Comscore Tracker

Mau Nonton Konser KPop Secara Online? Jangan Lupa Siapkan 8 Hal Ini

Biar gak kalah seru seperti saat menonton konser offline

Dari tahun ke tahun, akan ada banyak idol KPop menyelenggarakan konser, baik di dalam maupun di luar Korea Selatan. Namun, berbeda dengan tahun ini. Adanya pandemi ini tak mengizinkan mereka untuk mengadakan konser secara langsung.

Para promotor pun tak kehabisan akal, mereka menggantinya dengan menggelar konser secara daring yang dapat disaksikan oleh penggemar di seluruh dunia dari rumah mereka masing-masing.

Konser online seperti ini pun termasuk hal yang baru. Oleh karena itu, kalian sebagai penonton pun perlu menyiapkan delapan hal di bawah ini, agar sensasi menonton konsernya bisa sama serunya dengan konser offline.

1. Siapkan perangkat yang memadai dan atur tempat hingga membuat kalian nyaman

Mau Nonton Konser KPop Secara Online? Jangan Lupa Siapkan 8 Hal Inipexels.com/Hasan Albari

Menonton konser online sebenarnya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan telepon genggam. Tapi akan lebih asyik, jika kalian menggunakan beberapa perangkat tambahan agar konser tersebut lebih menyenangkan.

Kalian bisa menggunakan sound system, lampu sorot, laptop, bahkan sambungan ke televisi. Hal ini dimaksudkan, agar kalian bisa melihat wajah idola kesayangan dengan lebih jelas.

2. Jangan lupa cek daya hingga koneksi internet kalian

Mau Nonton Konser KPop Secara Online? Jangan Lupa Siapkan 8 Hal Inipexels.com/Jan Vasek

Pasti kalian akan merasa kesal saat gadget atau koneksi internet kalian mendadak bermasalah di tengah-tengah konser. Oleh karena itu, kalian perlu memastikan, bahwa baterai gadget kalian sudah terisi penuh. Kalau perlu, kalian juga bisa menyiapkan pengisi daya di tempat yang mudah dijangkau.

Jangan lupa juga untuk mengecek koneksi internet atau sound system yang akan kalian gunakan untuk menonton konser.

Baca Juga: Pengin Nonton Konser Musik Inilah Konsep Baru Pertunjukan Era Pandemik

3. Jangan lupakan camilan!

Mau Nonton Konser KPop Secara Online? Jangan Lupa Siapkan 8 Hal Inipexels.com/Andrea Piacquadio

Kalian yang pernah nonton konser offline pasti tahu, bahwa kita tidak boleh membawa makanan ke dalam tempat pertunjukan. Lain halnya dengan konser online. Tentunya tak akan ada yang melarang kalian menonton konser sambil makan camilan favorit.

Kalian bisa menyiapkan camilan atau minuman favorit, agar tidak kelaparan karena durasi konsernya pun biasanya jauh lebih lama daripada konser offline.

4. Ikuti undian agar bisa berbincang dengan idola kesayangan

Mau Nonton Konser KPop Secara Online? Jangan Lupa Siapkan 8 Hal IniPixabay/igorovsyannykov

Salah satu yang menyenangkan dari konser online adalah bagian Q&A. Tentunya ini menjadi kesempatan yang sangat langka untuk para fans. Hal ini karena pihak penyelenggara akan memilih beberapa fans untuk mengobrol secara langsung dengan idola kesayangan mereka.

Para fans beruntung bisa bertanya secara langsung kepada sang idola melalui video call. Setiap penggemar yang membeli tiket tentunya bisa mendapat kesempatan langka tersebut.

Biasanya, pihak penyelenggara akan memberi tahu syarat, ketentuan, dan tata cara untuk mengikuti undian ini melalui akun sosial media mereka.

Baca Juga: 7 Penyanyi Barat Ini Terpaksa Tunda Konser karena COVID-19

5. Pelajarilah sedikit bahasa Korea

Mau Nonton Konser KPop Secara Online? Jangan Lupa Siapkan 8 Hal Inikoreatimes.co.kr

Kalau kamu terpilih menjadi salah satu pemenang yang bisa mendapat kesempatan untuk mengobrol dengan sang idola, pastikan kalian belajar bahasa Korea terlebih dahulu.

Meski ada penerjemah, tapi pasti akan lebih mengesankan jika kalian bisa bertanya kepada idola kesayangan dengan bahasa Korea. Hal ini juga, agar para bintang idola bisa langsung menjawab pertanyaan kalian.

Tidak harus sempurna, setidaknya kalian belajar beberapa kosakata dasar yang mudah dihafalkan.

6. Siapkan lighstick dan hafalkan fanchant

Mau Nonton Konser KPop Secara Online? Jangan Lupa Siapkan 8 Hal Inikpopmap.com

Setiap grup KPop umumnya memiliki lightstick masing-masing sebagai identitas fandom-nya. Kalau kalian belum memilikinya, jangan lupa untuk menyiapkannya terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk menhafalkan fanchant dari lagu-lagu idola kalian, agar tak mati kutu saat menonton mereka bernyanyi.

Tentunya, hal ini bukanlah menjadi syarat wajib bagi setiap penggemar yang ingin menghadiri konser KPop online.

7. Tak ada salahnya jika mengundang teman maupun keluarga lainnya

Mau Nonton Konser KPop Secara Online? Jangan Lupa Siapkan 8 Hal Inipexels.com/Fox

Hal yang membedakan dari konser online tentunya adalah tak ada penonton lain yang ikut bernyanyi atau berteriak di sebelah kalian. Mungkin, kalian bisa menyiasati hal ini dengan mengajak teman atau salah satu anggota keluarga untuk menonton konser bersama.

Akan lebih asik, jika mereka ternyata menyukai KPop juga dan satu fandom yang sama dengan kalian. Tentunya, itu akan menjadi hal menyenangkan, kan.Kalian bisa meneriakkan fanchant secara bersama, lho.

8. Jangan sampai telat

Mau Nonton Konser KPop Secara Online? Jangan Lupa Siapkan 8 Hal Inipixabay.com/Gracini Studios

Meski hanya di rumah, tapi kalian harus memastikan diri untuk tidak hadir telat. Selain akan ketinggalan penampilan idola kesayangan, kalian juga akan merasa rugi.

Sembari menunggu, kalian bisa berbincang dengan para penggemar lain melalui kolom komentar. Dalam online concert, biasanya juga akan ditampilkan pre-show atau VCR, serta musik video sebelum acara utama dimulai.

Oleh karena itu usahakan jangan sampai telat masuk ke link concert yang sudah ditentukan, ya.

Itulah delapan hal yang harus kalian perhatikan sebelum menonton online concert. Delapan hal tadi memang bukan syarat yang wajib, jadi kalian tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang belum sempat terpenuhi.

Kira-kira konser online mana yang akan kalian hadiri dalam waktu dekat ini?

Baca Juga: Nonton Konser Jadi Incaran Pasca Pandemik karena 5 Hal Ini

Amalia Larasanty Photo Verified Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya