Comscore Tracker

Inilah 7 Band Korea yang Beneran Main Alat Musik dalam Penampilannya

Musik Korea tidak melulu tentang boy/girlband

Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang merupakan saksi bisu kemeriahan konser tour CNBlue, grup band asal Korea Selatan, Sabtu Malam (15/07). Selama ini, Industri musik Korea didominasi oleh Boy/Girlband yang musiknya tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia sudah akrab dengan lagu dari para idol k-pop. Sehingga, tidak heran jika konser para boy/girlband Korea di Indonesia, misalnya BTS dan Red Velvet, selalu dipenuhi oleh banyaknya penonton. Tapi ternyata, konser grup band asal Korea seperti CN Blue pun menarik minat ratusan penonton.

Musik Korea memang tidak melulu tentang boy/girlband maupun penyanyi solo, industri musik korea juga mempunyai grup band andalan yang tidak kalah keren, lagunya pun tak kalah enak didengar dari para idol yang sudah terkenal. Kali ini, saya akan memberi beberapa referensi grup band asal Korea yang karyanya keren abis!

1. Honeyst

Honeyst merupakan grup band pendatang baru di blantika musik Korea. Grup yang berada di bawah naungan FNC entertainment ini baru memulai debutnya pada 17 Mei 2017 lalu dengan single berjudul "Like You". Para Member band ini pun masih terbilang muda karena umurnya baru 22-23 tahun.

Honeyst beranggotakan Oh Seung Seok pada drum, Kim Chul Min pada vokal dan keyboard, Kim Hwan pada vokal dan gitar, serta Seo Dong Sung pada bass dan rap sekaligus leader dari grup musik ini.

2. Lunafly

Pada awal debut tahun 2012, band yang dinamakan Lunafly ini beranggotakan 3 orang, yaitu Sam sebagai vokalis dan leader, Teo sebagai drummer serta Yun sebagai gitaris. Single debutnya diberi judul “How Nice Would It Be” yang mendapat sambutan baik dari pecinta musik korea hingga mendapat posisi pertama dalam tangga lagu Cyworld karena mereka mempunyai konsep yang berbeda dari grup K-pop lainnya.

Tahun 2015, Teo memutuskan untuk keluar dari grup. Dua bulan setelahnya, Lunafly yang berada dalam label Nega Network melalui akun sosial medianya mengumumkan bahwa Jin dipakai untuk mengisi posisi drummer dan Yub untuk posisi gitaris. Tak lama setelah memperkenalkan member barunya, Lunafly kembali merilis album yang bertajuk "Re: Born".

3. Royal Pirates

Royal Pirates yang sebelumnya bernama Fading From Dawn ini hanya memiliki 2 orang member yang masih bertahan yaitu Moon Kim sebagai vokalis dan gitaris, serta EXSY yang merupakan drummer. Band yang dibentuk pada tahun 2004 ini merupakan band rock Korea-Amerika yang debut di bawah label Universal Music Korea.

Awalnya, formasi band ini diisi oleh 2 orang lagi, yaitu James Lee pada keyboard dan Richard Kim yang juga kakak Moon Kim pada bass. Tetapi, Richard meninggal karena kecelakaan fatal di California tahun 2008. Sedangkan, awal tahun 2017 lalu, James memutuskan untuk hengkang dari grup karena masalah kesehatan. Royal Pirates mulai dikenal publik karena sering mengunggah video cover di youtube. Mereka juga ikut tampil dalam setiap world tour aktor Lee Min Ho.

4. Hyukoh

Hyukoh merupakan grup musik yang memulai debutnya pada Mei 2014 dengan anggota Oh Hyuk sebagai vokalis sekaligus leader, Im Dong-gun sebagai basist, Lim Hyun-jae sebagai gitaris, dan Lee In-woo sebagai drummer. Mini album pertamanya berjudul 20 yang dirilis tanggal 18 September 2014. Hyukoh merupakan artis pertama yang berada di bawah naungan label independen milik seorang Rapper, Tablo. Label ini diberi nama HIGHGRND yang juga merupakan sub-label dari YG Entertaiment.

Hyukoh baru mulai dikenal oleh masyarakat Korea pada tahun 2015 setelah berpartisipasi dalam Summer Music Festival yang diadakan variety show populer Korea, Infinite Challenge. Selanjutnya, single yang dikeluarkan oleh grup ini pun pernah menjadi Top 10 Billboard World Albums Chart, setelah dirilisnya mini album kedua mereka, 22.

5. Nell

Ingin mendengar lagu Korea dengan musik British? Kamu patut mendengarkan lagu-lagu dari Nell karena musik Nell banyak dipengaruhi oleh band-band asal Inggris, seperti Radiohead dan Muse. Grup band yang beranggotakan Kim Jong-wan di vocals, guitar dan keyboard, Lee Jae-kyung di lead guitar, Lee Jung-hoon di bass and Jung Jae-won di drum ini memilih genre rock-indi untuk grupnya.

Dibentuk tahun 2001, mulai tahun 2006 Nell berada dalam naungan WOOLLIM Entertainment yang juga menaungi boyband Infinite dan girlband Lovelyz. Tahun 2016, Nell kembali keluar dari agensinya dan membentuk label sendiri bernama Space Bohemian. Selama 18 tahun berkarir, sampai saat ini Nell telah menelurkan dua album indie, tujuh album studio, tiga album mini, satu album berbahasa Jepang, beberapa single serta soundtrack drama. Album terbaru yang dibuat band ini berjudul "C" yang dirilis pada pertengahan 2016 lalu.

6. CNBLUE

CNBLUE atau singkatan dari Code Name BLUE mulai dikenal sejak debut mini album tahun 2009 berjudul "Now or Never" di Jepang, mereka baru melakukan debut di Korea setahun kemudian dengan judul "Bluetory". CNBLUE memegang rekor untuk mencapai No. 1 di chart program musik televisi Korea Selatan dalam waktu singkat sejak debut, mereka meraih kemenangan pertama mereka hanya 15 hari setelah memulai debutnya dengan lagu "I'm a Loner".

Grup band yang ada di bawah naungan FNC Entertaiment ini memiliki 4 anggota yaitu Jung Yonghwa pada vokal, Kwon Kwang Jin sebagai bassist, Lee Jonghyun pada gitar dan Kang Minhyuk sebagai drummer. Akhir tahun 2009, Kwon Kwang Jin memutuskan untuk keluar dan digantikan oleh Lee Jung Shin. Konser CN Blue di Indonesia kemarin, merupakan serangkaian tour yang dibuat untuk mempromosikan album ke-7 mereka bertajuk "7℃N" yang baru dirilis pada maret 2017 dengan lagu andalan "Between Us". Dilansir dari antaranews, Mini album terbaru mereka ini berhasil menduduk peringkat ke-2 South Korea's national Gaon Album Chart, dan terjual lebih dari 47,000 copy sejak album tersebut diluncurkan.

7. FT Island

FNC Entertainment bisa dibilang sebagai agensi yang banyak menelurkan grup band yang sukses di bawah naungannya,  termasuk Five Treasure Island atau yang lebih dikenal dengan FT Island. Band ini melakukan debut albumnya yang bertajuk "Cheerful Sensibility" pada tahun 2007. Sesuai namanya, FT Island beranggotakan 5 orang yaitu Choi Jong Hoon pada gitar & keyboard, Lee Hong Ki sebagai vokalis, Lee Jae-Jin pada bass, Oh Won Bin pada gitar, serta Choi Minhwan sebagai drummer.

Album pertama FT Island diterima baik oleh masyarakat Korea, album mereka merupakan album dengan penjualan terbanyak pada tahun 2007, lagu berjudul "Lovesick" pun menduduki peringkat nomor satu selama 8 minggu berturut-turut. Sukses di Korea, band rock ini pun melebarkan sayapnya dengan merilis album di Jepang. Sayangnya, tahun 2009, Oh Won Bin hengkang dari grup dan akhirnya digantikan oleh Song Seung Hyun.

Saat ini, FT Island telah meluncurkan 7 album di Korea dan 8 album di Jepang yang selalu laku di pasaran. Vokalisnya, Lee Hong Ki juga merilis album solonya tahun 2015 lalu. Album terbaru FT Island dirilis pada Mei 2017 dengan judul "Over 10 Years" untuk memperingati 10 tahun mereka berkarir di blantika musik.

Selain 7 band di atas, sebenarnya masih banyak grup band asal Korea yang lagu-lagunya easy listening, seperti Trax, N-Flying, Jace, Jaurim, J-Morning, dan sebagainya.

Amalia Larasanty Photo Verified Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya