Comscore Tracker

Demam Olimpiade Tokyo, Ini 7 Film Tentang Atlet dari Berbagai Negara

Bikin semangat! #IDNTimesHype

Olimpiade 2020 yang diselenggarakan di Tokyo sudah menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh seluruh penduduk dunia. Olimpiade yang sebelumnya dijadwalkan Juli 2020 ini baru bisa dibuka pada 23 Juli 2021 lalu karena pandemi COVID-19.

Terlepas dari hal itu, penonton masih tetap bersemangat untuk mendukung jagoan mereka masing-masing yang bertanding di Olimpiade Tokyo 2020.

Tidak hanya di dunia nyata. Semangat olahraga juga hadir lewat sejumlah film tentang olahraga, seperti 7 film dari berbagai negara berikut ini yang mengangkat kisah tentang atlet.

1. 3 Srikandi

https://www.youtube.com/embed/NQT-CYAw4LY

Mengambil latar tahun 1998, film 3 Srikandi yang disutradarai oleh Iman Brotoseno ini dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Tara Basro, Chelsea Islan, dan Reza Rahadian.

Film ini bercerita tentang 3 atlet panahan asal Indonesia yang akan mengikuti Olimpiade Musim Panas di Seoul, Korea Selatan.

Mereka dilatih oleh seorang pelatih yang cukup keras, Donald Pandiangan. Tidak hanya menceritakan perjuangan dan persahabatan, romansa dalam film ini juga membuat penonton gemas.

2. Susi Susanti - Love All

https://www.youtube.com/embed/XKPD8Obehq4

Susi Susanti - Love All merupakan film tahun 2019 yang mendapuk Laura Basuki dan Dion Wiyoko sebagai pemeran utama. Sama seperti judulnya, film ini mengangkat kisah pebulu tangkis asal Indonesia, Susi Susanti. 

Film ini menceritakan perjuangan Susi Susanti dan sang suami, Alan Budikusuma, mulai dari awal pertemuan keduanya sampai mereka memenangkan Olimpiade Barcelona 1992.

Baca Juga: 11 Drama dan Film Korea Tang Jun Sang, Atlet di Racket Boys

3. Chak De! India

https://www.youtube.com/embed/6a0-dSMWm5g

Film tahun 2007 yang berjudul Chak De! India masuk dalam daftar film terbaik Shahrukh Khan. Film ini bercerita tentang perjalanan Kabir Khan, seorang pelatih tim nasional hoki perempuan India.

Banyak orang beranggapan, bahwa yang dilakukan Kabir sia-sia saja karena tim hoki perempuan tidak mungkin memenangkan perlombaan.

Disisi lain, tim ini juga tidak memiliki kekompakan sama sekali. Mereka hanya bertanding untuk kepentingan masing-masing.

Film ini berhasil membangkitkan kegilaan masyarakat India terhadap olahraga hoki pada saat itu, lho.

4. Moneyball

https://www.youtube.com/embed/-4QPVo0UIzc

Moneyball merupakan film yang diangkat dari sebuah buku non-fiksi karya Michael Lewis dengan judul sama. Film tahun 2011 yang disutradarai oleh Bennett Miller ini menampilkan Brad Pitt sebagai tokoh utama. 

Moneyball mengisahkan manajer umum Billy Beane dalam membentuk sebuah tim bisbol dengan dana yang minim. Dengan pendekatan statistik yang rumit untuk menganalisis para pemain, Beane bisa membentuk sebuah tim bisbol yang sempurna.

5. Coach Carter

https://www.youtube.com/embed/d_GleoanbPE

Masih dari negara yang sama, film tahun 2005 yang dibintangi oleh Samuel L. Jackson digarap oleh sutradara Thomas Carter. Film ini bercerita tentang seorang pemilik toko peralatan olahraga yang harus melatih tim basket di sekolah lamanya.

Coach Carter diangkat dari kisah nyata pelatih tim basket Richmond High School, yang menangguhkan tim basket sekolahnya yang tak terkalahkan karena buruknya nilai akademis.

6. Asahinagu

https://www.youtube.com/embed/8Czo45IhLo4

Film yang rilis tahun 2017 ini disutradarai oleh Tsutomu Hanabusa. Asahinagu bercerita tentang Tojima Asahi, seorang siswi SMA yang lemah fisik dan mentalnya. Kelemahan itu membuat Asahi ingin berubah dengan mengikuti klub bela diri di sekolahnya.

Awalnya, para anggota klub tidak percaya dengan kemampuan Asahi. Namun, berkat kerja kerasnya dengan sesama anggota klub, ia bisa mengikuti pertandingan nasional.

7. As One

https://www.youtube.com/embed/VQ5BThz4BPY

Film Korea Selatan yang rilis pada tahun 2012 ini dibintangi oleh Ha Ji Won dan Bae Doona. As One yang disutradarai oleh Moon Hyeon Seong bercerita tentang dua pemain tenis meja yang sebelumnya menjadi rival. Mereka harus menjadi rekan satu tim untuk kejuaraan dunia. 

Film ini mengangkat kisah bersatunya tim olahraga Korea Selatan dan Korea Utara untuk kali pertama pasca perang. Mereka juga berhasil memenangkan medali emas pada Kejuaraan Tenis Meja Dunia 1991.

Gak cuma alur cerita yang seru dan menegangkan, banyak pelajaran yang bisa diambil saat menonton film-film di atas. Apakah salah satu dari 7 film di atas ada yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 10 Gaya Badass Apriyani, Atlet Muda Konawe Berjaya di Olimpiade Tokyo

Alfy Suwaima Photo Verified Writer Alfy Suwaima

Perempuan yang suatu hari akan menetap di Adelaide, kota pesisir di Samudera Selatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya