Comscore Tracker

Jarang Terdengar, 5 Film Malaysia Ini Gak Kalah Bagus Lho

Ada yang dibintangi artis dari Indonesia juga #IDNTimesHype

Berbicara film Malaysia mungkin kebanyakan dari kita akan berpikir film-film kartun-kartun populer seperti Upin & Ipin, Boboiboy, dan Ejen Ali yang sempat masuk bioskop Indonesia. Namun apakah kamu tahu ada banyak lagi film-film bagus dari Malaysia yang mungkin jarang kita dengar. Dari film bertema olahraga hingga legenda, berikut ini 5 film Malaysia yang bisa jadi referensi tontonan baru buat kamu.

1.OLABOLA (2016)

https://www.youtube.com/embed/eJc5ARq8c94

Terinspirasi kisah perjalanan tim sepak bola Malaysia pada masa kejayaannya yang berhasil lolos ke olimpiade tahun 1980, film yang satu ini bisa jadi tontonan yang menarik buat kamu yang suka dengan sepak bola. Berlatar tahun 1980 an, film ini berkisah tentang keberanian dan semangat bersatu dari berbagai etnis di Malaysia dalam permainan sepakbola. Salah satu pemain di film ini adalah Bront Palarae yang mungkin sudah tidak asing bagi pecinta film di Indonesia, ia sering bermain film di Indonesia seperti di film My Stupid Boss dan Pengabdi Setan.

Selain itu, lagu tema untuk  film ini yang berjudul “Arena Cahaya” dan dinyanyikan oleh Zee Azi memenangkan penghargaan kategori Best Original Theme Song di Taipei Golden Horse Award 2016.

2. Lee Chong Wei (2018)

https://www.youtube.com/embed/jLSY27OX0CE

Jika Indonesia punya film “ Susi Susanti: Love All “ yang berkisah tentang pemain bulu tangkis legendaris Susi Susanti , Malaysia juga punya versi mereka yang tersendiri yakni “Lee Chong Wei“.

Film  yang  dirilis pada tahun 2018 ini menceritakan tentang perjalanan kehidupan mantan pemain badminton legendaris asal Malaysia mulai dari masa kecil hingga menjadi pemain yang tersohor di dunia. Sama seperti Susi Susanti, Lee Chong Wei yang juga beretnis Tionghoa ini membuktikan bahwa mereka juga dapat membawa nama harum negara di mata dunia tanpa memandang etnis. 

3. Roh (2020)

https://www.youtube.com/embed/RYyMqZmA0C4

Apa kamu penggemar film horor ? Buat kamu yang menyukai film horor, film yang satu ini bisa jadi salah satu tontonan yang cocok untukmu. Film karya sutradara Emir Ezwan ini mengisahkan tentang kehadiran seorang gadis kecil yang membawa ramalan-ramalan mengerikan dan menyebabkan kejadian-kejadian aneh pada keluarga miskin yang tinggal di hutan. 

Film ini pertama kali tayang di Singapore International Film Festival dan Jogja Netpac Asian Film Festival. Film yang satu ini ini juga sempat tayang di Festival Film Far East di Udine, Italia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Wajib Ditonton jika Kamu Suka Film Soul

4. Sepet (2005)

https://www.youtube.com/embed/scc9Pt-z_fE

Film yang satu ini merupakan film lama yang sudah rilis sejak 15 tahun lalu. Walaupun begitu, film yang satu ini masih menjadi salah satu film yang melekat di hati rakyat Malaysia kerana jalan ceritanya yang romantis. 

Film ini mengisahkan cerita cinta antara seorang remaja Melayu bernama Orked yang jatuh cinta dengan Jason yang merupakan remaja dari etnis Tionghoa.  Namun disebabkan beberapa masalah yang mereka hadapi, hubungan mereka harus berpisah. Film arahan Yasmin Ahmad ini telah memenangi banyak awards termasuk pada Tokyo International Film Festival ke 18  dengan kategori Best Asian Film Award.

5. Puteri Gunung Ledang 

https://www.youtube.com/embed/5w0o_zUxjU4

Dirilis belasan tahun lalu, film yang satu ini ini mengisahkan tentang legenda Melayu yakni Puteri Gunung Ledang yang tinggal di atas Gunung Ledang, Johor. Meski tidak terlalu dikenal di Indonesia, film kolosal yang disutradarai oleh Saw Teong Hin ini sangat dikenal para penikmat film di Malaysia hingga sekarang. Film yang satu ini dibintangi oleh sederet artis dari Indonesia seperti Dian Sastrowardoyo, Christine Hakim, Alex Komang, dan Slamet Rahardjo.

Film yang berkisah tentang seorang puteri dari Jawa yang ingin di lamar oleh Hang Tuah namun Hang Tuah harus memenuhi syarat-syarat yang tidak masuk akal jika mau mengawini Puteri Gunung Ledang ini antaranya dia perlu memberikannya 7 dulang hati nyamuk. Menariknya, pemeran utama wanita film ini yakni Tiara Jacquelina yang merupakan orang Malaysia dan berperan sebagai Puteri Gunung Ledang bahkan menyanyikan sendiri tembang asmaradana karena peranya sebagai perempuan Jawa. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi film-film malaysia yang bisa kamu tonton sambil menghabiskan waktu luang. Apa kamu tertarik untuk menontonnya? 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Wajib Ditonton jika Kamu Suka Film Soul

Agithyra Nidiapraja Photo Verified Writer Agithyra Nidiapraja

https://www.instagram.com/nidiapraja/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya