasi mandiri. Hari yang berat akan dapat dilalui oleh orang yang hebat. Tetap semangat dan jaga kesehatan!

Baca Juga: 11 Lagu Favorit Jungkook BTS di Spotify, Ada Lagu Ariana Grande 

Afriana Ajeng Photo Writer Afriana Ajeng

Freelancer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya