Comscore Tracker

7 Peran Benedict Cumberbatch Sebelum Doctor Strange, Pernah Jadi Naga!

Ada yang membuahkan nominasi Oscar, lho!

Apabila kamu penggemar film-film Marvel, kamu pasti tahu karakter Stephen Strange alias Doctor Strange. Di layar lebar, tokoh ini pertama kali diperkenalkan lewat film 'Doctor Strange' (2016) dan diperankan oleh aktor asal Inggris Benedict Cumberbatch. Pada masa penayangannya, 'Doctor Strange' mendapatkan sambutan meriah baik dari kritikus maupun para penonton. Karakter ini juga muncul di film 'Avengers: Infinity War' (2018) yang saat ini masih tayang di bioskop.

Salah satu faktor yang menjadikan karakter 'Doctor Strange' melekat di ingatan meskipun terhitung pemain baru di Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah akting Benedict Cumberbatch yang memikat. Benedict sukses menjelma menjadi sosok Doctor Strange yang cenderung terlalu percaya diri namun di saat yang bersamaan dapat menarik empati penonton.

Sepertinya, kepiawaian aktingnya didapat dari pengalamannya melakoni beragam peran sebelum resmi menjadi super hero yang memiliki nama panggilan Sorcerer Supreme tersebut. Peran apa sajakah itu? Yuk, kita simak bersama penjabarannya berikut ini!

1. Sherlock Holmes - 'Sherlock' (2010 - sekarang)

7 Peran Benedict Cumberbatch Sebelum Doctor Strange, Pernah Jadi Naga!imdb.com

Ketenaran Benedict Cumberbatch meroket saat ia berhasil dipilih memerankan detektif jenius Sherlock Holmes di serial televisi 'Sherlock'. Diangkat dari novel karangan Sir Arthur Conan Doyle, 'Sherlock' berkisah tentang petualangan Sherlock Holmes dalam memecahkan bermacam kasus bersama sahabatnya John Watson (Martin Freeman). Meskipun tiap musimnya memiliki episode yang terbatas, 'Sherlock' tetap mendapatkan apresiasi luar bisa dari kritikus dan penonton.

Benedict juga tidak ketinggalan mengecap kesuksesan dari serial tersebut. Pada tahun 2014, dirinya berhasil menyabet piala Primetime Emmy Awards untuk kategori Outstanding Lead Actor in a Miniseries or a Movie dan menjadi langganan nominasi di tahun-tahun berikutnya. Serial 'Sherlock' sendiri saat ini sedang mengalami hiatus selepas menyelesaikan musim keempatnya tahun 2017 silam dan belum ada kabar pasti kapan musim selanjutnya akan tayang.

2. Peter Guillam - 'Tinker Tailor Soldier Spy' (2011)

7 Peran Benedict Cumberbatch Sebelum Doctor Strange, Pernah Jadi Naga!collider.com

'Tinker Tailor Soldier Spy' memercayakan karakter pendukung Peter Guillam kepada Benedict Cumberbatch. Tokohnya diceritakan sebagai seorang mata-mata yang direkrut oleh sang karakter utama untuk membantunya melakukan penyelidikan. Meskipun peran Benedict terhitung kecil namun film ini mendapat respons positif dari para kritikus dan memungkinkannya beradu akting dengan aktor senior yang kini telah menjadi pemenang Oscar, Gary Oldman.

3. John Harrison/Khan - 'Star Trek: Into Darkness' (2013)

7 Peran Benedict Cumberbatch Sebelum Doctor Strange, Pernah Jadi Naga!treknews.net

Kali ini giliran peran penjahat yang dilakoni oleh Benedict Cumberbatch. 'Star Trek: Into Darkness' menunjuknya untuk memainkan John Harrison alias Khan, seorang teroris yang merepotkan Kapten Kirk dan kawan-kawan akibat ulah kejinya. Keterlibatannya di film tersebut mempertemukannya dengan Zoe Saldana (pemeran Uhura di film ini) yang kemudian menjadi lawan mainnya di film 'Avengers: Infinity War' sebagai Gamora.

4. Little Charles Aiken - 'August: Osage County' (2013)

7 Peran Benedict Cumberbatch Sebelum Doctor Strange, Pernah Jadi Naga!imdb.com

Biasa memainkan karakter dengan kualitas 'wah' (detektif jenius, teroris berkekuatan super dan lain-lain), 'August: Osage County' mengizinkan Benedict Cumberbatch berperan sebagai seorang manusia biasa. Karakternya bernama Little Charles Aiken, seorang pria yang memendam rasa cintanya terhadap wanita yang ia kasihi. Tidak hanya itu, film ini juga mengharuskan Benedict melakukan hal yang sangat jarang ia tampilkan di depan kamera: bernyanyi sambil bermain piano. Hebatnya, ia menyanyikan lagunya secara langsung dan suaranya ternyata merdu!

5. Smaug - 'The Hobbit: The Desolation of Smaug' (2013)

7 Peran Benedict Cumberbatch Sebelum Doctor Strange, Pernah Jadi Naga!warnerbros.com & insing.com

Akting Benedict Cumberbatch di film ini sedikit berbeda dibandingkan dengan peran lainnya di daftar ini. Pasalnya, Smaug adalah seekor naga rakus nan kejam yang sepenuhnya tampil dalam format animasi. Untuk memerankan Smaug, Benedict tidak hanya meminjamkan suaranya namun juga harus berakting dengan teknik motion-capture demi memeragakan gerak-gerik Smaug secara meyakinkan. Ia kembali mengulangi perannya ini di film ketiga 'The Hobbit' yang memiliki sub judul 'The Battle of the Five Armies' pada tahun 2014.

6. Alan Turing - 'The Imitation Game' (2014)

7 Peran Benedict Cumberbatch Sebelum Doctor Strange, Pernah Jadi Naga!gq.com

'The Imitation Game' menghadiahi Benedict Cumberbatch sebuah peran yang memvalidasinya sebagai aktor kelas wahid di Hollywood. Peran yang dimaksud adalah Alan Turing, seorang matematikawan yang berjasa membantu pemerintahan Inggris memenangkan Perang Dunia II melawan Jerman.

Diangkat dari kisah nyata, Benedict sangat sukses menghidupkan karakter Alan Turing sehingga membuat yang menonton terbius performanya. Akting gemilangnya juga berhasil membawanya ke ajang Oscar 2015 dimana dirinya mendapatkan nominasi untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik.

7. Billy Bulger - 'Black Mass' (2015)

7 Peran Benedict Cumberbatch Sebelum Doctor Strange, Pernah Jadi Naga!imdb.com

'Black Mass' memberikan Benedict Cumberbatch karakter seorang senator yang bernama Billy Bulger. Bukan cuma seorang senator, Billy juga merupakan saudara kandung dari James 'Whitey' Bulger, sosok mafia yang berkuasa di daerah Boston Selatan di tahun 1970-an. 'Black Mass' mendapatkan penilaian baik dari para kritikus dan Benedict pun berkesempatan beradu peran dengan aktor kawakan Johnny Depp di film ini.

Ketujuh peran di atas membuktikan bahwa Benedict Cumberbatch adalah aktor yang versatile alias pandai memainkan karakter apa pun. Tidak salah memang pilihan Marvel memercayakan karakter Doctor Strange kepadanya. Proyek-proyeknya yang akan datang juga tidak kalah menarik, salah satunya adalah miniseri televisi berjudul 'Patrick Melrose' dimana ia memerankan karakter bernama sama yang merupakan seorang pecandu obat terlarang. Kabar bagusnya, miniseri tersebut dijadwalkan tayang tahun ini. Jadi gak sabar, nih!

Ahmad Wildan Photo Verified Writer Ahmad Wildan

Your Sociable Movie Guy. IG: @wildanahmd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya