Comscore Tracker

5 Film Ini Akan Memberikanmu Cara Pandang Baru Terhadap Fisika

Cocok untuk menemani akhir pekan kamu

Pelajaran fisika seringkali menjadi momok bagi para siswa jurusan IPA di SMA, terlebih ketika jam pelajarannya di siang hari. Rangkaian rumus terus berdansa bersama angka-angka di papan tulis yang akan membuat siangmu jadi jenuh dan mumet.

Fisika yang sering dipandang sulit dan jelimet ini ternyata memiliki sisi lain yang perlu kamu ketahui. Di balik kumpulan rumusnya, fisika menyimpan banyak kisah yang menarik untuk disimak dan tak jarang kisah itu akan mengubah pandanganmu terhadap fisika. Berikut 5 film yang akan mengubah pandangan negatifmu terhadap fisika!

1. The Theory of Everything (2014)

https://www.youtube.com/embed/Salz7uGp72c

Film yang diadaptasi dari kisah nyata ini bercerita tentang seorang ilmuwan bernama Stephen Hawking (Eddie Redmayne). Dia harus berjuang untuk dua hal, yakni untuk ambisinya di dunia fisika dan kisah cintanya kepada Jane Wilde (Felicity Rose). Film ini pun mengangkat perjalanan Stephen Hawking dalam pencariannya terhadap teori black hole.

Selain itu, Eddie Redmayne begitu perfect saat memerankan sosok Stephen Hawking di film The Theory of Everything. Kalian pasti akan terkagum-kagum ketika melihat Eddie menirukan Stephen Hawking di kursi roda yang bersuara. Nampaknya film ini perlu masuk dalam list yang akan kamu tonton!

2. Einstein and Eddington (2008)

https://www.youtube.com/embed/vf0Mek-cH_o

Film ini mengangkat dua topik besar yang penuh warna, yakni persaingan dan persahabatan dua ilmuwan terkemuka dari dua universitas beda negara. Kisahnya begitu pelik, Einstein (Andy Serkis) yang berusaha mencari Tuhan dari penelitian yang dilakukannya, sedang Eddington (David Tennant) seorang penyembah Tuhan yang taat dan berusaha membela entitas Tuhan lewat penelitiannya bersaing dalam penelitian gravitasi.

Film ini menggambarkan dinamika kehidupan ilmuwan yang penuh lika-liku. Di sisi lain, ketegangan masa perang kala itu memperlihatkan tentang kerasnya perjuangan mendapatkan jurnal-jurnal ilmiah untuk penelitian. Lewat film ini, kamu akan lebih menghargai fisika dari perjuangan orang-orang di dalamnya.

3. Interstellar (2014)

https://www.youtube.com/embed/zSWdZVtXT7E

Film besutan Christopher Nolan ini sukses mengemas konsep fisika dan astronomi yang rumit menjadi sebuah film yang menarik. Kisah Cooper (Matthew McConaughey) yang mencoba mempertahankan peradaban manusia melalui kolonisasi galaksi akan melatih dan menuntut otakmu untuk berpikir kritis.

Di balik kerumitan film ini, jika kamu perhatikan secara seksama, ternyata kejadian yang dialami Cooper saat mendapati orang di bumi lebih cepat menua dibandingkan dirinya yang berada di luar angkasa merupakan konsep dari teori relativitas einstein yang terkenal. Pokoknya kamu perlu tonton film yang satu ini, dijamin otakmu akan dilatih untuk kritis.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Keren yang Harus Kamu Tonton Bagi Fans “Joker”

4. Rudy Habibie (2016)

https://www.youtube.com/embed/G4HH8kVI4OY

Film besutan Hanung Bramantyo ini akan membuat kamu sadar tentang arti penting sebuah perjuangan dan pengabdian terhadap negara. Sekuel kedua film Habibie & Ainun ini banyak mengambil cerita Habibie (Reza Rahardian) di Jerman dengan segala kisah romantis dan perjuangan seorang Habibie muda.

Meski film ini tidak secara utuh memperlihatkan peliknya dunia aerodinamika. Akan tetapi, sentuhan-sentuhan kecil tentang keberhasilan Habibie dalam membuat miniatur pesawatnya bisa terbang dengan baik, tentu akan membuat kamu menjadi kagum tentang dunia fisika. Peristiwa keberhasilan Habibie saat menerbangkan pesawat ada di konsep fluida lho!

5. Semesta Mendukung (2011)

https://www.youtube.com/embed/IugAwyM6KQc

Sebuah film yang sangat edukatif, film ini mengisahkan perjuangan seorang siswa SMP yang mendapat kesempatan karantina untuk IPhO atau International Physics Olympiad. Konflik dari film ini akan mengajarkanmu bahwa percaya diri itu penting.

Perlu kamu tahu bahwa judul film ini juga merupakan sebuah nama teori yang dicetuskan oleh Profesor Yohanes Surya. Film ini recommeded deh buat kamu yang ingin mengubah stigmamu terhadap fisika.

Selalu ada jalan untuk meluruskan stigma seseorang terhadap sesuatu, mencoba adalah hal yang perlu kamu lakukan, bisa lewat artikel, biografi, bahkan sebuah film. Lewat lima film di atas, kamu akan memiliki sudut pandang baru terhadap fisika dan bisa jadi kamu akan menyukai pelajaran fisika.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Film Pengisi Liburan, dari Komedi Sampai Thriller

Ahmad Rifai Yusuf Photo Verified Writer Ahmad Rifai Yusuf

Waktu dan kehidupan akan berjalan beriringan. Ig: ahmadrifaiy9

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya