Comscore Tracker

7 Alasan Mengapa TED-Ed Layak Menjadi Channel YouTube Favoritmu 

Sedang mencari rekomendasi channel YouTube? Yuk, cek TED-Ed 

Berkembangnya teknologi memudahkan kita untuk mendapatkan pengetahuan baru. Kita yang awalnya hanya bisa mencari informasi melalui buku sekarang bisa memanfaatkan media sosial untuk menambah ilmu. YouTube sendiri telah menjadi rumah bagi ratusan ribu channel yang membagikan konten edukasi, sehingga kita bisa belajar hal-hal yang bahkan tidak diajarkan di sekolah.

Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum bahwa belajar rentan menjadi hal yang membosankan. Beberapa menit saja menonton video edukasi yang monoton dapat membuat kita jenuh, ingin agar video itu cepat selesai, atau terdistraksi untuk melakukan hal yang lain.

Itulah mengapa kamu harus mulai menonton channel YouTube TED-Ed. Dengan animasi yang menarik, narasinya yang nyaman untuk didengar, serta durasi video yang pendek, TED-Ed memberikan banyak pengetahuan kepada penontonnya.

Apa saja pengetahuan-pengetahuan yang diberikan channel YouTube ini? Keuntungan apa yang bisa kamu dapatkan dengan menonton video-videonya? Yuk, simak jawabannya di bawah ini!

1. Melatih kemampuan berpikir kritis dalam menyerap informasi

https://www.youtube.com/embed/q-Y-z6HmRgI

Setiap hari, kita disuguhkan dengan berbagai berita, baik melalui media cetak maupun media elektronik seperti yang sedang kamu baca sekarang ini. Banyaknya berita yang ada memaksa kita untuk selalu berpikir kritis ketika ingin menyerap informasi. Kita harus mengetahui cara mengidentifikasi berita hoaks, membaca angka dan grafik dengan teliti, serta menghindari berita dengan judul clickbait.

Bersama TED-Ed, kamu akan belajar caranya memilih sumber berita dengan baik, membaca angka dengan benar, dan menghindari berita-berita bohong.

2. Membahas lebih jauh mengenai kesehatan mental

https://www.youtube.com/embed/DhlRgwdDc-E

Kesehatan mental dan permasalahan-permasalahannya menjadi topik yang hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Mungkin kamu telah beberapa kali berdiskusi mengenai OCD, bipolar, dyslexia, PTSD, depresi, dan masih banyak permasalahan kesehatan mental lainnya. Ramainya pembicaraan mengenai topik ini membuat rawan terjadinya miskonsepsi. Contohnya, banyak yang mengira bahwa orang yang bersih dan rapi adalah penderita OCD, atau orang yang moody sudah pasti bipolar.

TED-Ed hadir untuk membahas berbagai permasalahan kesehatan mental dan menepis berbagai miskonsepsi yang menyelimuti permasalahan-permasalahan tersebut. Selain itu, TED-Ed juga memberikan informasi mengenai cara-cara meningkatkan kesehatan mental.

Baca Juga: 10 Lagu Cover Terakhir Zinidin Zidan, Tetap Aktif di YouTube

3. Mendapatkan rekomendasi buku

https://www.youtube.com/embed/Vtkv3-endYc

Melalui video-video singkatnya, TED-Ed akan memberikan rangkuman mengenai banyak sekali buku klasik dan populer seperti Dune, Crime and Punishment, The Handmaid’s Tale, serta Fahrenheit 451.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa belajar mengenai berbagai penulis terkenal seperti Edgar Allan Poe dan H.P. Lovecraft. TED-Ed pun menyuguhkan berbagai tips untuk menulis banyak genre tulisan, mulai dari komedi, horor, hingga fantasi.

4. Mengasah otak dengan memecahkan teka-teki

https://www.youtube.com/embed/N5vJSNXPEwA

Tidak hanya mendapatkan ilmu, kamu juga bisa mengasah kemampuan berlogika dengan puluhan video teka-teki TED-Ed. Beberapa video berisi teka-teki populer dan lainnya berisi teka-teki orisinal yang tidak dapat kamu temukan di tempat lain. Jenis teka-tekinya pun beragam, mulai dari teka-teki logika murni sampai teka-teki logika angka.

5. Memperoleh pengetahuan mengenai hewan dan sains

https://www.youtube.com/embed/sI8NsYIyQ2A

Kenapa kucing selalu aktif dan mencakar benda di sekitarnya? Kenapa masa hidup hewan berbeda-beda? Hewan apakah yang hidup dengan memakan kotoran? Kamu bisa memanfaatkan TED-Ed untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan belajar lebih jauh mengenai hewan-hewan kesukaanmu.

Kamu juga bisa memanfaatkan TED-Ed untuk belajar sains. Ingin belajar mengenai asma, DNA, serangan jantung, sakit kepala, dan rasa gatal? TED-Ed punya materinya. Ingin belajar mengenai cara kerja bangunan, tata surya, dan bahkan dasar-dasar mengenai mekanika kuantum? Kunjungi saja TED-Ed.

6. Mendapatkan jawaban atas pertanyaan seputar perekonomian

https://www.youtube.com/embed/jILgxeNBK_8

Ekonomi menjadi topik lainnya yang dibahas TED-Ed. Channel ini menjawab beberapa pertanyaan seperti: kenapa kita selalu melihat dua minimarket berada dalam jarak yang berdekatan? Apakah mengambil banyak pekerjaan cukup untuk melepaskan seseorang dari kemiskinan? Mengapa negara tidak melawan kemiskinan dengan mencetak banyak uang saja?

7. Dan masih banyak lagi

https://www.youtube.com/embed/FB921D40ibw

Selain membahas buku, literasi media, sains, hewan, ekonomi, dan kesehatan mental, TED-Ed masih menyuguhkan lebih banyak lagi topik konten. TED-Ed juga membahas mengenai sejarah manusia, sejarah makanan, coding, pertanyaan eksistensial, ethical dilemma, dan masih banyak lagi.

Jadi, itulah beberapa alasan mengapa kamu harus menonton dan menjadikan TED-Ed sebagai channel YouTube favoritmu. Bagaimana, tertarik untuk menonton TED-Ed sekarang?

Baca Juga: 5 Channel Youtube Arsitektur untuk Inspirasi Rumah Idamanmu!

Aisyah Adinda Photo Verified Writer Aisyah Adinda

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya