Comscore Tracker

Selain Warkopi, Sederet Artis Ini Pernah Dikritik karena Tak Izin

Ada yang berujung permintaan maaf, ada yang di-takedown.

Publik baru saja dihebohkan oleh kemunculan grup Warkopi. Sempat dipuji-puji, kini grup ini mendapat kritikan keras. Pasalnya grup ini dianggap meniru grup lawak Warkop DKI tanpa meminta izin.

Indro Warkop, satu-satunya personel Warkop DKI yang masih hidup merasa sedih setelah tahu konsekuensi hukum yang menanti grup Warkopi. Bukan hanya perdata, konsekuensi pidana juga bisa mengancam Warkopi dan manajemen.

Selain Warkopi, sederet artis berikut ternyata pernah dikritik karena tak meminta izin dari pemilik karya. Ada yang berujung pada permintaan maaf adapula yang karyanya terpaksa di-takedown.

Vicky Prasetyo Gunakan Materi Ridwan Remin  

Selain Warkopi, Sederet Artis Ini Pernah Dikritik karena Tak Izininstagram/@vickyprasetyo777

Pada Bulan Juli lalu, Vicky Prasetyo pernah ditegur komika Ridwan Remin karena dianggap menggunakan materi stand up-nya. Ridwan Remin mengatakan bahwa Vicky Prasetyo sudah dua kali melakukannya.

Ridwan Remin juga mengatakan ia tak senang dengan sikap Vicky Prasetyo itu. Menanggapi hal itu, Vicky Prasetyo mengaku kagum sehingga menggunakan karya Ridwan Remin itu. Ia pun meminta maaf karena kejadian tersebut.

Pamungkas Gunakan Karya Seni Artis Prancis 

Selain Warkopi, Sederet Artis Ini Pernah Dikritik karena Tak Izinhttps://www.instagram.com/pamunqkas/

Pada Februari lalu, Pamungkas pernah mendapat sorotan setelah menunjukkan visual album terbarunya. Penyanyi dan penulis lagu ini diduga menggunakan karya seni dari seniman luar negeri.

Seniman yang dimaksud adalah Prancis Baptiste Virot dengan akun Instagram @b_virot. Pemilik karya tersebut pun telah menghubungi pihak Pamungkas dan label rekaman yang menaungi pamungkas, Maspam Record.

Baca Juga: Transformasi Pamungkas, Otodidak Sampai Jadi Musisi Idola

Kekeyi Dianggap Menjiplak Lagu 'Aku Bukan Boneka'

Selain Warkopi, Sederet Artis Ini Pernah Dikritik karena Tak Izinhttps://www.instagram.com/rahmawatikekeyiputricantikka23/

Pada tahun 2020, Rahmawati Kekeyi juga pernah tersandung kasus pelanggaran hak cipta. Pasalnya lagunya yang sempat viral berjudul Keke bukan Boneka dianggap jiplakan.

Kekeyi dianggap menjiplak lagu yang dinyanyikan Rinni Wulandari, Aku Bukan Boneka. Buntut dari kasus ini, lagu tersebut sempat di-takedown dari youtube.

Awkarin Gunakan Karya Seniman Amerika 

Selain Warkopi, Sederet Artis Ini Pernah Dikritik karena Tak Izinhttps://www.instagram.com/awkarin/

Awkarin juga pernah dianggap melanggar hak cipta karena menggunakan gambar orang lain tanpa izin di media sosialnya.

Hallie Bateman, pemilik karya tersebut memprotes awkarin lewat akun Twitter-nya @hallithbates. Ia mengatakan bahwa Awkarin tidak pernah meminta izin atau memberi kredit kepadanya.

Baca Juga: Work Hard Play Hard! Ini 7 Sumber Pendapatan Awkarin yang Fantastis

Via Vallen dan Jerinx SID

Selain Warkopi, Sederet Artis Ini Pernah Dikritik karena Tak Izinhttps://www.instagram.com/viavallen/

Perseteruan Via Vallen dan Jerinx SID sempat menjadi pembicaraan hangat pada tahun 2018. Pasalnya Jerinx menuding Via meng-cover lagunya, Sunset di Tanah Anarki, tanpa meminta izin terlebih dahulu.

Konflik ini sempat berbuntut panjang. Walaupun akhirnya Via Vallen telah minta maaf, Jerinx tampaknya masih belum berdamai. Ia sempat menyebut Via Vallen melakukan playing victim.

agnes renata Rajagukguk Photo Writer agnes renata Rajagukguk

Learning is a fun way to know yourself better.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya