Comscore Tracker

6 Sifat Buruk Tuan Krab di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma Pelit

Sifat buruk tuan Krab kerap membuat penonton sebal

Eugene Harold Krabs atau yang akrab dipanggil dengan Tuan Krab adalah salah satu dari sepuluh karakter utama serial SpongeBob SquarePants. Ia adalah pemilik restoran paling hits di Bikini Bottom, Krusty Krab, yang selalu ramai oleh pengunjung.

Tuan Krab dikenal sebagai orang yang sangat pelit kepada siapa pun. Obsesinya yang berlebihan kepada uang terkadang merugikan banyak orang. Ia juga tak segan mengorbankan siapa pun agar bisa mendapatkan lebih banyak uang. Selain pelit, enam sifat buruk ini juga dimiliki oleh Tuan Krab yang terkadang membuat penonton kesal.

1. Egois

6 Sifat Buruk Tuan Krab di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma PelitTuan Krab mencoba menyingkirkan Squidward. (dok.Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Tuan Krab adalah karakter yang sangat egois apalagi jika menyangkut soal uang. Ia takkan berpikir dua kali untuk merugikan orang lain demi mendapatkan banyak uang.

Contohnya ada di episode 'Out of the Picture' ketika Tuan Krab mencoba melenyapkan Squidward setelah mengetahui soal sebuah lukisan yang pemiliknya telah tiada akan berharga sangat mahal. Berbagai cara Tuan Krab lakukan untuk menghilangkan Squidward mulai dari mengirimnya ke Mars hingga mencoba memukulnya dengan palu agar bisa menjual semua lukisannya dengan harga tinggi. 

Di episode 'Spongy Patties', Tuan Krab mengubah seluruh isi Krusty Krab berbentuk SpongeBob termasuk Krabby Patty. Krabby Patty yang menguning karena sudah basi tetap dijual oleh Tuan Krab tanpa peduli jika Krabby Patty tersebut meracuni seluruh pelanggannya. 

2. Tak tahu berterima kasih

6 Sifat Buruk Tuan Krab di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma PelitTuan Krab menjual jiwa SpongeBob. (dok.Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Di episode 'Born Again Krabs', tuan Krab yang bertingkah terlalu pelit dihampiri oleh Flying Dutchman yang mengancam akan meletakkannya di loker Davy Jones jika ia terus bersikap pelit. Tuan Krab pun mulai bersikap baik, tapi lama-kelamaan, tuan Krab mengira dirinya bersikap baik karena sedang berhalusinasi saja. 

Ketika sadar jika dirinya gak berhalusinasi, tuan Krab kembali bersikap pelit yang memancing kedatangan Flying Dutchman. Ketika Flying Dutchman hendak membawa Tuan Krab, SpongeBob membela sang bos dengan memberi tahu jika Tuan Krab adalah kepiting paling baik di lautan. Nyatanya, tuan Krab malah menjual jiwa SpongeBob pada Flying Dutchman seharga 62 sen walau SpongeBob sudah membelanya.

3. Suka mencuri

6 Sifat Buruk Tuan Krab di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma PelitTuan Krab mencuri di rumah Squidward. (dok.Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Walau memiliki banyak uang, Tuan Krab tetap saja suka mencuri barang milik orang lain. Hal itu didasari oleh sifat pelitnya yang gak mau mengeluarkan uangnya walau untuk keperluannya sendiri. 

Di episode 'Growth Spout', tuan Krab mencuri makanan di rumah SpongeBob dan Squidward untuk memberi makan Pearl yang kelaparan. Padahal, Tuan Krab memiliki banyak uang di dompetnya yang bisa saja ia gunakan untuk membeli makanan di supermarket.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Tuan Krab selain Jadi Pemilik Krusty Krab

4. Pemaksa

6 Sifat Buruk Tuan Krab di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma PelitTuan Krab memaksa Patrick bekerja untuknya. (dok.Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Tuan Krab juga sering memaksa orang lain untuk melakukan hal yang ia anggap akan menguntungkan dirinya seperti di episode 'Goodbye, Krabby Patty?'. Di episode itu, tuan Krab membuat variasi Krabby Patty baru yang diharap akan mengundang lebih banyak pelanggan dengan Patrick sebagai bintang iklannya. 

Patrick menjadi terkenal dan sibuk sejak jadi bintang iklan, hal itu membuat persahabatannya dengan SpongeBob jadi merenggang. Patrick beberapa kali mencoba protes karena gak diberi waktu istirahat sama sekali, tapi, tuan Krab yang sudah dibutakan akan kekayaan tak peduli dan memaksa Patrick untuk terus bekerja. 

5. Pembohong

6 Sifat Buruk Tuan Krab di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma PelitTuan Krab berbohong pada kakeknya. (dok.Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Tuan Krab kerap berbohong di beberapa episode seperti 'One Krab's Trash' dan 'Grandpappy the Pirate'. Di episode 'One Krab's Trash', tuan Krab berbohong pada SpongeBob soal topi berhantu yang ia miliki. Tujuannya adalah untuk membuat SpongeBob memberikan topi itu padanya karena banyak orang yang mau membelinya dengan harga mahal.

Di 'Grandpappy the Pirate', tuan Krab membohongi kakeknya yang akan berkunjung dengan mengubah eksterior dan interior Krusty Krab menjadi kapal bajak laut. Kakek Tuan Krab berharap jika cucunya akan menjadi bajak laut sama sepertinya, nyatanya, Tuan Krab hanya menjadi pemilik restoran.

6. Suka menuduh orang lain

6 Sifat Buruk Tuan Krab di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma PelitTuan Krab menuduh Squidward. (dok.Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Tuan Krab yang kehilangan uangnya di kasir menuduh Squidward telah mencuri yang membuat si gurita mengundurkan diri dari Krusty Krab di episode 'Can You Spare a Dime?'. Tuan Krab menuduh Squidward yang mencuri uangnya hanya karena Squidward berdiri di mesin kasir seharian. Padahal, itu sudah menjadi tugas Squidward sebagai seorang kasir. 

Karena itulah, keduanya terlibat adu mulut yang berakhir dengan keluarnya Squidward dari Krusty Krab. Di akhir episode menunjukkan jika uang yang Tuan Krab cari selama ini berada di saku celananya. Maka dari itu, jangan menuduh orang sembarangan, ya!

Beberapa sifat buruk tuan Krab di atas seringkali membuat para penonton sebal ketika menonton kartun SpongeBob. Bahkan, gak sedikit orang yang menganggap jika Tuan Krab sama jahatnya dengan Plankton. Apakah kamu setuju kalau sifat buruk Tuan Krab sama dengan Plankton yang merupakan karakter antagonis?

Baca Juga: 5 Anggota Keluarga Tuan Krab Muncul di Series Spongebob

Benzy -09 Photo Verified Writer Benzy -09

I love to read, write, and watch spongebob

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya